Belajar tentang hal penting yang harus didiskusikan dengan calon pasangan anda sebelum menikah dari orang yang berpengalaman dalam pernikahan adalah hal yang wajar dilakukan oleh para calon pengantin. Karena pernikahan adalah hal yang berbeda dengan hubungan sebelum pernikahan atau yang kita kenal dengan ‘pacaran’.

Dalam pernikahan, kita akan mengetahui setiap detail karakter dan kebiasaan dari pasangan yang sebenarnya. Saat berpacaran, tidak sepanjang hari kita dapat menatap wajah pasangan dan melihat pola tingkah isi hatinya. Tapi setelah menikah akan ada saja hal-hal baru diketahui satu sama lain, untuk itu pentingnya diskusi calon pengantin sebelum menikah agar tidak ada perselisihan dan perdebatan yang berarti di awal indahnya pernikahan.

Advertisement

Hal Yang Harus Didiskusikan Pra Nikah: Kebiasaan-kebiasaan Aneh

Setiap orang memiliki kebiasaan-kebiasaan tersendiri, yang mungkin ia rasa adalah hal yang biasa, namun bagi orang lain (bisa jadi termasuk pasangannya) adalah suatu keanehan atau hal yang janggal. Maka kebiasaan-kebiasaan aneh menjadi salah satu poin yang harus dibahas dalam diskusi jelang pernikahan.


Misalnya, kebiasaan tidur mendengkur. Bagi orang yang tidak dapat tidur dengan kondisi yang berisik, dengkuran orang di sekitarnya dapat menjadi suatu perkara yang mengganggu kenyamanan.


Advertisement

Atau kebiasaan bersendawa, bagi sebagian orang sendawa dengan suara yang lantang tanpa ditutup atau ditahan adalah hal yang lumrah (manusiawi), namun bagi sebagian lainnya bersendawa yang demikian secara tidak sengaja telah melanggar norma kesopanan dan attitute yang baik. Maka dari itu, kebiasaan–kebiasaan aneh yang seperti itu, sebaiknya anda diskusikan agar dapat menemukan solusi alternatif cara agar tidak mengganggu kenyamanan satu sama lain.

Hal yang Harus Didiskusikan Pra Nikah: Tempat Tinggal

Setiap kepala memiliki pola pikir dan cara tersendiri dalam menghadapi sesuatu, perbedaan cara berfikir antara orang yang satu dengan yang lain merupakan suatu hal yang wajar. Terlebih, kedua mempelai pengantin, yang membina hubungan dengan cinta namun akan tetap menemui bumbu cinta dengan adanya perbedaan pendapat. Perbedaan pendapat tersebut harus semaksimal mungkin dapat dicegah, salah satu pembahasan yang dapat memicu perbedaan pendapat adalah tempat tinggal.

Penetapan tempat tinggal adalah hal yang harus dibahas sebelum pernikahan, pilihan untuk tinggal bersama orang tua atau mertua, tinggal berdekatan dengan orang tua atau mertua, atau tinggal jauh dari keluarga. Setiap pilihan memiliki plus dan minus tersediri, untuk itu anda dan pasangan harus berdiskusi mempertimbangkan pilihan mana yang lebih dominan memiliki nilai positif untuk dipilih. Sehingga anda dan pasangan mendapatkan pilihan terbaik dan tidak ada yang merasa diabaikan pendapatnya.

Soal Keyakinan pun Jangan Sampai Luput untuk Didiskusikan

Dari semua tips di atas yang paling terpenting adalah keyakinan, kenapa yang paling penting adalah keyakinan, jelas saja apabila dari salah satu calon mempelai tidak yakin sudah dipastikan pernikahan tidak akan berjalan dengan lancar. Contoh, seumpama calon mempelai wanita yang sebelum hari H sudah repot mengurus beberapa hal untuk melancarkan segala sesuatu hal untuk menuju hari baik tiba-tiba, di tengah perjalanan sang calon wanita tiba-tiba berubah drastis dan tidak yakin lagi dengan calon mempelai pria?

Itu harus dipersiapkan dengan matang-matang, terlebih mental harus dijaga agar tak rapuh dimakan teror keyakinan. Biarkan saja melalui kata dan doa. Walaupun raga tak bergerak, mulut kelu tak berucap. Kau berbisik lirih saja kepada Sang Maha, biarkan doa-doa yang menuntunmu. Yakin saja bahwa seluruh alam semesta bahu-membahu akan mengabulkan doa-doa anda.


Mengutip dalam kitab suci Al-Qur’an dari surat Al-Mukmin ayat 60:

"Berdoalah kalian kepadaku, maka akan aku kabulkan untuk kalian…"


Kita bisa merencanakan menikah dengan siapa, tetapi kita juga tidak tahu jodoh kita siapa? Kita hanya mahkluk yang bersimpuh di hadapan malam-malam panjang. Dan yakinlah Allah tidak pernah tidur, ia bahkan lebih dekat daripada kening yang menempel dari sajadah.


Dalam surat Ar-Rum ayat 21 mengatakan:

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya adalah dia menciptakan untuk kalian istri-istri dari jenis kalian sendiri, supaya kalian cenderung dan merasa tenteram kepadanya dan dijadikannya diantara kalian rasa kasih dan sayang."


Nah, itu dia sudah dijelaskan hal apa saja yang paling penting untuk mempersiapkan hari baik menuju halal. Karena di agama pun dianjurkan sebaiknya disegerakan dan jangan terlalu lama untuk menunda pernikahan karena janji Allah sudah jelas tertuang dalam kitab suci Al-quran jadi tunggu apa lagi bagi kalian yang sudah mempunyai pacar? Jangan kelamaan sudah langsung dihalalkan melalui ikhwal Qobiltu nikaha.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya