#HipweeDaebak-Waktu Pertama Kali Kenal dengan BTS dan Efek BTS untuk Saya Saat Kesulitan Mengerjakan Skripsi

Curhatan Pas Skripsi

Pertama kali Kpop masuk ke hidup saya itu pas jaman SMP.Inget banget waktu itu jaman keemasannya Kpop generasi ke – 2 seperti girl group SNSD dan 2NE1, boyband Super Junior, Shinee, Bigbang dan banyak lagi cuman waktu itu yang paling populer dikalangan anak SMP sekolah saya adalah yang saya sebutkan di atas. Nggak hanya penyanyi dari Korea saja yang terkenal, kepopuleran drama Korea yang juga meledak dengan tayangnya drama Boys Before Flower bikin pengaruh “serba Korea” menjadi sangat kuat untuk anak–anak remaja waktu itu. Bahkan, kakak-kakak saya juga ikutan suka karena cowok-cowok ganteng yang tampil di drama tersebut sampai bela-belain nobar sampai malam karena sempat ditayangin di stasiun TV Indonesia, cuman tayangnya udah di atas jam 10 malam dan iklannya banyak banget waktu itu sampai ngantuk-ngantuk tetep ditonton. Dari situ saya mengalami sekali istilah demam Korea.

Advertisement

Sampai saat saya SMA, pengaruh Kpop mulai berkurang pada diri saya walaupun drama Korea tetap saya ikutin terus judul-judul terbarunya, kalau untuk Kpop-nya paling saya hanya menonton mv yang baru keluar dari boyband atau girlgroup dibawah agensi Big 3 dulu seperti SM, YG, dan JYP entertainment tapi tidak terlalu mengikuti terus kabar-kabar detail sebagai fans suatu boyband maupun girlband. Saya pikir masa-masa demam Korea itu sudah selesai semakin saya beranjak dewasa. Diluar Kpop dan Drakor, saat SMA saya mulai tertarik dengan TV show atau program tv Korea yaitu Running Man, jadinya mulai nonton kearah TV Show nya di jaman SMA.

Masuk kuliah dari semester satu sampai tujuh benar-benar sudah jarang banget nonton yang berbau Korea cuman kadang-kadang ajah dan lebih kearah eksplorasi makanan-makanan Korea yang lagi in banget dan mudah buat dicari karena banyak restaurant yang mengusung makanan–makanan dari Korea. Kesibukkan saat kuliah itu jadi salah satu alasan udah nggak terlalu nonton drakor, Kpop ataupun TV shownya lagi. Masuk semester 8 yaitu ngerjain skripsi apalagi karena kerjaannya cuman ngerjain skripsi abis itu bimbingan begitu terus. Di jurusan kuliah saya, kalau sedang skripsi disediakan ruangan khusus mengerjakan skripsi untuk angkatan yang sedang tugas akhir. Dalam satu ruangan itu meja skripsi saya tidak jauh dengan teman dekat saya yang ternyata baru-baru itu saya tahu kalau dia seorang ARMY, bahkan saya nggak tahu nama fansitenya apa dan BTS itu yang mana, kalau inget itu saya mau ngomong ke diri sendiri kemana aja sih selama ini.

Awal mulanya saya bisa kenal BTS adalah setelah survey lokasi skripsi.Waktu itu saya survey tidak memakan waktu lama dari waktu yang diberikan dari jurusan karena lokasinya masih di Jakarta jadi saya punya sisa waktu lowong. Kondisi saya sudah sampai di titik dimana merasakan super bosan dan nggak ada motivasi dalam melanjutkan skripsi kayak mau ngetik ajah udah capek duluan padahal hari itu saya nggak ngapa-ngapain. Buntu banget dan nggak ada yang bikin semangat di saat saya mengerjakan skripsi.

Advertisement

Akhirnya satu hari itu saya samperin tempat duduk teman dekat saya yang ternyata juga sama lagi kosong waktunya.Akhirnya kita nonton mv bareng waktu itu.Berawal ngobrol sampai teman saya yang ARMY ini ngasih tunjuk mv–mv lamanya BTS dan nunjukin performance konser mereka yang ternyata saya itu udah dengerin dan suka lagu mereka dari lumayan lama tapi sekedar dengerin ajah tanpa cari tau mereka ini siapa. Dan saat teman saya tunjukin MV Boy in Luv nya BTS terus ngeliat Jin di situ astaga tahu kan yah yang kalau kita ngerasa excited banget sampe berasa ada kupu-kupu terbang di dalam perut ditambah lagi jantung udah nggak tahu lagi saking excited-nya. Teman saya nunjukkin nama-nama mereka, terus pas mereka tampil di MAMA dan konser-konser mereka.Setelah itu saya tonton terus video-video mereka bukan cuman penampilan pas nyanyi ajah tapi juga video kocak mereka kalau jadi bintang tamu acara ataupun kegiatan keseharian mereka.

Pokoknya bikin candu banget pengen terus nonton jadiin mereka bertujuh jadi bias saya.Dari rasa suka saya sama penampilan dan lagu-lagu mereka sampai saya telusurin semua cerita usaha masing-masing member yang bikin sedih saking beratnya.Dari situ saya makin tahu kelebihan mereka yang bukan cuman penyanyi tapi udah sekelas musisi karena bikin lagu dan liriknya yang bener-bener nyentuh dan kena banget.

Advertisement

Betapa jeniusnya RM sang leader di dunia musik, Jin member tertua di BTS yang ulet, nggak gampang nyerah, emosi yang stabil terus bikin dirinya konyol biar bisa dekat dengan member yang jauh lebih muda daripada dia yang udah kuliah waktu debut serta nggak mematahkan posisi RM sebagai leader, Suga si jenius dan introvert serta punya sifat tsundere yang ditakutin member lain tapi sebenernya diam-diam peka sama anggota lain, Jimin yang kelakuannya bikin senyum-senyum sendiri tapi kalau untuk urusan tampil di atas panggung bener-bener latihan keras sampai perfect, Jhope yang dekat sama semua member semacam penyatu yang merekatkan BTS saking pengertian dan perhatian sama semua member, V yang kelakuannya juga ajaib tapi bikin orang lain sayang banget sama dia,dan Jungkook golden maknae yang percaya dan nurut sama hyung-hyungnya terutama kagum dan jadiin RM sebagai role model-nya walaupun bisa juga jadi devil maknae kalau isengnya udah keluar. Ngeliat mereka yang bikin lagu dan liriknya tentang kehidupan bener-bener bikin semangat tapi sedih juga karena kata-katanya nyata banget.

Yang bikin makin yakin jadi fans mereka adalah perjuangan mereka yang dari agensi kecil bener-bener tidak diperhitungkan di industri musik dan diperlakukan tidak layak kayak pernah di keluarin di list acara diakhir-akhir waktu dan mereka tetap tampil untuk ARMY padahal confetti udah bertebaran di lantai karena acaranya emang udah selesai, dituduh plagiarisme, nggak dikasih ruangan saat di belakang panggung dan banyak lagi bisa jadi bintang besar yang bersinar banget sekarang.

Karena ngeliat mereka saya jadi semangat tiap hari sambil ngerjain skripsi bahkan kalaupun kena omelan dospem itu nggak bikin saya down seperti sebelumnya karena BTS bisa ngehibur dan jadi inspirasi saya. Kayak jadi motivasi, mereka ajah bisa dari bawah terus sekarang jadi bintang besar dengan perjuangan yang sulit tentunya masa saya males-malesan dan ngerasa nggak bisa selesaikan masalah saya padahal ada orang lain yang hadapin masalah lebih sulit lagi dan bisa terus berjuang. Mau ngucapin makasih banyak buat BTS, kalian memang memberikan dampak positif yang besar banget buat orang lain.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Haloo nama saya oktavia, senang membaca daripada nulis tapi kalau mau punya skill sepertinya harus sering asah kemampuan menulisnya.Jadi saya putuskan untuk ikut di komunitas ini sebagai media saya untuk menulis artikel -artikel yang isinya santai dan nyaman untuk dibaca sampai pengalaman pribadi saya yang mungkin bisa jadi bermanfaat buat orang lain.

CLOSE