Pesona dan Daya Tarik Kampung Wisata Dermaga Cinta Kali Gajah Wong Yogyakarta

Yogyakarta memiliki banyak sekali kekayaan wisata alam. Namun, kadang banyak wisata alam yang belum dimanfaatkan oleh warga sekitar. Bahkan, banyak sekali desa yang memiliki kekayaan alam yang sangat indah. Hal ini dikarenakan kurangnya kesadaran dari warga lokal dalam membangun sebuah tempat wisata lokal yang ada di desa, padahal hal tersebut sangatlah membantu warga lokal sebagai pemasukan ekonomi warga sekitar jika dikelola dengan baik oleh warga. Jika sebuah desa yang sudah memiliki kekayaan alam yang sangat luar biasa warga lokal biasanya memanfaatkan momen itu sebagai objek wisata yang sangat menarik dan di bangun sebaik-baiknya.

Advertisement

Dermaga Cinta Kali Gajah Wong yang berlokasi di Jl. Giwangan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Ini merupakan salah satu perjuangan dari masyarakat setempat memanfaatkan sumber daya alam yang ada sebagai destinasi objek wisata yang sangat menarik dan kreatif dari masyarakat setempat. Hal ini dikarenakan dahulu sungai ini sangatlah kotor sekali dan sebagai tempat pembuangan sampah tapi diubah oleh masyarakat sebagai tempat objek wisata yang sangat menarik. Masyarakat lokal memiliki ide yang sangat kreatif dengan membangun sebuah dermaga dipinggir sungai kali gajah wong dah membuat tempat untuk nongkrong dan beristirahat untuk pengunjung.

Adanya kapal yang disediakan oleh pengelola Dermaga Cinta Kali Gajah Wong yang sangat menarik untuk pengunjung, dengan adanya kapal pengunjung dapat menelusuri Kali Gajah Wong menggunakan kapal tersebut dengan biaya Rp5000 saja per orang kamu dapat menikmati indahnya sungai yang sudah dibersihkan oleh masyarakat lokal.

Dengan menyusuri spot ini mengunakan kapal, kamu akan mendapatkan pengalaman baru yang sebelumnya belum pernah dilakukan. Menyusuri sungai, kamu dapat melihat Desa Wisata Kali Gajah Wong yang sudah diperbaiki oleh masyarakat sekitar dengan adanya cat warna warni yang sangat memanjakan mata.

Advertisement

Masyarakat setempat juga sangat berperan aktif dalam memajukan Dermaga Cinta Kali Gajah Wong ini. Rumah sekitar Dermaga Cinta Kali Gajah Wong ini juga dibersihkan dan dicat warna-warni dengan sangat indah. Dahulu tempat tersebut sangatlah kumuh tapi masyarakat bergotong-royong membangun desa tersebut dengan sangat baik. Pengunjung juga akan tertarik melihat keindahan Dermaga Cinta Kali Gajah Wong ini dengan rumah cat warna-warni sebagai tempat berfoto para pengunjung yang datang ke objek wisata ini.

Pengelola juga membangun warung di sebelahnya. Yang membuat warung ini menarik adalah kita bisa makan sambil minum dan nongkrong bersama teman-teman atau dengan keluarga dengan melihat pemandangan sungai.

Harga yang ditawarkan pun sangatlah terjangkau. Bagaimana, tertarik berlibur ke Dermaga Cinta Kali Gajah Wong? Berlibur dengan biaya yang sangat murah anda sudah bisa menikmati fasilitas yang ada, sangat menyenangkan bukan? Selamat berlibur ya~

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Saya merupakan mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta prodi Ilmu Komunikasi

Editor

CLOSE