Mengenal Prinsip Kaizen, Cara Mudah Untuk Melawan Rasa Malas

Prinsip ini juga sering disebut prinsip 1 menit

Anda adalah golongan orang-orang yang sering sekali bermasalah dengan rasa malas, atau sifat suka menunda-nunda sesuatu? Tenang, saya memiliki jalan keluarnya. Jalan keluarnya yaitu anda harus berkenalan dulu dengan sebuah prinsip asal negara Jepang, yaitu prinsip kaizen. Prinsip ini dapat membantu anda untuk mengatasi rasa malas anda apabila ingin melakukan suatu pekerjaan.

Advertisement

Prinsip Kaizen atau juga sering dikenal sebagai prinsip satu menit. Prinsip ini untuk melatih seseorang melakukan suatu pekerjaan dalam satu menit setiap harinya secara berkelanjutan. Karena prinsip ini cukup sederhana, cocok bagi kalian yang masih suka malas-malasan agar bisa mulai melakukan kegiatan yang postif. Karena sederhananya prinsip ini, kalian dapat terapkan untuk berbagai macam kegiatan. Seperti membaca, belajar, mengerjakan tugas atau yang lainnya. Tapi hal tersebut harus dilakukan dengan konsisten dan berkelanjutan ya agar membentuk sebuah kebiasaan.

Tapi mungkin terdengar tidak efektif karena hanya satu menit saja, iya kan? Pada kenyataanya justru satu menit itu lah yang menjadikan prinsip ini efektif. Kuncinya disini adalah untuk membentuk kebiasaan terlebih dahulu, dengan melakukan suatu pekerjaan secara konsisten selama satu menit setiap hari maka hal tersebut akan menjadi sebuah kebiasaan. Apabila hal tersebut sudah menjadi sebuah kebiasaan, akan lebih mudah untuk kita meningkatkan durasi melakukan hal tersebut. Apabila kita sudah terbiasa melakukan suatu pekerjaan selama satu menit, kita dapat menambah durasinya manjadi lima menit, sepuluh menit, dan seterusnya tanpa terlalu kesusahan.

Durasi satu menit ini juga memiliki alasan loh. Hal tersebut dikarenakan apabila kita ingin mengerjakan sesuatu pekerjaan selama satu menit, kita akan menganggap hal tersebut sangat mudah, sehingga kita tidak malas untuk mengerjakannya. Setelah kita menganggap hal yang ingin dilakukan mudah, kita akan mengulanginya terus – menerus dan terbentuklah sebuah kebiasaan.

Contoh dari prinsip ini adalah, saya ingin membangun kebiasaan untuk membaca buku. Hal tersebut akan berat karena saya tidak terbiasa untuk membaca buku. Agar lebih mudah saya membaca buku hanya satu menit setiap harinya. Nantinya membaca akan menjadi sebuah kebiasaan bagi saya. Apabila sudah menjadi kebiasaan saya bisa menambah durasi membaca saya lebih dari satu menit lagi.

Begitulah cara kerja prinsip kaizen atau prinsip satu menit. Kalian bisa mencoba cara ini untuk melawan rasa malas kalian dan untuk membentuk sebuah kebiasaan yang positif. Selamat mencoba~

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Halo saya adrial akbar. Selamat membaca ~

CLOSE