Intip Keseruan Komunitas GenAnT dalam Meningkatkan Literasi Anak

Kegiatan ini dilaksanakan guna memperingati hari Sumpah Pemuda dengan meningkatkan literasi bersama anak.

Komunitas Generasi Anak Teladan atau akrab disapa GenAnT baru saja melaksanakan kegiatan "Sapa Ria Anak" yang dilaksanakan pada Minggu, 30 Oktober 2022 di Masjid An-Nur, Kampung ASEAN Hunian Tetap Tondo, Kota Palu. Kegiatan ini dilaksanakan guna memperingati hari Sumpah Pemuda dengan meningkatkan literasi bersama anak sebagaimana tema dari kegiatan tersebut. Adapun kegiatan ini dimulai dengan membaca buku bersama adik-adik. Dilanjutkan dengan program kreatif belajar anak melalui story telling yang dilakukan oleh kakak-kakak GenAnT. Adik-adik terlihat begitu antusias mendengar cerita yang disampaikan.

Advertisement

Keseruannya tidak hanya berhenti sampai di situ, kegiatan dilanjutkan dengan edu games berupa kuis dan permainan seru. Edu games yang dilakukan meliputi sambung lirik lagu anak dan lagu kebangsaan, menyusun huruf menjadi kalimat yang dibagi menjadi beberapa kelompok anak, serta pertanyaan seputar pelajaran pendidikan pancasila, kewarganegaraan, dan agama. Adik-adik selalu antusias dalam mengikuti setiap rangkaian kegiatan, karena ada begitu banyak hadiah yang telah disiapkan.

Selain itu, kegiatan ini juga didukung oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Palu dengan mengirim Perpustakaan Keliling yang berisi banyak bacaan buku yang dapat dibaca oleh anak-anak. Kak Nung selaku Ketua GenAnT berharap kegiatan literasi anak seperti ini dapat terus dilaksanakan, Harapannya agar program ini menjadi kegiatan jangka panjang untuk meningkatkan literasi anak, khususnya untuk anak-anak Huntap Tondo Kota Palu. Sekaligus menjadi stimulan bagi para pemuda penggerak lainnya, juga yang paling penting untuk para stakeholder terkait agar bisa saling bersinergi dengan komunitas penggiat literasi dalam menciptakan metode kreatif bagi anak. Sehingga kegiatan berliterasi menjadi kegiatan yang menyenangkan, efektif, tepat dan berdaya guna".

Advertisement

Sementara itu, anak-anak Huntap Tondo juga berharap kegiatan seperti ini bisa dilakukan lagi, "Kak, kapan lagi datang ke sini? Kak kapan lagi buat kegiatan seperti ini?" Begitu tanya beberapa anak ketika kegiatan akan usai. Penutupan dilakukan dengan foto bersama dan pembuatan video ucapan Selamat Hari Sumpah Pemuda. 

Komunitas GenAnT merupakan komunitas pemerhati, pegiat pendidikan, dan pemberdayaan anak muda. GenAnT juga menjalin kerjasama dengan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Kota Palu sebagai bentuk kepeduliannya terhadap permasalahan sosial anak muda, khususnya di bidang pendidikan. Kamu bisa tahu info lebih lanjut tentang berbagai kegiatan Komunitas GenAnT lewat website resmi mereka di www.genant.id atau media sosial instagram @gen_ant.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

"Jika engkau bukan anak raja, bukan pula anak ulama besar, maka jadilah seorang penulis." ~ Imam Al-Ghazali

CLOSE