Pagi hari adalah waktu yang tepat dan sangat tepat jika kamu gunakan untuk berolahraga menambah stamina dan menjaga kesehatan tubuh anda. Pagi hari adalah suasana yang sejuk, dingin, di mana udara segar juga sangat memenuhi lingkungan yang menambah semangatnya pagi dan berolahraga. Namun sayangnya, beberapa tempat telah dirusak dengan polusi udara yang justru mengganggu kesehatan mereka yang sedang melakukan olahraga.

Beberapa lokasi di tempat saya tinggal, hampir dua sampai tiga kali dalam seminggu udara pagi menjadi udara yang sangat buruk yang malah menjadikan kesehatan para mereka yang berolahraga menjadi sia-sia. Seperti yang kita ketahui, pembakaran sampah sebenarnya adalah niat yang baik untuk membersihkan lingkungan dan membuat terlihat rapi, namun mereka yang melakukan pembakaran mungkin tidak menyadari bahwa melakukan pembakaran menghasilkan CO2.

Advertisement

CO2, atau yang dikenal dengan karbondioksida adalah zat asam arang adalah sejenis senyawa kimia yang terdiri dari dua atom oksigen yang terikat secara kovalen dengan sebuah atom karbon. Dampak dari karbondioksida jika dihirup oleh tubuh dengan berlebihan akan mengakibatkan sesak napas, dan berkurangnya kadar O2 yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Dengan melakukan pembakaran sampah, sebenarnya olahraga yang telah dilakukan menjadi sia-sia dikarenakan ketika kita berolahraga, maka kita akan melakukan penghirupan lebih banyak dari biasanya karena kelelahan berolahraga, namun karena polusi udara yang diakibatkan oleh pembakaran, akan memenuhi CO2 lebih banyak di dalam tubuh kita.

Namun, hingga saat ini saya belum menemukan masyarakat yang mampu untuk menegur ataupun menjelaskan kepada pihak yang melakukan pembakaran di pagi hari akan bahayanya dampak tersebut bagi mereka yang berolahraga dan membuat kegiatan olahraga yang mereka lakukan menjadi sisa-sisa dan tidak membuahkan hasil.

Advertisement

Bagi kita yang menyukai olahraga dan menemukan hal ini, biarlah kiranya kita mampu untuk melakukan perubahan sehingga tidak dilakukannya lagi pembakaran pada pagi hari dikarenakan udara segar yang seharusnya kita nikmati. Ada baiknya dilakukan pembakaran jika memang sangat perlu, dapat dilakukan pada sore hari. Bisa juga dilakukan penimbunan sampah untuk lebih mengurangi polusi dan mempersubur tanah, bagi beberapa bahan yang memang baiknya untuk ditimbun.

Semoga saja pengalaman ini bisa terbagi untuk yang membaca dan juga yang lainnya. Kiranya bacaan ini bisa berguna dan mengubah keadaan. Mari kita pertahankan olahraga saat pagi. Mari kita lindungi suasana udara sejuk pagi hari.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya