BIOLEAF atau Biology Learning Festival merupakan salah satu acara akbar yang di adakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi (HIMAPBIO) , Universitas Siliwangi. Bioleaf ini merupakan acara yang dilaksanakan tiap tahun. Yang terdiri dari rangkaian acara berupa Cerdas Cermat Biologi (CCB) tingkat SMA/ sederajat se nasional, Lomba Karya Tulis Ilmiah se nasional (LKTIN) tingkat SMA/sederajat, Bio Expo, Seminar Nasional dan ditutup dengan tabligh akbar sekaligus santunan anak yatim. Untuk tahun 2017 ini, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi (HIMAPBIO) sukses menyelenggarakan Bioleaf pada tanggal 15 sampai 19 Oktober.

Rangkaian acara dalam Bioleaf ini merupakan perpaduan dari setiap divisi yang ada di Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi. Diantaranya yaitu divisi kemahasiswaan, divisi penalaran dan akademik, divisi kesejahteraan, divisi lingkungan hidup dan divisi kerohanian. Dengan mengambil tema "Learn the knowledge, do an action and save the earth", diharapkan seluruh Mahasiswa Pendidikan Biologi dapat lebih mencintai ilmu pengetahuan, mencintai lingkungan dan menjadi calon pendidik yang inspiratif, inovatif dan kreatif. Selain rangkaian acara diatas, dalam bioleaf ini terdapat pameran fotografi dan pameran pendidikan. Pameran fotografi merupakan hasil dari jepretan mahasiswa pendidikan biologi dari masing-masing kelas dengan tema foto berupa kebersamaan, orang dan alam. Sedangkan dalam pameran pendidikan dipajangkan produk-produk mahasiswa pendidikan biologi yang merupakan media pembelajaran berupa taksidermi, awetan basah, bioplastik, boneka agri, skeleton hewan dan lain-lain.

Advertisement

Untuk kegiatan pertama yaitu Cerdas Cermat Biologi (CCB) tingkat SMA/ sederajat se nasional dimenangkan oleh MAN 1 Tasikmalaya diikuti oleh SMAN 1 Kota Tasikmalaya dan SMAN 1 Garut. Sedangkan untuk Lomba Karya Tulis Ilmiah se nasional (LKTIN) tingkat SMA/sederajat dimenangkan oleh MAN 2 Tasikmalaya diikuti oleh MAN Al-Insan Baleendah. Lalu, kegiatan ketiga yaitu Bio Expo merupakan ajang kreasi seni dari masing-masing kelas. Dalam Bio Expo ini menunjukkan bahwa mahasiswa Pendidikan Biologi pun pandai dalam berkreasi seni. Memang sudah jadi tuntutan zaman juga, bahwa guru pun harus segala bisa dan harus kreatif agar pembelajaran tidak terasa membosankan. Setelah Bio Expo, lalu kegiatan dilanjutkan dengan Seminar Nasional dengan tema "Membangun Jiwa Saintis Pendidik untuk Generasi yang Lebih Baik" dengan pemateri oleh Dr. Budi Setiadi Daryono, M.Agr.Sc yang merupakan Dekan Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada. Seminar Nasional ini bertujuan agar mahasiswa pendidikan biologi lebih tergugah hati dan pikirannya untuk semangat melakukan riset sehingga jiwa saintis dapat ditanamkan. Kenapa harus mengambil tema itu? Karena guru yang mendidik siswanya dengan hebat, akan melahirkan orang-orang yang hebat pula. Dan kegiatan terakhir ditutup dengan tabligh akbar dengan tema "Pemuda Hijrah untuk Masa Depan Bangsa yang Lebih Cerah" dengan pemateri oleh Ust. Tatan Ahmad Santana. Dan ini point paling penting, sebagai calon pendidik pun harus memiliki jiwa yang religius. Dan menurut saya, sudah sangat tepat jika kegiatan akbar ini ditutup dengan Tabligh Akbar.

Jadi inti dari semua rangkaian acara ini adalah menyambung silaturahmi antar civitas akademika pendidikan biologi dan menjadikan calon pendidik yang kreatif, inovatif dan religius pula. Namun tak lepas kesuksesan Bioleaf tahun ini, ada panitia-panitia yang sudah bekerja keras dan mengikhlaskan waktu, materi serta tenaganya, jajaran dosen yang tak kalah hebat nya dan pihak-pihak lain yang ikut berkontribusi. Semoga dengan suksesnya acara ini dapat menjadi pahala besar bagi kita semua. Aamiin

Salam Lestari! Salam Konservasi! See you BIOLEAF 2018.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya