#AyoKeUK #WTGB #OMGB

Sekilas ketika mendengar tentang Perang Mawar mungkin yang terbersit dibenak adalah dongeng romantis membara penuh intrik antara ksatria gagah berani yang berusaha dengan sekuat tenaga menolong membela kehormatan putri jelita yang tak berdaya dari cengkraman penguasa tirani seperti legenda Sir Lancelot dengan Ratu Guinevere yang telah mendunia, ternyata kisah ini tidak semanis judulnya, namun merupakan kisah sejarah sengit perang saudara yang mendebarkan demi penyatuan wilayah dari beberapa kerajaan yang dikuasai oleh sekutu dua keluarga bangsawan paling kuat serta berpengaruh dari negara yang terkenal dengan julukan "The Black Country" Inggris.

Advertisement

Perang ini terjadi setelah Inggris berperang melawan Prancis seratus tahun kemudian. Kubu yang berseteru adalah Keluarga Bangsawan Lancaster yang menggunakan lambang Mawar merah dengan Keluarga Bangsawan York yang menggunakan lambang Mawar putih sehingga kemudian dijulukin perang mawar (wars of roses).

Masa pertempuran yang sangat panjang dan kelam selama 30 tahun pada tahun 1455-1485 antara kubu keluarga Bangsawan Lancaster dengan kubu Keluarga Bangsawan York yang merupakan keturunan dari Edward III Raja Inggris yang memerintah dari 1327-1377. Perpecahan ini diawali oleh meninggal dunianya putra pertama Raja Edward III yaitu Edward The Black Prince yang merupakan perwaris kerajaan, sehingga saudara kandungnya lainnya saling perang memperebutkan tahta kerjaan. Perselisihan perebutan tahta kekuasaan Inggris dapat diakhiri 30 tahun kemudian dengan pernikahan antara Henry Tudor yang diberi gelar Raja Henry VII cicit John Of Gaunt putra keempat Raja Edward III dari keturunan Keluarga bangsawan Lancaster dengan Elizabeth York putri keturunan dari Raja Edward IV kubu bangsawan York pada tahun 1485.

Henry VII berhasil mengamankan tahta atas kemenangan pihaknya di perang Bosworth dan kemudian mendirikan Dinasti Tudor. Simbol Dinasti Tudor adalah Mawar Tudor yang memiliki kelopak berwarna merah dan putih sebagai lambang persatuan dari keluarga yang berseteru.

Advertisement

Sekarang lokasi terjadinya perang saudara Perang Mawar ini ditetapkan sebagai situs bersejarah serta merupakan salah satu daya tarik bagi pengembara romantis kekinian yang mencintai sejarah dan memiliki jiwa berpetualang sejati menyusuri setiap bangunan yang berupa kastil yang megah dan indah. Ada beberapa kastil yang masih digunakan untuk kegiatan operasional pemerintahan sekarang.

Terbayang serunya berpetualang menjelajah situs perang mawar seperti berada dunia lain yaitu kembali ketika Zaman para Kelurga Bangsawan aristokorat dan para ksatria Inggris hidup berkuasa pada waktu itu, Arsitektur yang bermacam gaya dari aliran gaya Gothic hingga gaya Tudor yang banyak menggunakan bahan kaca yang dianggap barang mewah pada saat itu.

Inilah bebrapa tempat yang wajib dikunjungi bagi penggemar cerita epic perang mawar yang melegenda.

1. Tower Of London

Tower of London ini berada ditepi Sungai Themes kota London, sebagai pusat perhatian dengan bangunan kastil yang tetap terjaga dari Tahun 1066 sampai sekarang, kita seperti tersihir dan mengajak berada di dunia lain ketika berada disini ditambah suara air yang mengalir memberikan suasana tenang dan sejuk. Tower Of Londod didirikan akhir Tahun 1066 oleh William The Conqueror. Tempat ini adalah tempat pembuangan bagi Raja Edward V yang baru berusia 12 tahun dan adik laki-lakinya Raja Richard yang merupakan Anak dari Raja Edward IV dari keluarga York pada tahun 1483 dan ini merupakan tempat terakhir mereka terlihat hidup sehingga kemungkinan mereka dibunuh oleh paman kandung mereka sendiri yaitu Raja Richard III.

2. Westminister Abbey

Gereja Westminister Abbey dibangun kembali pada tahun 1517 di kota London dengan gaya arsitektur gothic dan disini terdapat banyak pemakaman raja-raja Inggris bahkan ada beberapa peti mati yang diletakan berdiri dikarenakan kurang tenpatnya , diantaranya adalah raja Edward III yang merupakan raja luar biasa dari abad ke-14 dan memegang peranan penting terjadinya perang mawar, Raja Henry VII-Raja Tudor Pertama yang merupakan pemenang dari perang mawar dan beserta istrinya Ratu Elizabeth Of York. Sekarang gereja ini masuk kedalam daftar world heritage site UNESCO dan masih aktif dipergunakan untuk acara-acara khusus yang berhubungan dengan keluarga kerajaan seperti acara penobatan atau pernikahan.

3. Leicester Cathedral

Pada Bulan September 2012 diketemukan tulang raja Richard III adalah keturunan dari keluarga York yaitu cicit dari Edmund Duke of York yang terbunuh ketika terjadi perang Bosworth 1458 oleh penggalian arkaelog Leicester.

4. Bamburgh Castle

Salah satu benteng megah yang masih terjaga di Inggris. Benteng ini terletak di pesisir timur laut Inggris tepatnya di desa Bamburgh di kota Northumberland dan berumur kurang lebih 1000 tahun. Benteng ini merupakan rumah tinggal bagi keluarga Percy yang bertugas menjaga keamanan di batas garis scotlandia dan merupakan sekutu untuk keluarga York.

Itulah beberapa tempat yang seru dikunjungi di Ingris untuk penggemar Sejarah dan berjiwa petualang. Yuk kita jelajah tempat-tempat sejarah yang seru dari cerita perang merah atau War of Rosess.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya