Hanya dalam hitungan hari dan jam, 2018 akan segera beranjak pergi. Jika kita renungi bersama pasti akan hadir perasaan kecewa ketika tahun ini mulai beranjak pergi dan kita masih hanya dalam pijakan yang sama dengan tahun-tahun kemarin.

JIka bisa kita mundur ke belakang pasti akan ada banyak hal yang perlu kita perbaiki. Akan tetapi apalah daya nasi sudah menjadi bubur. Segala sesuatu yang sudah berlalu tak akan bisa mengubah keadaan, jika rasa ini masih menyelimuti diri kita, maka yang kita butuhkan saat ini adalah sebuah resolusi untuk menjadikan tahun 2019 menjadi lebih baik.

Advertisement

Lalu bagaimana caranya? Berikut ini beberapa tips untuk anda yang ingin membangun resolusi yang bukan sekedara angan-angan.

1. Tekadkan Niatmu

Segala sesuatu yang tidak dilandasi dengan niat pasti tidak akan pernah sempurna. Karena niat adalh faktor terpenting yang bisa mendukung perubahan diri anda untuk menjadi yang lebih baik dari sebelumnya.

Kesuksesan seseorang itu bagaikan gunung es, di mana bagian yang nampak hanyalah puncaknya saja, coba lihatlah bagian-bagian kompleksnya yang tertutup oleh air. Tanamkan tekad ini dalam diri anda, bahwa tidak ada masalah yang tidak memiliki solusi, asalakan kita mau berkomitmen dan berusaha untuk berubah.

Advertisement

Dan buatlah target yang besar ukurannya bukan yang kecil-kecilan, karena jika anda membuat target yang besar, maka anda juga akan memberikan usaha yang besar juga untuk mencapai target tersebut.

Lalu, jika anda tidak berhasil mencapai target tersebut, maka pasti hasilnya juga tidak akan jauh dari target anda. Semisal anda membuat target penghasilan bulanan 50jt, maka anda akan termotivasi untuk memberikan usaha yang besar, tentunya dari usaha tersebut tidak akan jauh dari target yang anda tentukan.

2. Tinggalkan Kebiasaan Buruk

Penghambat terbesar dalam diri kita saat memulai perubahan adalah kebiasaan-kebiasaan yang masih kita pelihara hingga detik ini. Memang tidaklah mudah meninggal kan kebiasaan buruk yang menjadi rutinitas kita setiap harinya.

Tapi cobalah untuk meninggalkan kebiasaan buruk tersebut, isi kesibukkan dan sela-sela kegiatan anda dengan hal-hal yang positif. Ingat, jika kita tidak disibukkan dengan hal-hal yang positif maka di situlah kita akan mencari celah untuk melakukan hal-hal negatif.

3. Fokus Pada Target yang sudah Anda Buat

Anda pernah merasakan kehilangan arah tujuan saat pertengahan jalan karena melihat pilihan lain yang lebih baik? Inilah salah satu hal yang sering saya alami dan mungkin juga sering dialami kalian juga. Untuk mencegah masalah ini saya mengajak terutama untuk saya sendiri dan kalian semua para audience untuk fokus terhadap target yang sudah anda rancang.

Jangan pernah membandingkan kemampuan diri kita dengan orang lain, karena setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Dan jika anda mulai kehilangan arah renungkanlah mimpi-mimpi anda yang belum terwujud dan bagai mana cara mewujudkan mimpi-mimpi tersebut.

Cobalah setiap sebelum tidur renungi hari tersbut apa saja yang sudah anda kerjakan, apakah sudah bisa bermanfaat untuk keluarga dan orang lain atau malah menyusahkan dan buatlah target untuk keesokan harinya.

4. Kegagalan Adalah Sebuah Proses

Terakhir jika anda gagal cobalah berterimakasih pada diri anda sendiri karena anda adalah sebagian kecil dari orang yang telah berani mencoba. Lalu di mana sebagian besarnya? Sebagian besarnya adalah orang yang sedang mengangan-angankan masa depan akan tetapi tidak berani mencoba sesuatu hal yang baru.

Ingatlah tidak ada hasil yang mengkhianati sebuah usaha, jadi tetap semangat jangan pernah menyerah terhadap tujuan-tujuan anda, salam lintar.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya