Kopi Tempuran, Hidden Coffee Shop yang Berada di Jogja bagian Selatan

Kamu wajib ke sini kalo ke Jogja~

Jika kita membahas tentang Yogyakarta pasti tak akan pernah ada habisnya. Kota yang dianggap sangat istimewa oleh para warganya dan dirasakan pula oleh para wisatawan yang pernah singgah ke tempat ini. Menurut kalian apa yang membuat kota ini menjadi sangat istimewa?

Advertisement

Apakah karena jogja terbuat dari rindu,pulang, dan angkringan? Apa karena kenangan yang ada di setiap sudut  kota ini  mempunyai cerita masing-masing yang sulit untuk dilupakan? Ya, pastinya  kita mempunyai argument maupun  pandangan masing-masing yang membuat kota ini menjadi sangat istimewa. Selain dikenal dengan Kota Istimewa, Yogyakarta juga dikenal juga sebagai Kota Pelajar atau Kota Romantis.

Jogja diibaratkan sebuah magnet penggoda yang pandai dalam memikat hati dan membuat siapa saja jatuh cinta saat berkunjung di sini. Keragaman seni budaya, keramahan serta keserdehanaan para warganya yang  membuat banyak orang  menjadikan jogja alasan untuk terus kembali ke kota ini. Bicara mengenai tempat nongkrong yang ada di Jogja, pasti  yang terlintas di pikiran kita tidak jauh dari kata malioboro, tugu jogja, 0 km, dan sekitarnya. Apalagi pada zaman sekarang tempat nongkrong yang berbasis coffee shop telah banyak hadir di sini.

Di Jogja sendiri telah banyak berkembang coffee shop dengan berbagai macam konsep, entah menggunakan konsep minimalis, vintage, maupun natural. Bagi kalian khususnya para penikmat kopi  yang sedang membutuhkan tempat untuk sekadar bercengkrama maupun berdiskusi bersama teman, keluarga, atau pasangan namun ingin merasakan sensasi ditengah alam dikelilingi pepohonan yang sejuk nan asri?

Advertisement

Kalian dapat mencoba untuk mengunjungi salah satu  coffee shop yang berlokasi di Jogja bagian selatan, yaitu Kopi Tempuran. Coffee shop ini saya beri istilah “Hidden coffee shop”,  karena letaknya bisa dibilang  tersembunyi di area taman  desa, namun  masih dekat dengan area pemungkiman warga. Selain itu, coffee shop ini  juga masih  terbilang baru di Jogja.            

Berlokasi di JL. Plantaran No.9, Sembungan, Bangunjiwo, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184, coffee shop ini memiliki lokasi yang cukup menarik, karena dikelilingi oleh pepohonan dan tidak jauh dari pabrik gula madukismo. Berjarak 16 km dari pusat Kota Jogja dan memerluhkan waktu kurang lebih 30 menit untuk sampai ke tempat ini, Kopi Tempuran bisa kalian jadikan referensi untuk menikmati kopi di coffee shop yang jauh dari hiruk pikuk  keramaian kota.            

Setibanya kalian di JL. Plantaran, Sembungan , mungkin kalian akan dibuat binggung ketika berada disini. Sebab kalian akan berfikir bahwa seolah-olah kalian sedang tersesat di tengah hutan ditambah akses jalan yang tersedia hanya  cukup untuk 1 mobil saja. Santai, jangan berfikir bahwa kalian salah jalan, karena  jalan untuk menuju ke Kopi Tempuran memang melewati deretan pepohonan, layaknya seperti berada di tengah hutan. Jadi santai saja kawan, jalani saja perjalanan sambil menikmati suasana alam yang asri nan sejuk ini.            

Setelah kurang lebih 5 menit berjalan lurus melewati deretan pepohonan seperti di tengah hutan tadi, kalian akan melihat bangunan unik berbentuk piramid yang di dominasi oleh kaca. Setelah melihat bangunan yang berciri khas seperti diatas, itu tandanya kalian sudah sampai di depan Kopi Tempuran. Bangunan tersebut juga menjadi icon dari Kopi Tempuran yang biasa dijadikan spot foto oleh para pengunjung. Kemudian saat sampai di depan icon coffee shop ini, kalian  akan diarahkan parkir oleh tukang parkir.

Saat masuk ke dalam  bangunan tersebut, kita akan diperlihatkan secara langsung  proses peracikan   kopi oleh para barista dan satu barista yang selalu stand by melayani pesanan kalian. Berbagai varian menu coffee tersedia di sini seperti americano, espresso, cappuccino, vanilalatte, es susu berkopi, dan sebagainya. Jika kalian tidak terlalu menyukai  kopi, atau sedang tidak ingin meminum kopi, tenang saja karena di sini juga tersedia menu non coffee, seperti lychee tea, taro, red velvet, dan lain-lainnya. Untuk harga minuman dan makanan kecil yang ditawarkan di sini cukup standart, sama seperti coffee shop pada umumnya sekitar 10 ribu sampai 70 ribu.            

Untuk suasana di Kopi Tempuran ini bisa dibilang cukup tenang, sebab para pengunjung di tempat ini juga tidak terlalu berisik. Selain itu view yang ditawarkan berupa sungai, kicauan burung, dan pepohonan yang asri juga cukup menenangkan dan menyejukan hati. Selain itu, di tempat ini juga bisa di jadikan tempat hunting foto, karena terdapat berbagai sudut yang menarik untuk mengabadikan foto di sini.

Namun sayangnya, di tempat ini belum menyediakan fasilitas wifi. Entah belum dipasang atau memang sengaja, pasti selalu ada alasan mengenai hal tersebut. Mungkin kita diajarkan untuk benar-benar menikmati suasana alam sambil bercengkrama dengan teman atau keluarga kita di sini. Oh iya, bagi kalian yang hendak mengunjungi tempat ini, Kopi Tempuran buka setiap hari pukul 09.00 – 18.00 WIB. Untuk info lebih lanjut kalian dapat melihat akun media sosial Kopi Tempuran di Instagram dengan mengetik @kopitempuran.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE