Negeri kita ini memang telah diberikan anugerah luar biasa oleh Sang Pencipta, semua yang kita peroleh patut kita syukuri dan kita jaga seperti keindahan alam yang memukau, keanekaragaman budaya nusantara, kekayaan sumber daya alam yang melimpah dan masih banyak lagi. Keindahan negeri ini semakin mendunia karena banyaknya para penikmat keindahan yang membagi cerita dan gambarnya melalui media sosial.

Semakin banyak destinasi wisata yang menarik, semakin besar pula keinginan para backpacker untuk menelusuri negeri ini. Banyak persiapan yang harus diperhatikan oleh para backpacker pemula seperti saya sebelum melakukan perjalanan. Mulai dari persiapan finansial, perlengkapan, hingga mempersiapkan mental agar siap menghadapi apapun yang akan terjadi ditempat yang belum pernah terbayangkan sebelumnya.

Kali ini saya akan berbagi beberapa tips dan daftar keperluan apa saja yang wajib dibawa oleh backpacker pemula khususnya cewek saat akan berlibur. Pada dasarnya, barang keperluan cewek maupun cowok hampir sama, tetapi kebanyakan cowok memiliki persiapan dan perlengkapan yang lebih simpel dibandingkan dengan para cewek. Terkadang cewek terlihat lebih repot ketika akan merencanakan pergi berlibur dibandingkan cowok. Hal ini sangat wajar karena ada beberapa hal atau barang yang cowok tidak membawanya ketika akan berlibur. Yuk kita cari tau keperluan para ladies ketika akan berlibur.

1. Perlengkapan mandi

Bawalah sabun cair, sampo, odol dalam bentuk botol atau tube mini. Simpan dalam wadah tertutup dan waterproof agar tidak bocor dan basah saat dimasukkan ke dalam tas. Hal ini boleh diabaikan jika kalian akan menginap di hotel karena telah disediakan. Untuk yang akan menginap di homestay keperluan diatas wajib hukumnya untuk dibawa. Siapkan juga tisu basah dan kering yang berguna untuk membersihkan anggota tubuh jika tidak tersedia air.

Advertisement

2. Perawatan wajah dan tubuh

Bagi sebagian para cewek, momen berlibur merupakan saat yang paling dinantikan untuk berselfie ria di tempat tujuan kita. Setiap cewek pasti ingin terlihat sempurna saat jepretan kamera membidiknya. Jadi, buat kalian para cewek merawat wajah saat berlibur itu juga diperlukan lho. Tetapi tidak berlebihan, hanya sekedar menghilangkan kesan kotor dan suram pada wajah. Kalian bisa membawa lotion dengan SPF 30 atau 50 untuk melindungi kulit wajah dan tubuh dari paparan sinar matahari secara langsung. Ketika berlibur menuju daerah dengan karakteristik dataran tinggi, bawalah pelembab dan lipgloss untuk mengurangi kulit wajah dan bibir yang kering akibat suhu udara yang dingin. Disarankan untuk membawa bedak tabur untuk mengurangi minyak yang timbul di area wajah. Semua barang yang disebutkan diatas, sebaiknya digunakan pada saat sebelum melakukan kegiatan outdoor.

3. Obat – obatan

Selama melakukan perjalanan, kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi menimpa tubuh kita. Pastinya kita selalu berharap dalam keadaan sehat dan aman selama berlibur. Namun, resiko akan selalu ada dalam hidup ini termasuk saat berlibur. Oleh karena itu, kita wajib mempersiapkan diri untuk hal – hal yang tak terduga dengan cara mengurangi resiko atau kondisi tersebut yaitu dengan membawa perlengkapan obat – obatan.

Bawalah obat – obatan yang sesuai kebutuhan dan kebiasaan kalian saat rasa sakit datang secara tiba – tiba. Misalnya obat sakit kepala, pusing, masuk angin, flu, batuk dan lain sebagainya. Siapkan juga obat anti mabok untuk kalian yang kurang sehat ketika berlibur menggunakan transportasi umum atau kapal laut. Bawalah juga permen kesukaan kalian untuk mengurangi kebosanan selama perjalanan. Terkadang yang tak boleh ditinggalkan adalah obat untuk meredakan nyeri pada persendiaan. Karena kita tidak pernah tahu akan berjalan berapa lama dan seberapa jauh. Jangan lupa juga membawa plester penutup luka maupun foot protect, untuk pertolongan pertama jika terjadi luka atau lecet pada kaki.

4. Botol minum

Biasakan untuk selalu membawa bekal botol minim dari rumah kemana pun kita pergi. Banyak manfaat dari membawa botol sendiri salah satunya yaitu menghindari kondisi dehidrasi pada tubuh dan mengurangi sampah botol plastik yang kita beli. Semakin kita sering membeli air minum kemasan plastik, semakin banyak limbah plastik yang dihasilkan. Botol minum bisa kita isi kembali ditempat makan atau homestay yang menyediakan air minum. Bawalah botol minum sesuai kebutuhan dan ukuran yang sanggup kita bawa. Jangan terlalu besar karena akan membebani langkah kita dan juga jangan terlalu kecil.

5. Pembalut dan pantyliner

Bagi cewek, datangnya tamu bulanan kadang terlalu mendadak. Oleh karena itu persiapkan segala sesuatunya dengan baik sebelum datang tamu bulanan. Kita tidak pernah mengetahui ada atau tidak minimarket terdekat dengan tujuan kita. Tidak ada salahnya selalu menyimpan dan membawanya di dalam tas.

6. Peralatan ibadah

Sebagai seorang muslim dan muslimah, kita tidah boleh meninggalkan satu pun waktu shalat. Dimana pun kita berada, kita harus melaksanakan ibadah tersebut. Buat kita para cewek, bawalah mukena yang dengan model simpel dan ringan dibawa. Taruhlah didalam tas yang mudah dijangkau oleh tangan.

7. Kacamata dan buff mask

Salah satu barang yang juga masuk dalam daftar wajib dibawa yaitu kacamata hitam. Fungsi selain sebagai pelindungi mata dari silaunya sinar matahari, juga untuk melengkapi gaya berpakaian pada saar berlibur sebagai aksesoris agar semakin terlihat kece di depan kamera. Sedangkan buff mask atau masker pelindung mulut dan hidung dari debu dan polusi ini juga bisa berfungsi sebagai aksesoris pada leher untuk mengurangi dinginnya udara, pengikat rambut dan bagi yang berhijab bisa dimanfaatkan sebagai dalaman hijab.

Itulah beberapa barang dan keperluan yang wajib dibawa untuk kalian para penikmat keindahan negeri ini. Jangan lupa untuk selalu mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik agar liburan menjadi hal yang paling menyenangkan dan tak terlupakan.