Hard Skill Ini Patut Kamu Miliki Sebelum Masuk Dunia Kerja

Seiring berkembangnya teknologi, kita semakin dituntut untuk mengupgrade diri kita, kemampuan kita, utamanya hard skill.

Advertisement

Hard skill merupakan keterampilan yang dimiliki tiap individu, terutama dalam dunia kerja. 

Dari mana Hard Skill diperoleh?  Hard Skill bisa diperoleh melalu dunia pendidikan, pelatihan, organisasi maupun kursus online lainnya.

Akan tetapi hard skill yang dimiliki tiap orang pasti berbeda. Memang kita bisa mempelajari bahkan menguasai semuanya, akan tetapi tidak semuanya akan berbuah maksimal. Dan perlu di ingat tidak semua hard skill cocok untuk dunia kerja, lantas apa saja hard skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja sekarang? Berikut penjelasannya.

Advertisement

1. Keterampilan mendesain menggunakan aplikasi corel draw, photoshop, atau yang lainnya.

Tidak bisa dipungkiri, dunia kerja sekarang mau tidak mau harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman, sebagai contoh pemasaran produk yang dilakukan secara online, agar konsumen tertarik dengan apa yang di tawarkan, kita harus pandai pandai mendesain bagian awal gambar produk kita agar dapat terlihat menarik dan bisa menumbuhkan minat konsumen untuk membelinya.

Advertisement

2. Mahir mengoperasikan komputer 

Keterampilan ini merupakan dasaran yang harus diketahui. Agar nantinya memudahkan kita dalam memasukkan data kedalam exel, word maupun lainnya. 

3. Menguasai akun marketplace

Banyak sudah kita ketahui dan rasakan sendiri, bahwasanya seiring dengan kemudahan teknologi kita semakin dimudahkan dalam semua aktifitas. Begitupun dalam hal berbelanja. Orang semakin senang berbelanja online, oleh sebab itu, dunia kerja pasti sangat membutuhkan karyawan yang bisa menguasai akun medsos utamanya marketplace.

4. Kemampuan berbahasa

Kelincahan berbahasa merupakan faktor yang mendukung kelancaran marketing, semakin pandai kita dalam berbahasa pasti akan ada point plus tersendiri di hadapan calon cuatomer kita karena dengan kemampuan bahasa yang baik kita biaa meyakinkan calon cuatomer terhadap barang atau produk yang kita tawarkan.

So buat teman teman, itu hanyalah sebagian saja contoh hard skill yang dibutuhkan di dunia kerja, jauh jauh hari ayo semangat berbenah diri, belajar mengupgrade skill kita agar tidak kaget nantinya jika sudah terjun di dunia kerja.

5. Memiliki lisensi mengemudi

Hampir semua orang memerlukan yang namanya kendaraan karena denfan kendaraan bisa memudahkan akses waktu kita untuk menuju tempat yang jauh. Dan waktu perjalanan kita pun menjadi lebih ringkas. Oleh karena itu sangat penting sekali untuk memiliki lisensi mengemudi, baik SIM A maupun SIM C. Hal itu terlihat spele, akan tetapi hal itu menjadi point plus dihadapan atasan atau perusahaan tempat kita bekerja.

6. Kreatif dalam berbisnis

Kreatif yakni mampu menciptakan hal hal yang baru dari sebelumnya. Sebagai contoh, setiap perusahaan atau pabrik mempunyai tim kreatif untuk mendesain produk semenarik mungkin karena itulah ide adalah segalanya.

Dalam bekerja kita pun harus kreatif menciptakan ide supaya tidak sma dengan yang lain. Meskipun produk kita sama, misalnya,kalau kita lebih kreatif dalam menjual tentu kita yang akan lebih dilirik banyak pembeli. Sebab mungkin kita lebih menarik dalma menjualnya atau mengemasnya. 

7. Pintar melihat pasar

Salah satu hal yang dapat membantu kita dalam menilai peluang pasar adalah informasi. Informasi yang lengkap tentang keadaan pasar dapat membantu kita dalam mengambil keputusan. Seperti dalam hal menentukan pasar yang sedang trend, memilih produk atau jasa yang dapat dijual, menentukan perubahan dalam perilaku konsumen, meningkatkan tehnik tehnik pemasaran, dan merencanakan sasaran yang realistis.

8. Pandai mengembangkan jaringan

Relasi atau jaringan adalah suatu yang penting dalam menjalankan dan mengembangkan usaha, terlebih apabila usaha yang dijalankan termasuk dalam usaha kecil menengah. 

Demikianlah seulas keterampilan yang wajib dimiliki seseorang sebelum terjun didunia kerja, semoga membantu .terimakasih sudah mau membaca catatan ini kawan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE