Bagaimana Cara Menciptakan Work Life Balance? Yuk, Simak Tips Ini!

Karena hidup dan pekerjaan memang harus seimbang

Work life balance merupakan suatu kondisi dimana terdapat keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan sehari-hari. Perilaku ini penting untuk diterapkan karena apabila tidak terciptanya work life balance dengan baik akan dapat berdampak pada masalah kesehatan mental maupun penurunan performa dalam bekerja.

Advertisement

Nah, apabila kamu ingin menerapkan work life balance, kamu bisa memulainya nih dengan mencari pekerjaan yang tidak membebanimu. Pilihlah perusahaan yang menawarkan benefit berupa jam kerja fleksibel dalam seharinya. Dengan begitu, kamu dapat melakukan aktivitas di luar pekerjaanmu.

Namun, kalau pekerjaanmu menuntut waktu yang lama, kamu harus bisa mengatur waktu yang ada sedemikian rupa supaya terdapat keseimbangan antara hidup dan pekerjaanmu. Bekerjalah dengan menentukan prioritas dan memilah pekerjaan yang sekiranya harus dikerjakan dengan segera.

Selain itu, penting juga bagi kamu untuk berkata 'tidak' kepada orang lain. Jangan sesekali ragu untuk mengatakan hal tersebut karena kamu harus mementingkan keadaan serta situasi kamu sendiri terlebih dahulu. Selalu ingat bahwa prioritas utama adalah pekerjaan dan dirimu sendiri, ya!

Advertisement

Meskipun begitu, kamu tetap bisa kok membantu orang lain. Namun dengan catatan bantulah ketika seluruh kegiatanmu sudah terselesaikan. Intinya, jangan sampai mengganggu jika tidak ingin keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupanmu terbengkalai.

Pekerjaan padat yang kamu lakukan sehari-hari tentu akan menguras waktu, tenaga, maupun mental. Selain itu, tidak terciptanya work life balance juga dapat menyebabkan stres kronis lho. Oleh karena itu, untuk menyeimbangkannya, diperlukan perilaku hidup sehat seperti olahraga teratur serta mengkonsumsi makanan yang bergizi. Luangkanlah beberapa waktu untuk berolahraga ringan agar dapat menjaga fisikmu dengan baik.

Mengutip dari Business Daily, penerapan work life balance juga dapat memiliki efek positif lain seperti perasaan sejahtera yang lebih ebsar. Perasaan sejahtera ini akan tercipta tentu dengan pola hidup serta pekerjaan yang sehat dan seimbang. Hal ini tidak akan kamu dapatkan apabila jumlah waktu bekerjamu dalam sehari memakan waktu yang cukup lama. Terlebih jika time managementmu tidak berjalan dengan baik.

Karenanya, kamu dapat memilih opsi bekerja dengan jenis pekerja lepas atau freelance. Pekerjaan ini merupakan satu yang banyak diminati oleh seseorang yang berkarir. Dikarenakan jam kerja serta waktu yang lebih fleksibel, membuat kita akan jauh lebih mampu mengatur keseimbangan antara kehidupan dengan pekerjaan. Selain itu, sesuai namanya, freelance juga tidak bersinggungan pada kepentingan maupun ikatan apapun. Dengan begitu, cara yang satu ini bisa jadi alternatif untuk kamu terapkan ya!

Menjaga keseimbangan antara hidup dan pekerjaan atau work life balance merupakan hal yang sangat penting untuk kita terapkan. Terlebih, bagi kita yang memiliki aktivitas padat dalam keseharian. Nah, beberapa tips di atas serta cara melakukannya bisa kamu terapkan ya, demi terciptanya work life balancing yang efektif. Terlebih, dengan adanya hal itu fisik dan mental kita pun akan terjaga dengan baik dan secara tidak langsung akan mampu meningkatkan produktivitas dalam bekerja.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

a full-time learner who loves public relations and media studies.

CLOSE