Kunci Sukses nan Sederhana dari Bapak Hadi ‘Zianturi Guitar’

Jangan sampai harta kekayaan itu jadi patokan buat kalian, ucap Bapak Hadi.

Zianturi Guitar merupakan suatu usaha yang didirikan oleh Bapak Sri Hadi Waluyo sejak tahun 1993. Usaha ini menyediakan jasa pembuatan gitar custom sesuai dengan keinginan pelanggannya. Zianturi Guitar telah dikenal cukup luas bahkan sampai ke mancanegara.

Advertisement

Zianturi Guitar terletak di jalan Tasura 8, Maguwoharjo, Ring Road Utara, Sleman, Yogyakarta, telah berdiri hampir sekitar 25 tahun lamanya. Dimulai dari tahun 1993 saat Bapak Sri Hadi Waluyo berani untuk meninggalkan pekerjaannya di Jakarta dan membangun Zuianturi Gitar. Bapak Hadi beralasan bahwa dia mendapatkan kesenangan/ kepuasan saat berhasil menciptakan satu alat musik gitar yang terbaik baginya untuk kesenangan dan kepuasan pelanggan. Dari situlah latar belakang bagaimana Bapak Hadi memilih untuk memulai usahanya dalam jasa pembuatan gitar custom.

Pada awalnya ketika saya secara langsung menginjakan kaki di Zianturi Guitar, saya merasa bingung. Sekilas terlihat tidak ada yang spesial dari tempat tersebut. Tetapi pemikiran saya tersebut berubah ketika menemui sang pemilik, Bapak Hadi. Sang owner, Bapak Hadi merupakan orang yang sangat ramah terhadap semua pengunjung yang dijumpai-nya. Setelah berbincang-bincang banyak hal, ternyata sosok Bapak Hadi sendirilah yang menjadi salah satu faktor mengapa Zianturi Guitar merupakan tempat yang spesial.

Ketika anda pertama kali mengunjungi Ziaturi Guitar, anda pasti berfikir tempat tersebut biasa saja, tetapi ketika sudah melihat beberapa karya yang dibuat oleh Bapak Hadi, anda pasti tidak percaya bahwa sudah ribuan karya yang Zianturi Guitar hasilkan untuk para pelanggannya.

Advertisement

Saat berada disana, sudah ada 3 orang dari luar daerah yang rela pergi jauh ke Yogyakarta hanya untuk memesan langsung ke Bapak Hadi. Sebagian dari pembeli yang datang tersebut merupakan pelanggan yang sebelumnya sudah pernah membuat gitar di Zianturi Guitar, dan mereka berkata bahwa produk yang diciptakan olah Bapak Hadi sangat baik.

Bapak Hadi berkata bahwa semua pesanan gitar dalam bentuk dan jenis apapun adalah handmade, atau dibuat dengan tangan sendiri dari mulai bridge, nut, neck, dan body. Oleh karena itu, produk gitar yang dihasilkan oleh Bapak Hadi tidak diragukan lagi kualitasnya, apalagi Bapak Hadi sendiri sudah membuat gitar selama 25 tahun dengan tangannya sendiri.

Advertisement

Bukan hanya dari kualitas produk yang diciptakannya, tetapi juga penawaran yang ditawarkan oleh Bapak Hadi kepada pelanggannya. Salah satunya adalah garansi seumur hidup jika telah membuat satu gitar di Zianturi Guitar. Hal itu membuktikan bahwa kepercayaan diri yang dimiliki Bapak Hadi atas produk yang dihasilkan oleh tangannya sendiri.

Sekian banyak cerita, akhirnya saya bertanya kepada Bapak Hadi; apa sebenarnya kunci sukses beliau? "Bekerja dengan nyaman. Itu sukses menurut saya. Sering kali kita mencari pekerjaan dengan penghasilan yang besar, tetapi jika kita tidak suka, atau merasa tidak nyaman dengan pekerjaan tersebut, untuk apa?", jawab Bapak Hadi dengan santai.

Bapak Hadi berkata bahwa dengan menekuni pekerjaan sesuai dengan hobi, terkadang beliau merasa kebutuhan hidupnya telah tercukupi. 

"Kepuasan itu ketika saya bisa menghasilkan satu alat musik gitar dengan baik.", kata beliau.

Lalu apa harapan Bapak Hadi untuk orang-orang diluar sana, khususnya anak-anak muda yang masih labil mengenai masalah pekerjaan? Bapak Hadi berharap agar anak-anak muda dapat bekerja dengan passion yang mereka miliki, dan menemukan sukses sesuai dengan apa yang mereka yakini. "Jangan sampai harta kekayaan itu jadi patokan buat kalian", ucap Bapak Hadi.

Untuk menjadi sukses seperti Bapak Hadi 'Zianturi Guitar' merupakan jalan beliau sendiri, harta kekayaan juga bukan merupakan patokan beliau dalam menggapai sukses. Tetapi yang dapat menjadi contoh adalah bagaimana semangat dan kegigihan Bapak Hadi, serta membangun kepercayaan para pelanggan selama 25 tahun lamanya bukan hal yang dapat ditiru semua orang.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE