Menengok sebuah negeri yang berjarak kurang lebih 17 jam 35 menit perjalanan udara dari bumi pertiwi menjadi daya tertarik sendiri bagi sebagian besar orang Indonesia. Terlalu banyak sisi yang menarik dari negeri kerajaan tersebut untuk diselami dalam sebuah artikel saja. Akan tetapi, tidak ada salahnya jika kita dapat melihat sebagian kecil aspek yang membuat kita memahami mengapa kita perlu menjejakkan kaki di negeri dengan sebutan “United Kingdom” tersebut.

“United Kingdom of Great Britain” yang seringkali hanya diidentikkan dengan London bagi kebanyakan orang Indonesia sebenarnya mencakup wilayah seluas 242,500 kilometer persegi dan menjadi negeri dengan panjang pantai terpanjang ke-12 di dunia. Menilik sejarahnya yang memunculkan istilah “The sun never sets on british empire” menunjukkan bahwa di sudut manapun di dunia ini selalu ada orang Inggris sehingga seolah-olah matahari tidak pernah terbenam bagi kerajaan Inggris pada waktu itu.

Advertisement

Ketenaran kerajaan Inggris di masa lalu tidak menghentikan ketenaran Inggris dalam banyak aspek di masa kini. Dari sisi kerajaan, “Buckingham Palace” sampai saat ini masih menjadi tempat impian orang untuk ber swa-foto atau foto bersama dengan tentara merah yang tiada duanya di negeri lain. Pergantian jadwal bertugas para tentara setiap dua hari sekali juga menjadi daya tarik para wisatawan.

Selain kerajaannya, Inggris juga dijadikan acuan waktu di seluruh dunia dengan adanya Greenwich Mean Time (GMT). Bagaimana tidak, seluruh penjuru dunia selalu menyesuaikan waktunya mengacu pada jam Big Ben yang juga menjadi salah satu objek wisata paling terkenal di Inggris, khususnya di London.

Untuk merasakan keindahan kota London, tidak lengkap rasanya jika belum melihatnya dari ketinggian 135 meter, melalui “London Eye” yang merupakan bianglala terbesar di dunia, berada di tepi sungai Thames.

Advertisement

Selain itu, Stonehenge juga diakui oleh UNESCO sebagai objek wisata yang paling unik. Bagaimana tidak, pada zamannya, orang berhasil mengangkat batu seberat kurang lebih 25 ton dengan jumlah yang tidak sedikit menggunakan teknologi pada jaman 2000 tahun sebelum masehi. Mengunjungi dan berpose di area keajaiban tersebut tentunya menjadi kebanggan tersendiri.

Inggris memiliki Oxford University dan Cambridge University yang menduduki peringkat pertama dan kedua di seluruh dunia. Mengunjungi Inggris dalam rangka studi juga menjadi impian bagi kalangan cendekiawan. Jika berbicara mengenai musik, kualitas paduan suara dan musikal Inggris menjadi salah satu yang terbaik di dunia dan dijadikan acuan berbagai negara di dunia.

Berbicara mengenai sepak Bola, tidak kurang bukti bahwa Liverpool, Manchester United, Manchester City, Chelsea, New Castle United dan masih banyak deretan klub sepakbola kelas dunia dengan sederetan prestasi dan kemegahan stadiumnya masing masing yang menunjukkan bahwa Inggris memiliki sepakbola kelas dunia, bahkan dapat dikatakan salah satu surga dalam dunia sepak bola. Di Indonesia sendiri, Liga Inggris menjadi salah satu Idola sebagian besar masyarakat yang membuat mereka rela menahan kantuk demi menyaksikan siaran langsung para jagoannya. Tentunya, mengunjungi markas atau kota asal klub sepakbola idola merupakan cita-cita para penggemar berat sepak bola di seluruh dunia.

Novel paling terkenal di segala usia dan di seluruh dunia juga ikut membuat negeri ini memiliki daya tarik tersendiri. Serial “Harry Potter” yang melegenda juga di tanah air kita, menyuguhkan sebuah tur untuk mengunjungi Warner Bros Studio. Disini, kita dapat merasakan secara nyata apa yang selama ini hanya dapat kita bayangkan melalui membaca novel legendaris tersebut.

Tentunya satu artikel singkat ini tidak akan pernah cukup menggambarkan pesona dan keindahan negeri Britania secara detail dan lengkap. Untuk lebih mengenalnya lebih jauh, kita perlu menjejakkan kaki kita sendiri disana. UK adalah negeri yang harus dan sangat layak untuk dikunjungi selagi kita bisa. Ayo ke “UK”!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya