#MimpiMasaMuda-Tidur Lebih Awal, Bangun Lebih Pagi, Kunci Disiplin Diri yang Membutuhkan Komitmen Tinggi

Kebiasaan yang baik datang dari hal sederhana. Misalnya dari pola jam tidur kita.

Di era serba instan, fasilitas serba modern, beragam alat yang bisa membantu aktivitas manusia, menjadikan sebagian dari kita terkadang lupa telah dimanja dengan sesuatu yang membuat kita malas untuk mengerjakan dengan tenaga kita sendiri.

Advertisement

Misalnya saja, dahulu membeli cabai atau minyak ke warung cukup dengan berjalan kaki saja. Tapi berjalannya waktu, jarak dekat pun kita harus memakai motor dengan dalih biar lebih cepat saja.

Padahal salah satu ciri orang-orang zaman dulu yang masih kelihatan bugar sampai tua pun karena mereka selalu suka kemana saja dengan berjalan kaki.

Demikian dengan apa yang ingin saya sharing-kan keteman-teman melalui artikel ini. Dulu saya tidak pernah terpikirkan dengan suatu kalimat yang mengatakan: Tidur lebih awal dan bangun lebih pagi, bisa saya lakukan. Tapi sayangnya, saya masih belum bisa rajin untuk melakukannya.

Advertisement

Meski begitu dari pengalaman saya yang memang tidak sebegitu rajin bangun pagi-pagi sekali, ada hal yang memang saya rasakan perbedaannya ketika suatu hari saya melakukannya. Saya bisa berjalan kaki, seraya menghirup udara pagi di lingkungan sekitar rumah saya. Bisa membantu ibu meskipun hanya menyapu halaman karena dikejar waktu berangkat kerja juga. Ada manfaat sendiri yang bisa saya rasakan. Badan terasa lebih nyaman dan sewaktu kerja pun bisa lebih konsentrasi karena rasa kantuk pun tidak mengganggu.

Begitupun juga saat saya belajar mencoba untuk tidur lebih awal. Karena biasanya saya selalu tidur di atas jam 10 malam. Seingat saya, setengah 10 malam saya mencoba untuk membuat diri saya tidur dengan meletakkan ponsel saya. Setelah berdoa saya mencoba memejamkan mata dan meletakkan semua rasa lelah di atas pembaringan saya.

Advertisement

Efeknya ternyata sangat berbeda. Biasanya tidur hanya 5 jam atau bisa dibilang kurang dari 5 jam, kini terasa lebih dari itu. Bangun pun badan bisa lebih enak karena tidak kesiangan.

Hanya saja, itu tidak bisa berjalan lama. Pola tidur saya pun kembali lagi. Tidur pun kadang masih di atas jam 10 malam. Bangun pagi pun tidak sepagi saat saya belajar bangun pagi dan bisa berkeliling di lingkungan rumah. Tapi, mulai saat itu sampai sekarang meskipun tidak ada waktu olahraga di rumah, saya belajar berkomitmen untuk senam sekitar 30 menitan di tempat kerja saya, setidaknya di sela-sela pekerjaan saya meskipun dengan gerakan yang sederhana. Namun setidakanya bisa membuat badan saya bisa lebih gerak dan relaks.

Ternyata, untuk sesuatu yang sederhana saja sangat sulit ternyata kalau tidak diimbangi dengan komitmen dari diri sendiri. Padahal jika bisa tidur lebih awal dan bangun lebih pagi, kita bisa memaksimalkan waktu di pagi hari juga bisa datang ke tempat kerja, sekolah tepat waktu tanpa terburu-buru. Bahkan bisa melakukan aktivitas lain yang bisa menambah kesehatan diri kita misalnya olahraga secara rutin setiap pagi.

Berolahraga rutin juga bisa membantu kita mengatasi Anemia, loh. Tapi juga diimbangi dengan nutrisi yang baik juga mengkonsumsi Tablet Tambah Darah (TTD) seminggu sekali, terlebih untuk wanita. Supaya hasilnya optimal, hindari mengkonsumsi teh, kopi, dan susu dalam rentang waktu 2 jam sebelum dan 2 jam sesudah minum TTD. Karena minuman-minuman tersebut membuat zat besi yang terserap oleh tubuh tidak bisa maksimal. Bersyukurnya, melalui #HipweexNI ini menyadarkan saya juga kita semua untuk selalu menjaga kesehatan kita terlebih asupan nutrisi makanan yang kita konsumsi setiap hari.

Dengan tubuh yang sehat, tidak mudah lelah, membuat konsentrasi juga bisa bertambah. Untuk itulah kenapa ini sangat penting bagi saya pribadi. Karena untuk mengerjakan tulisan, saya perlu membutuhkkan fokus juga kondisi tubuh yang mendukung. Apalagi waktu pagi hari sangat membantu produktifitas menulis. Karena itulah saya selau memakai waktu pagi hari untuk mengeluarkan unek-unek di pikiran saya; menulis ide-ide yang akhirnya bisa dikembangkan menjadi sebuah tulisan yang bisa memberi manfaat.

Untuk #SehatSamaSama ternyata bisa dimulai dari hal yang sederhana tapi membutuhkan komitmen yang tinggi pula. Karena #MimpiMasaMuda layak untuk diperjuangkan, kesehatan juga harus selalu diperhatikan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Bukan sekedar hobi melainkan memberi arti.

CLOSE