Internet of Thing (IoT) adalah sebuah konsep dimana suatu objek yang memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke computer.

IoT sendiri merupakan salah satu teknologi yang saat ini sedang dalam proses perkembangan, hal ini dikarenakan IoT sendiri banyak menerapkan metode metode dalan teknologi yang saat ini teknologi itu sendiri masih dalam proses perkembangan. Akibatnya perkembangan IoT sendiri harus terus bergantung pada teknologi teknologi yang sedang berkembang, contohnya ialah ketergantungan IoT terhadap Data Mining, Kecerdasan Buatan, Big Data, Mesin Learning dsb.

Advertisement

Bagaimana IOT bekerja

Ekosistem IoT terdiri dari perangkat pintar berkemampuan web yang menggunakan prosesor tertanam, sensor, dan perangkat keras komunikasi untuk mengumpulkan, mengirim, dan bertindak atas data yang mereka peroleh dari lingkungan mereka. Perangkat IoT berbagi data sensor yang mereka kumpulkan dengan menghubungkan ke gateway IoT atau perangkat tepi lainnya tempat data dikirim ke cloud untuk dianalisis atau dianalisis secara lokal. Terkadang, perangkat ini berkomunikasi dengan perangkat terkait lainnya dan bertindak berdasarkan informasi yang mereka dapatkan dari satu sama lain. Perangkat melakukan sebagian besar pekerjaan tanpa campur tangan manusia, meskipun orang dapat berinteraksi dengan perangkat – misalnya, untuk mengaturnya, memberi mereka instruksi atau mengakses data.

Konektivitas, jaringan dan protokol komunikasi yang digunakan dengan perangkat yang mendukung web ini sangat tergantung pada aplikasi IoT spesifik yang digunakan.

Advertisement

Manfaat IOT

Internet of things menawarkan sejumlah manfaat bagi organisasi, memungkinkan mereka untuk:


  • memantau keseluruhan proses bisnis

  • meningkatkan pengalaman pelanggan

  • menghemat waktu dan uang

  • meningkatkan produktivitas karyawan

  • mengintegrasikan dan mengadaptasi model bisnis

  • membuat keputusan bisnis yang lebih baik dan

  • menghasilkan lebih banyak pendapatan.

IoT mendorong perusahaan untuk memikirkan kembali cara mereka mendekati bisnis, industri, dan pasar mereka dan memberi mereka alat untuk meningkatkan strategi bisnis.

Contoh perkembangan IoT yang saat ini telah diimplementasikan ialah :

- CI Agriculture (pengolahan lahan pertanian)

- Sistem Peringatan Bahaya

- Pesawat Tanpa Awak dsb

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya