Pernah nggak sih di sepanjang hidup yang kamu jalani saat ini kamu ngerasain kecewa atau begitu ingin menyerah? Pasti kamu bakal jawab pernah. Ya, tak ada yang sempurna di dunia ini, termasuk usaha dan mimpi yang kita punya. Begitu juga dengan diriku, aku pun pernah merasakan hal-hal yang sungguh membuat hatiku terasa amat terpuruk. Namun saat itu aku yakin bahwa semua ujian harus sanggup aku atasi.

Karena Allah teramat tau sampai dimana batas kemampuanyang dimiliki hamba-Nya. Kecewa, gagal, ingin menyerah, gelisah, harapan yang tak pernah sejalan dengan kenyataan adalah suatu hal yang lumrah dalam kehidupan yang kita jalani saat ini. Tapi, ketika semua beban atau pun masalah itu datang. Seharusnya hal pertama yang dapat kita lakukan adalah menginstropeksi diri sendiri.

Advertisement

Mencoba menyelami waktu yang telah berlalu. Mengingat kembali sudah sejauh mana ujian yang sudah berhasil kita lewati. Dan kini yang harus kita pertanyakan pada diri kita sendiri ialah sudah seberapa juah kita bersungguh-sungguh dalam mengerjakan hal yang ingin kita capai? Sudahkah kita menyusun rencana hidup kita ke depan dengan sebaik-baiknya?

Siapa saja orang-orang yang sudah kita bantu untuk sama-sama berjuang untuk mencapai kesuksesan? Atau sudah seberapa banyak doa yang kamu panjatkan kepada Sang Maha Pencipta melalui sujud beserta ikhtiar dan keikhlasanmu dalam menjalankan kewajiban sebagai makhluk Allah?

Setiap usaha harus berprogres, tapi semua butuh proses. Tidak ada yang instan. Tidak boleh bermalas-malasan dan tidak boleh menyerah pada keadaan. Meski semua yang dilalui dan diinginkan tak pernah ada yang langsung menjadi kenyataan. Semua butuh proses yang tentunya membutuhkan kesabaran, tawakal dan doa yang tak boleh kamu abaikan.

Advertisement

Memang tak semua mimpi dan asa yang kau punya dapat berjalan dan terwujud sebagaimana yang kau harapkan. Namun, dibalik semua itu ada satu alasan yang seharusnya membuatmu tetap semangat untuk memperjuangkan mimpimu, yaitu ada orang-orang terdekatmu yang selalu menginginkan kesuksesanmu. Jangan pernah menyerah hanya karena satu dari seribu mimpimu belum mampu tuk kau wujudkan.

Tapi, berjuanglah sampai kamu mengerti bahwa tak ada perjuanganmu yang sia-sia di mata Allah. Tetaplah rendah hati jikalau nanti pencapaianmu sudah tinggi. Teruslah berdoa, karena doamu adalah senjata terbesar di dalam kehidupanmu.

Maafkan dirimu atas semua kelalaian ataupun kemalasanmu di masa lalu. Ikhlaslah dan slalu lakukan yang terbaik. Berbahagialah. Karena bahagia itu, kita sendiri yang menentukan. Dengan kamu berbahagia maka itu adalah salah satu cara kamu bersyukur atas semua nikmat yang telah Allah berikan kepadamu.

Tetaplah menjadi baik tanpa mementingkan penghargaan dan pujian dari orang lain. Ingatlah, sekuat dan sehebat apapun rencana yang akan kamu bangun, jika tak melibatkan Allah di dalam sekecil apapun masalahmu. Maka semua yang kamu lakukan takkan bermakna kebaikan di dalamnya. Manusia Boleh Berencana, tapi Allahlah yang akan mengatur jalannya serta memberikan ridho atas setiap usaha yang telah kamu jalani.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya