Benda-benda langit adalah semua objek yang berada di lengkungan langit, baik yang terlihat di siang hari maupun malam hari. Pada siang hari kita melihat matahari. Sedangkan pada malam hari kita melihat bulan dan bintang. Sebagian besar dari mereka pun bersinar, baik karena bisa memancarkan cahaya sendiri maupun memantulkan cahaya dari matahari.

Dari ribuan benda langit ini ada sejumlah nama benda langit yang unik dan apik buat jadi nama si kecil, lho! Mulai dari nama planet, nama bintang, rasi bintang hingga nama-nama 'bulan' di planet. Para Bunda merapat yuk!

Advertisement


  1. Miranda, Jika malam hari kita melihat bulan, itulah bulan yang merupakan satelit bumi, planet kita. Tapi ternyata di planet lain, juga punya 'bulan' lho. Seperti Miranda ini yang merupakan salah satu dari lima bulan utama pada Uranus.

  2. Belinda, Selain Miranda, 'bulan' uranus juga ada yang dinamai Belinda. Cantik ya?

  3. Bianca, Tidak hanya itu, si 'bulan' uranus bernama Bianca juga cocok buat nama baby girl para Bunda nih!

  4. Titania, Satu lagi 'bulan' uranus yang namanya cantik, Titania! Tak hanya namanya yang apik, Titania adalah nama 'bulan' terbesar di Uranus lho! Biar nanti si kecil bisa kaya bulan, menerangi saat gelap. Cantik dan anggun.

  5. Dione, Kalau ini adalah nama-nama 'bulan' di Saturnus. Buat Bunda yang mendamba sosok wanita kuat dan namanya nggak terlalu feminim, si Dione cocok buat inspirasi nama baby girl Bunda nih.

  6. Rhea Ada lagi 'bulan' saturnus bernama Rhea. 'bulan' ini adalah 'bulan' yang pertamakali ditemukan bercincin. Selain itu Rhea juga merupakan bulan terbesar kedua Saturnus. Istimewa.

  7. Titan, Satu lagi 'bulan' Saturnus. Namanya Titan. Titan menempati posisi sebagai bulan terbesar kedua di tata surya. Ukurannya hampir sama dengan Planet Merkurius. Selain itu dalam jurnal Science terdapat indikasi kuat bahwa Titan memiliki senyawa penting bagi kehidupan karena memiliki laut asin di bawah permukaan udaranya yang dingin. Cocok ya buat nama si kecil biar keberadaannya menjadi sumber kehidupan bagi sekitar.

  8. Janus, nama 'bulan' di Saturnus ini pas buat dedek Bunda yang kali ini agak maskulin. Janus, namanya sendiri berasal dari dewa dalam mitologi Romawi, Yanus.

  9. Elara, Nama 'bulan' di Jupiter ini diambil dari kekasih Zeus yang sekaligus ibu dari Giant Tityos. Sebelum tahun 1975 satelit ini diberi nama Hera. Cantik ya~

  10. Callisto, Nama 'bulan' di Jupiter ini gagah banget. Callisto adalah nama 'bulan' terbesar ketiga di alam semesta. Nama itu terinspirasi dari nimfa yang jatuh cinta pada Zeus dalam mitologi Yunani.

  11. Amalthea, Amalthea adalah 'bulan' bulan di Jupiter ditemukan pada September 1892 oleh Edward Emerson Barnard. Nama Amalthea diambil dari nama seorang nymph (dewi kecil) di mitologi Yunan. Pas buat si putri yang cantik dan baik hatinya bak bidadari.

  12. Thalassa, adalah salah satu dari 14 satelit alami planet Neptunus. Bisa banget dipakai untuk nama wanita kecil Bunda.

  13. Larissa, Sama denganThalassa, Larissa ini merupakan 'bulan' nya Neptunus. Jadi bingung kan pilih namanya ?

  14. Luna, Nah kalau ini sih nama lain dari bulan, satelitnya bumi yang diambil dari bahasa latin. Nama ini sudah sangat familiar karena memang cantik. Tertarik Bunda?

  15. Nebula, merupakan satu dari miliaran objek di alam semesta yang menarik untuk dilihat. Namanya diambil dari bahasa Latin, "Nebulae" yang memiliki arti "Awan". Nebula merupakan awan antarbintang yang tersusun atas debu, hidrogen, helium, dan gas-gas lain yang terionisasi. Gas-gas ini apabila berada dalam jumlah yang cukup akan menyatu dan menjadi cikal bakal terbentuknya bintang. Meleburnya nebula dengan bintang-bintang sebagai latar belakangnya menciptakan warna-warna yang menakjubkan. Belum lagi bentuk awan nebula yang menginspirasi. Cantik banget!

  16. Rasi, sekelompok bintang yang tampak berhubungan membentuk suatu konfigurasi khusus dalam bola langit malam. Katanya sih tiap rasi memiliki arti dan bisa menjadi penunjuk arah. Harapannya dengan nama ini malaikat kecil kita bisa menjadi penunjuk arah kebaikan ya Bund..

  17. Sirius, Jika kita melihat ke langit malam, dialah Sirius, bintang yang paling terang dikegelapan malam, bintang yang terletak di rasi Canis Major dan merupakan sistem bintang ganda. Seperti hadirnya buah hati kita yang semoga jadi penerang bagi semesta.

  18. Vega, Ada lima bintang paling terang setelah matahari. Selain Sirius, bintag Vega juga lah yang berkerlap kerlip menerangi malam kita. Indah :)

  19. Supernova, Banyak kejadian menakjubkan di dalam alam semesta kita, salah satunya adalah Supernova. Supernova adalah suatu ledakan yang terjadi pada bintang yang menimbulkan gelombang kejut yang sangat besar. Kejadian ini merupakan pertanda bahwa kehidupan suatu bintang telah berakhir, namun merupakan suatu bentuk keindahan yang diciptakan Tuhan. Bintang yang akan mengalami Supernova biasanya tampak lebih cerah dari biasanya . Tertarik memakain nama ini untuk baby boy kita?

  20. Rigel, Rigel adalah bintang raksasa di rasi Orion. Ini adalah bintang yang paling penting saat bepergian ke laut, karena bisa jadi penunjuk arah. Harapannya si kecil Anda tidak akan tersesat dengan nama ini.

Jadi, Bunda pilih yang mana?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya