Untukmu yang Lelah dengan Keadaan, Percayalah Kamu Nggak Terlambat. Kamu Hanya Berada di Jalanmu Sendiri

kamu tidak terlambat

Teruntuk kamu yang lelah dengan keadaan, pencarian, kenangan, tuntutan dan segala kerumitan hidup

Advertisement

Teruntuk kamu yang sedang berjibaku dengan segala kemelut dunia, sekolah, kuliah, pertemanan, pekerjaan dan keluarga.

Saat keadaan mulai menyeleksi satu per satu lingkaran pertemananmu

Saat satu per satu temanmu diterima di perguruan tinggi, saat satu per satu temanmu sudah lulus, wisuda dan memulai karir. Saat satu per satu temanmu sukses dan mendapat pekerjaan. Saat satu per satu teman meninggalkanmu dan mulai fokus dengan kehidupan masing-masing.

Saat kamu mulai overthinking dengan masa depan

Saat kamu sedang dititik terendah, mulai putus asa dan hilang arah, coba pejamkan mata dan tanyakan pada dirimu sendiri dalam hati, ingat kembali selama 10 tahun atau 15 tahun yang lalu. Berapa banyak kesulitan dan kehilangan yang sudah berhasil kamu hadapi? Berapa banyak kebahagiaan yang sudah kamu terima? Tak terhingga dan tidak bisa dihitung bukan?

Advertisement

Kamu sudah sepantasnya untuk bersyukur dan ikhlas, peluklah masa kecilmu dan katakan kamu berhak bahagia, terima kasih sudah berjuang sampai saat ini.

Jadikanlah masa lalu itu sebagai reminder tatkala kamu di titik terendah untuk lebih bersyukur dan ikhlas. Kelak, akan banyak misteri kehidupan yang belum bertemu, apabila takdir mengizinkan biarkanlah menjadi sebuah kejutan. 

Tatkala kamu lelah, menangislah. Istirahatlah sejenak, tenangkan hatimu, jangan menyalahkan dirimu sendiri dan membandingkan dirimu dengan orang lain. Setiap orang punya kapasitasnya masing-masing. Jangan pernah mendengarkan apa kata orang lain tentang dirimu, karena yang mengerti kamu hanya dirimu sendiri. Hidup itu bukan tentang penilaian orang lain, bukan tentang angka tolak ukur orang lain.

Berusaha semampunya, biarkan sisanya menjadi bagian-Nya. Fokus, jaga dirimu, jangan berhenti, kamu nggak terlambat, yang kamu takutkan nggak akan terjadi. Dekatkan diri pada Sang Pemilik Hidup, temukan seseorang yang bisa saling memahami. Jadilah seseorang yang bermanfaat untuk orang-orang disekitarmu. Biarkan kenangan pahit dan kesedihan ada bersama tawa dan kebahagiaan.

Setiap 1,2,3
 dst kamu bagi dengan tak terhingga hasilnya nol, sama halnya jika kamu memiliki berapapun masalah hidup jika kita bagi dengan-Nya pasti akan ada jalan keluarnya. Saat kamu memiliki 1 ataupun lebih dan kamu bagi dengan nol hasilnya tak terhingga, saat kamu memberi tanpa mengharap apapun, kamu akan ditunjukan, dituntun, akan ada hal-hal yang lebih indah. Allah Maha Mengetahui apa yang terbaik untukmu, Allah yang akan menyeleksi mana yang pantas untuk kamu dapatkan sekarang dan mana yang harus ditunda. Pada akhirnya, jalan terbaik untuk berdamai dengan diri sendiri dan keadaan adalah bersyukur dan ikhlas, kembali ke nol.

Perjalanan, takdir dan kenangan selalu teriringi dengan doa. Selamat menulis sebuah cerita hidup, karena setiap manusia berhak memiliki petualangan, pengalaman, memori dan cerita unik kehidupannya. Tidak perlu khawatir dengan apa yang akan terjadi esok hari, bersyukur, ikhlas dan sabar. Semua sudah ada jalannya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Come here, I'll tell you a story, Javanese, food addict, badminton addict, Mahasiswa tingkat akhir

Editor

une femme libre

CLOSE