#KesehatanMental-Stop Being People Pleaser! Karena Bahagia Mereka Bukan Tanggung Jawabmu

Ingat ya, bukan kewajibanmu untuk membahagiakan orang lain

Dalam kehidupanmu sehari-hari, pernah gak kamu merasa kamu sulit menolak permintaan dari orang lain dan ketika menolaknya kamu malah merasa bersalah? Atau bahkan kamu merasa ingin selalu membahagiakan orang lain dan merasa bertanggung jawab atas kebahagiaan mereka? Wah, bisa jadi kamu adalah seorang people pleaser nih SoHip!

Advertisement

Sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan people pleaser itu? Mereka adalah orang-orang yang memiliki kesulitan untuk berkata tidak. Karena ketika mereka menolak,akan ada banyak ketakutan yang menghantui pikiran mereka salah satunya seperti takut gak disukai makanya mereka lebih sering menyenangkan orang lain daripada menyenangkan diri sendiri. Padahal sejatinya, kamu gak akan pernah bisa memenuhi ekspektasi semua orang di dunia ini. Ada kalanya kamu perlu berkata TIDAK terhadap hal-hal yang memang belum sesuai dengan batasan dirimu serta kemampuanmu. Kalau kamu melakukan hal ini secara berkepanjangan di dalam kehidupanmu, maka akan membawa dampak yang buruk terhadap kehidupan sosial dan juga kualitas hidupmu. Bahkan orang-orang disekitarmu bisa memanfaatkan rasa ga enakan mu untuk kepentingan mereka lho! Emangnya, kamu gak capek apa buang-buang energi dan waktumu untuk menyenangkan orang lain? Padahal kamu sendiri aja belum tentu suka melakukan hal tersebut.

Ada beberapa dampak psikologis yang akan terjadi pada dirimu kalau terus-menerus berkata iya kepada orang lain, pertama kamu akan mengalami stres. Karena ketika hal yang kamu iya-kan terjadi secara berkala atau bahkan terjadi di luar kendali kamu maka hal tersebut akan menjadi beban bagi dirimu sendiri. Masalahmu sendiri saja belum selesai, ditambah lagi beban dari orang lain. Makin banyak deh hal yang harus kamu pikirkan. Kedua, karena kamu selalu berkata Iya'', maka orang lain akan menjadi terlalu bergantung kepadamu karena mereka pikir kamu adalah orang yang tepat sehingga mereka akan terus bersandar padamu bahkan seakan-akan menuntut kamu untuk memenuhi ekspektasi mereka dan yang terakhir kondisi fisik bahkan mentalmu bisa rusak karena kamu menampung beban pikiran yang tidak sesuai dengan kapasitas dirimu. 

Advertisement

Mulai saat ini, belajarlah untuk menghentikan kebiasaan berupaya menyenangkan orang lain. Salah satunya adalah dengan mencoba untuk berkata TIDAK pada hal yang gak sesuai dengan hatimu. Tidak ada yang salah kok dengan menolak karena setiap orang memiliki prioritas. Mulailah untuk melakukan penolakan dengan diawali kata maaf beserta alasanmu yang dapat orang lain terima. Kalau ternyata mereka malah marah artinya mereka bukan orang yang baik untukmu karena mereka tidak bisa menghargai apa yang saat itu sedang menjadi prioritasmu.

Masa kamu mau pilihanmu tidak dihargai orang lain? Kamu harus ingat, ketika kamu merasa sakit, sulit bahkan terluka yang merasakan hal tersebut adalah dirimu sendiri. Maka dari itu, cobalah menghargai dirimu dengan menjalani keputusan yang telah kamu buat tanpa memikirkan perasaan orang lain karena dirimu berhak untuk dihargai dan disayangi dan ingatlah bahwa dirimu berhak untuk bahagia serta diperlakukan secara baik oleh siapapun layaknya seluruh manusia di dunia ini.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

kebanyakan ide kadang bingung mau nulis apa

CLOSE