Hubungan Statistik dengan Skripsi, Dituntut Lebih Dewasa dan Berpikir Kritis

Kehidupan tidak akan lepas dari yang namanya statistik

Kehidupan tidak akan lepas dari yang namanya statistik, baik dalam bidang pendidikan seperti membuat nilai hasil belajar siswa, bidang kesehatan seperti idealnya berat badan dan tinggi badan, bidang ekonomi seperti perdagangan dan industri. Sebenarnya dari kecil kita sudah menggunakan konsep statistik tanpa kita sadari. Bagi para pelajar khususnya mahasiswa statistika berhubungan dengan membuat tugas akhir yaitu skripsi yang berkaitan dengan angka dan hitung menghitung. Penulis menyadari sekali bahwa dalam diri penulis kurang menguasai hitung menghitung. Namun di sisi lain penulis ingin melanjutkan ke pesantren dan perguruan tinggi yang pastinya sangat berbeda sekali baik dalam hal pergaulan, dituntut untuk lebih dewasa dan berpikir kritis, tentunya akan menemukan mata kuliah hitung menghitung yaitu statistika.           

Advertisement

Setelah lulus dari SMA, penulis mulai bingung untuk memilih universitas dan jurusan yang akan diambil,setelah meminta do'a dan pendapat dari keluarga terutama orang tua akhirnya penulis dengan tekad mantap dan yakin untuk masuk perguruan tinggi di salah satu kota santri atau Pekalongan dengan mengambil fakultas yang penulis inginkan yaitu fakultas tarbiah dan ilmu keguruan. Membutuhkan proses panjang, perjuanga yang tinggi untuk bisa terdaftar sebagai mahasiswa di perguruan tinggi tersebut, mulai dari pengumpulan berkas, perjalanan bolak-balik Tegal Pekalongan.         

Tak terasa waktu terus berputar dengan cepat, kini penulis memasuki pertengahan semester akhir, tinggal sedikit lagi menuju puncak yang dinanti-nantikan oleh setiap mahasiswa yaitu wisuda. Namun sebelum wisuda, setiap mahasiswa harus melewati proses dan beberapa tahap. Mahasiswa semester akhir selalu disibukan dengan berbagai kegiatan disertai pembuatan laporan-laporan skripsi. Tidak semudah yang kita bayangkan bagaikan jalan lurus dalam pembuatan skripsi, membutuhkan perjalanan panjang untuk sampai pada hasilnya. Adanya penulisan skripsi dapat melatih mahasiswa membuat karya tulis ilmiah dan dapat meningkatkan kreativitas dalam setiap individu. Dalam pembuatan skripsi sangat berhubungan dengan statistika mulai dari pengumpulan data, pengolahan data, menghasilkan kesimpulan.           

Advertisement

Statistika merupakan ilmu yang berkaitan dengan penyajian dan pengolahan data. Dalam membuat skripsi ada dua statistika yaitu statistika deskriptif dan statistika induktif. Antara kedua statistika tersebut memiliki perbedaan, statistika deskriptif lebih mudah dipahami karena berupa grafik, tabel, diagram. Sedangkan statistika induktif lebih berupa pengujian hipotesis dan analisis. Membuat skripsi pasti menggunakan kedua statistika tersebut, ketika berupa tabel, diagram dan grafik menggunakan model statistika deskriptif, kemudian langkah selanjtnya untuk menganalisis hasil permasalahan yang nantinya akan dibuat sebagai kesimpulan menggunakan metode statistika induktif. Penelitian dalam membuat skripsi ada dua yaitu penelitian kualitatif dan penelitian kualitatif. Kebanyakan hanya memahami bahwa penelitian kuantitatif berdasarkan angka, sedangkan penelitian kualitatif berdasarkan kata-kata dan lisan. Permasalahan penelitian kuantitatif lebih sistematis, jelas, serta berhubungan dengan data interpratif. Penelitian kualitatif berdasarkan data deskriptif.            

Berikan hasil yang maximal dan terbaik walaupun dalam proses panjang, yakin bahwa setiap usaha pasti tidak akan menghianati hasil. Tentukan judul, identifikasi masalah, study literatur (mengolah data), study  lapangan (wawancara dalam objek penelitian), variabel data, perencanaan data, uji loading dan analis data, membuat kesimpulan dengan menggunakan metode serta langkah statistika yang tepat sehingga data yang diperoleh dapat akurat serta dapat dipertanggungjawabkan. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE