Musik menjadi salah satu hal yang paling banyak diminati oleh masyarakat, hampir setiap lapisan sosial pasti menyukai musik meskipun dalam genre yang berbeda-beda, ada yang menyukai musik klasik, jazz, pop, maupun rock, sesuai selera orang itu sendiri seperti apa.

Saat ini terdapat banyak cara untuk bisa menikmati musik yang kita sukai, selain dengan membeli albumnya di berbagai toko musik yang berada di Indonesia, kita juga bisa mendengarkan musik melalui aplikasi streaming musik seperti Spotify ataupun joox.

Advertisement

Meskipun ini memang era digital dimana kita bisa mendengarkan musik dengan lebih mudah secara online ataupun dengan mengunduhnya melalui aplikasi streaming, tetapi ternyata musik yang masih dalam format VCD tetap tidak kehilangan peminatnya, justru semakin banyak.

Hal ini apat dilihat dari maraknya anak remaja yang terus mencari para penjual VCD musik baik secara online ataupun datang secara langsung ke toko musik.

Di karenakan banyaknya permintaan pasar untuk VCD musik, beberapa pemilik bisnis VCD musik tetap bertahan hingga saat ini. Salah satunya adalah yang terdapat di daerah Blok M, Jakarta Selatan.

Advertisement

Kawasan yang terkenal pada era 80 sampan 90-an ini memang terkenal sebagai salah satu pasar musik terbesar di Asia Tenggara. Pasar Musik Blok M berada di dalam basement gedung mall Blok M, ketika memasuki area tersebut kita harus berjalan sedikit kebelakang untuk mendapati berbagai toko musik yang ada di dalamnya.

Salah satunya adalah toko musik Jackpot Musik Jakarta, pemiliknya adalah seorang mahasiswa tingkat akhir di Universitas Atma Jaya. Dirinya mulai menekuni bisnis VCD musik sejak 3 tahun yang lalu.

Saat itu ia mengaku memiliki kerterikan sendiri terhadap VCD musik, seperti memiliki koleksi VCD musik sendiri, lalu ia pun melihat peluang usaha karena ternyata banyak dari temannya pun menyukai mengoleksi VCD musik, lalu ia mencoba menjual beberapa koleksinya.

Pada awalnya dirinya berjualan secara online melalui media sosial Instagram, akun Instagram-nya bernama @Jackpot_Musik_Jkt. Hasil yang diperoleh melalui bisnis online tersebut ditabung sampai pada akhirnya mampu membeli ruko di kawasan Pasar Musik sebagai tempat untuknya berjualan secara offline.

Walaupun sudah memiliki toko sendiri ia tetap membuka akun Instagram-nya untuk pembelanjaan secara online.

“Memang ada beberapa orang yang lebih suka berbelanja melalui online ketimbang harus datang langsung,” ungkap Gerry, pemilik toko musik Jackpot Musik Jakarta, saat di wawancara pada 10 Juli 2019.

Menurutnya saat ini banyak dari anak-anak remaja yang mulai menyukai untuk mengoleksi VCD musik, karena banyaknya permintaan didominasi dari kalangan remaja khususnya yang masih berkuliah, selain VCD salah satu yang paling diminati adalah piringan hitam.

VCD memang memiliki nilai praktis yang bisa di dengarkan kapan saja dan dimana saja bahkan ketika sedang berkendara di dalam mobil, tetapi piringan hitam memiliki kesan klasik tersendiri yang membuat orang-orang menyukainya.

Jenis musik yang paling diminati sebenarnya sangatlah beragam, tergantung dari generasi, jika anak remaja lebih menyukai musik sejenis indie lokal seperti Payung Teduh, Danilla, dan Kahitna. Kalangan orang dewasa lebih menyukai musik-musik seperti The Beatles dan juga Queen, walaupun tidak bisa dipungkiri jika banyak juga dari kalangan remaja yang mencari VCD The Beatles untuk dikoleksi.

Kisaran harganya pun sangat bervariasi, mulai dari yang paling murah yaitu Rp 50.000 sampai dengan yang paling mahal hingga Rp 2.000.000. Biasanya harga bisa menjadi mahal karena kelangkaan dari produk itu sendiri, semakin langka jenis vcd atau piringan hitam yang dicari maka semakin mahal pula harga yang akan di berikan.

“Biasanya mulai ramai ketika sudah menjelang sore saat jam pulang kantor atau ketika sabtu dan minggu, soalnya jam segitu kan orang-orang baru senggang.” Gerry kembali menambahkan.

Jika kalian minat untuk membeli VCD musik bisa datangi langsung gerainya yang berada di Blok M atau bisa juga melalui online dengan mengunjungi akun Instagram @Jackpot_Musik_Jkt, toko juga menerima request untuk mencarikan VCD musik sesuai dengan permintaan pembelinya.

 

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya