Siapa sih yang nggak tergoda dengan diskonan di awal bulan? atau juga barang-barang baru yang tiba-tiba muncul di awal bulan. Apalagi kalo habis dapet gajian atau uang bulanan, pasti tergoda kan? Eitsss, jangan tergoda dulu. Kamu juga harus dapat mengatur keuanganmu agar tak terjadi "kere" di akhir bulan. Berikut ini beberapa tips yang dapat temen-temen coba untuk mengatur keuangan bulanan

1. Menulis daftar kebutuhan pokokmu bulan ini. Menulis daftar kebutuhan pokok menjadi salah satu kewajiban yang harus dilakukan apalagi kalau kamu anak kos yang harus beli apa-apa sendiri, dengan menulis daftar kebutuhan pokok kamu akan lebih dapat memprioritaskan mana yang harus didahulukan.

Advertisement

2. Menulis daftar keinginan bulan ini. Setiap orang tentu memiliki suatu keinginan yang ingin dicapai entah pergi ke suatu tempat atau pun membeli barang yang disukai. Kamu dapat memperkirakan dan menulis berapa budget yang akan kamu keluarkan untuk ini.

3. Catat pengeluaranmu setiap harinya, jangan sampai besar pengeluaran dari pada pendapatan. Mencatat pengeluaran setiap harinya mengetahui total uang keluar. Jangan sampai berpikiran konsumtif untuk menghabiskan uang tersebut di hari itu dan tidak memikirkan bagaimana ia akan bertahan hidup untuk ke depannya jika uang yang dimilikinya habis. Memikirkan dan mencatat pengeluaran itu perlu agar tidak terjadi besar pasak daripada tiang.

4. Jangan lupa sisihkan uangmu untuk ditabung. Biasakan sedini mungkin untuk menabung, karena menabung merupakan strategi utama untuk mengelola keuangan. Tabungan yang kamu miliki juga dapat bermanfaat bagimu kelak apabila membutuhkan dana yang mendesak atau dapat digunakan untuk keperluan lain di kemudian hari.

Advertisement

Demikian beberapa tips yang dapat temen-temen coba untuk mengelola keuangan setiap bulannya. Semoga bermanfaat!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya