Zaman sekarang budaya Korea banyak tersebar luas dimana-mana. Siapa sih yang tidak tahu K-pop atau tidak pernah menonton K-drama? Pasti sebagian besar orang tahu dan bahkan mengikuti update dari budaya Korea. Restaurant yang menyajikan makanan Korea seperti tteokbokki juga sudah mudah ditemui di berbagai tempat.

Namun, bukan hanya K-pop, drama, dan makanan saja lho yang terkenal dari Korea, perawatan kulit ala perempuan Korea juga menjadi salah satu budaya yang mulai tersebar di mana-mana. Kebanyakan dari wanita Korea memang mempunyai kulit yang cerah dan terlihat awet muda. Hal ini membuat para kaum hawa mengidamkan wajah cerah mereka tersebut. Rahasia para wanita Korea pun sudah terbongkar, dibalik wajah mereka yang tampak awet muda tersebut terdapat perawatan kulit yang memerlukan 10 langkah berbeda.

Advertisement

Perawatan kulit wajah 10 langkah ala perempuan Korea telah menjadi salah satu rutinitas perawatan wajah yang banyak diikuti di seluruh dunia. Perawatan wajah 10 langkah ini berawal dari obsesi budaya Korea dengan kulit yang sehat. Perawatan ini bukan hanya sekedar sebuah rutinitas, melainkan sudah menjadi sebuah gaya hidup bagi banyak perempuan. Perawatan wajah Korea ini juga sudah banyak terbukti dapat memperbaiki kulit wajah dalam waktu yang cepat, seperti menghilangkan bekas jerawat dan memudarkan kemerahan pada kulit.

Untuk memulai perawatan wajah, hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan wajah dari makeup serta debu dan kotoran yang menempel. Dalam perawatan wajah ala Korea, kita diharuskan untuk membersihkan wajah sebanyak dua kali. Pertama, kita harus membersihkan wajah menggunakan pembersih wajah dengan dasar minyak.

Mengapa harus menggunakan pembersih wajah yang berbasis minyak? Karena pembersih tersebut sangatlah efektif dalam mengangkat bekas makeup hingga ke pori-pori yang terdalam. Kedua, barulah kita membersihkan wajah menggunakan pembersih yang berbasis air atau bisa juga menggunakan pembersih wajah yang ada pada umumnya. Hal ini dilakukan agar membantu menghilangkan sisa-sisa dari pembersih wajah berbasis minyak sebelumnya. Setelah proses double-step cleanser selesai barulah perawatan kulit dimulai.

Advertisement

Langkah selanjutnya adalah mengeksfoliasi wajah. Ada dua pilihan jenis produk yang dapat digunakan untuk mengeksfoliasi wajah, bisa dengan menggunakan sabun eksfoliasi yang harus dibilas dengan air setelahnya, atau bisa juga dengan menggunakan exfoliating pads yang merupakan kapas dengan zat kimia yang jika digosokkan ke wajah dapat mengeksfoliasi serta mengangkat sel kulit mati di wajah.

Langkah keempat adalah mengaplikasikan toner pada kulit wajah. Toner berfungsi untuk memberikan kelembapan bagi kulit wajah serta menyeimbangkan pH kulit. Untuk mengaplikasikan toner, tuangkan sedikit demi sedikit cairan toner ke sebuah kapas lalu usapkan perlahan-lahan ke seluruh bagian wajah. Toner juga bisa diaplikasikan dengan cara menuangkannya ke tangan lalu mengaplikasikannya ke wajah dengan cara ditepuk-tepuk secara perlahan.

Langkah kelima adalah menggunakan essence. Essence adalah sejenis produk yang merupakan semacam campuran dari toner dan serum. Essence mengandung bahan-bahan yang bernutrisi bagi kulit dan dapat memperbaiki sel kulit wajah. Essence biasanya digunakan dengan menuangkan sedikit produk ke telapak tangan dan kemudian menepuknya secara perlahan ke seluruh bagian wajah dengan rata. Keenam, gunakanlah serum pada wajah. Serum dapat menyelesaikan bermacam-macam masalah pada wajah, seperti wajah kusam, pori-pori yang besar, pigmentasi pada wajah, kerutan, ataupun jerawat.

Cara mengaplikasikannya pada wajah adalah dengan cara menuangkan beberapa tetes serum pada telapak tangan dan menepuknya perlahan di wajah secara merata. Langkah ketujuh adalah menggunakan sheet mask. Sheet mask adalah salah satu perawatan yang terkenal dari Korea. Ada berbagai macam pilihan sheet mask yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan kulit. Sheet mask ini juga mudah untuk digunakan di wajah dan tinggal didiamkan selama 15 sampai 20 menit.

Langkah selanjutnya adalah menggunakan eye cream. Produk ini berfungsi untuk memberikan kelembapan untuk area di sekitar mata. Untuk mengaplikasikannya, gunakanlah jari manis untuk perlahan-lahan menepuknya ke area bawah mata. Berikutnya adalah produk yang sangat penting untuk digunakan yaitu pelembap wajah atau yang dikenal dengan moisturizer yang tentunya berfungsi untuk melembapkan wajah dan membuat kulit menjadi lebih halus.

Pelembap wajah bisa digunakan dengan menuangkan produk secukupnya pada telapak tangan lalu mengaplikasikannya pada wajah sembari memijat wajah menggunakan jemari tangan. Langkah terakhir dari perawatan kulit wajah Korea ini tergantung dari kapan anda melakukannya. Jika melakukan perawatannya di pagi atau siang hari maka langkah terakhir adalah menggunakan sunscreen atau lotion tabir surya yang berfungsi untuk melindungi wajah dari sinar UV. Sedangkan jika perawatan wajah dilakukan pada malam hari, maka anda harus menggunakan krim malam untuk wajah atau yang dikenal sebagai night cream yang berfungsi untuk memberikan kelembapan dan memulihkan wajah.

Begitulah 10 langkah dari perawatan kulit wajah ala Korea. Rangkaian dari perawatan wajah ini memang terlihat rumit dan memakan waktu yang lama, tetapi siapa sih yang tidak mau kulit cerah dan tampak awet muda? Jangan salah, perawatan wajah ini bukan hanya untuk perempuan loh. Bagi laki-laki yang ingin merawat wajahnya juga bisa mengikuti perawatan wajah ini. Jadi, tunggu apalagi? Yuk dicoba perawatan wajah 10 langkah ala Korea agar tampak awet muda!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya