Liburan semester anak kuliahan cukup panjang, bukan? Nah, pasti pada bingung kan mau ngapain aja sih selama liburan berlangsung. Kelompok mahasiswa yang satu ini bisa jadi contoh nih! 8 mahasiswa yang berasal dari Universitas Lampung yang tergabung dalam organisasi bernama AIESEC, memanfaatkan liburan mereka untuk hal yang jarang dilakukan oleh mahasiswa lainnya.


Pentingnya minum air putih untuk menjaga kesehatan ginjal adalah tema yang mereka angkat untuk disosialisasikan kepada masyarakat.


Advertisement

Karena dewasa ini, ternyata masih banyak masyarakat yang kurang paham akan pentingnya menjaga kesehatan ginjal, dan kurang memperhatikan seberapa banyak mereka wajib mengkonsumsi air putih setiap harinya untuk menjaga kesehatan ginjal itu sendiri. Berawal dari rasa prihatin akan kurangnya kesadaran masyarakat untuk minm air putih bagi kesehatan ginjal inilah yang membangun organisasi AIESEC yang juga ikut mendukung di 17 program berkelanjutan PBB yang salah satunya berfokus dikesehatan, maka terbentuk suatu project bersama yang bernama Hometown Project 2018 sebagai bentuk dukungan terhadap Hari Ginjal Sedunia atau World Kidney Day yang jatuh pada tanggal 8 Maret setiap tahunnya.

Project ini serentak diadakan di 11 Provinsi di Indonesia dengan durasi Januari-Maret 2018. Di Lampung itu sendiri, kegiatan ini diberi nama Kindneys Lampung Project. Dari Kindneys Lampung Project inilah bersama-sama kita berusaha membangun kesadaran masyarakat itu. Kindneys Lampung Project ini juga ikut disponsori oleh salah satu perusahaan air mineral. Dimulai dari tanggal 29 Februari 2018 – 11 Maret 2018, yang tersebar di 4 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Lampung, diantaranya Kabupaten Lampung Tengah, Kota Metro, Kabupaten Lampung Selatan, dan Kota Bandar Lampung. 12 sekolah dan 5 panti asuhan menjadi tempat mereka mensosialisasikan project kesehatan ini.

Di sekolah-sekolah tersebut tidak hanya pembagian materi, games, tetapi juga pembagian air mineral gratis sebagai bentuk dukungan dalam menjaga kesehatan ginjal. Selain itu, mereka juga akan mensosialisasikan project ini di sebuah pulau kecil yang ada di Kabupaten Pesawaran, Pulau Tegal. Lalu diakhir project akan ada main event, yaitu Kindneys Movement Walk yang akan dilaksanakan pada 11 Maret 2018, di Car Free Day Tugu Adipura, Bandar Lampung. Pada main event tersebut, akan diadakan senam bersama, cek kesehatan, tanya-jawab seputar kesehatan ginjal dan cara menjaganya juga tak lupa pembagian air mineral gratis sebagai bentuk apresiasi akan antusiasme masyarakat.

Advertisement

Diharapkan kedepannya berawal dari Kindneys Lampung Project ini akan memberikan dampak yang baik bagi masyarakat serta membangun kesadaran bahwa ginjal adalah organ penting yang harus kita jaga dengan baik cukup dengan satu langkah kecil namun berdampak besar yaitu minur air yang cukup.


Jadi, untuk ikut menjaga kesehatan ginjalmu, sudahkah kamu minum air yang cukup hari ini?


Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya