Mengintip Indahnya Taman Tirta Gangga Bali. Wisata Air yang Pemandangannya Juara!

Indahnya Wisata Taman Tirta Gangga Bali

Obyek wisata Tirta Gangga yang terletak di Kabupaten Karangasem, Bali. Tirta Gangga adalah sebuah tempat pemandian raja Karangasem yang bernama Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem, dibangun pada tahun 1948. 

Advertisement

Tirta Gangga bisa dikatakan sebagai warisan Bali Tempo dulu pada jaman kerajaan Karangasem, dibangun dalam bentuk istana air dengan menggabungkan arsitektur khas Bali dan China. Namun pada tahun 1963 karena letusun Gunung Agung, kawasan istana air Tirta Gangga ini hampir hancur keseluruhan. Kemudian pemerintah setempat mengambil inisiatif untuk membangun kembali kawasan ini sebagai kawasan wisata, apalagi tempat ini lengkap dengan pemandangan alam sawah berundak atau sawah terasering

Bangunan ini berdiri di atas lokasi seluas satu koma dua hektar, dan dibagi menjadi tiga kompleks. Kompleks pertama berada di bagian paling bawah, memiliki dua kolam teratai dan air mancur. Kompleks kedua berada di bagian tengah, memiliki kolam renang. Dan kompleks ketiga merupakan tempat peristirahatan raja.

Berwisata di sebuah taman kerajaan ini bisa menjadi sebuah pengalaman yang baru dan menyenangkan. Terutama jika liburan yang Anda habiskan bersama keluarga dilakukan dengan mengunjungi Taman Wisata Tirta Gangga Bali. Pastinya keindahan alam dan kemegahan ornamen kerajaan dapat Anda temukan di sini.

Kondisi alam Tirta Gangga sangatlah sejuk, hal ini dikarenakan letaknya di kaki Gunung Agung. Keasrian dan kesejukan lokasinya inilah yang membuat wisatawan nyaman dan betah untuk berlama-lama mengunjungi obyek wisata ini. Suasana tenang dan damai Tirta Gangga sangatlah cocok sebagai pelepas lelah dan penghilang penat dari aktivitas kehidupan yang melelahkan.

Selain kolam yang terdapat air suci, ada juga kolam renang yang diperuntukkan bagi wisatawan. Jika ingin berenang di kolam ini, pengunjung harus membayar kembali 6 ribu rupiah. Kolam yang digunakan adalah kolam air sanih yang juga memiliki air jernih dan segar. 

Advertisement

Tak jauh dari kolam terdapat taman yang memiliki menara air yang menawan dengan tinggi 10 meter. Menara air ini bentuknya berundak-undak laksana atap pura. Air yang ada di kolam Tirta Gangga berasal dari sumber air yang bahkan oleh masyarakat setempat dianggap suci dan digunakan untuk kegiatan upacara adat.

Gimana? Asik banget kan tempatnya sejuk dan bikin nyaman. Bagi kalian yang belum pernah kesini,Taman Wisata Tirta Gangga ini terletak di Desa Ababi, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem. Lokasinya terletak sekitar 5 kilometer sebelah utara dari pusat Kota Amlapura. Jika dari Kuta berjarak sekitar 75 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam perjalanan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE