Tak Perlu Takut Akan Kegagalan. Sebab pada Akhirnya Gagal adalah Pelumas Kesuksesan

jangan takut gagal

Selama ini kita selalu tumbuh dengan stigma orang yang gagal itu pasti loser. Ketika apa yang kita lakukan commonly nggak sesuai, ketika presentasi di depan kelas kita dianggap gagal, ketika video vlog yang kamu bikin no views, ketika bisnis kamu zero customer, ketika hidup kamu masih gini-gini aja, lalu kamu melabeli diri kamu sendiri sebagai, loserKemudian kamu memutuskan untuk take no risk, stay in your comfort zone. Hanya karena takut dilabeli 'pecundang', sama orang yang belum tentu kamu kenal apalagi kenal baik sama kamu. Adalah pilihan yang harus kamu buang jauh-jauh saat ini juga.

Advertisement


Lebih  baik gagal saat ini daripada menyesal nanti.


Karena kalau stok gagal kamu masih banyak, dengan kamu nggak ngelakuin apa-apa saat ini dan main aman aja, juga ga bakal ngurangin stok gagal kamu. Habisin stok gagal kamu secepat mungkin, baru nanti nikmati kesuksesan itu. Kamu malu dan kamu takut itu wajar. Tapi coba pikir ulang. Apa kamu seperduli itu sama orang sampai kamu mikirin apa yang mereka pikirin tentang kamu? Yang perlu kamu tau ‘’just like you care for yourself more than you care for others’’ maka orang lain juga seperti itu. In this case, ya. Don’t take it out of context.


Mereka lebih perduli sama diri mereka sendiri. Jadi kamu juga harus lebih perduli sama diri kamu sendiri, layaknya mereka.


Inilah mengapa kadang support system itu sangatlah penting. Kalau hari ini kamu udah bisa nemuin circle yang satu visi dan satu frekuensi sama kamu, maka kamu harus bersyukur atas itu dan pertahanin karena support system itu powerful banget. Kegagalan harusnya bisa membuat kita makin antusias dan makin semangat lagi untuk kejar yang terbaik, bukan kebalikannya malah membuat kita ter-discouraged atau makin merasa putus asa. 

Karena memang kita ga terbiasa dengan kegagalan, akibatnya kita selalu menganggap kegagalan sebagai akhir, padahal sebenernya kita bisa menumbuhkan mindset open ended tentang kegagalan. Dan yang pasti kegagalan itu bukan kondisi permanen, asal kamu mau berjuang lagi dan lagi seterusnya. Memang susah untuk berubah dan mencoba, apalagi ketika dihantui rasa takut yang sebenarnya kita bisa dengan mudah menghapus ketakutan-ketakutan itu dari bagaimana kita mau menyikapi ketakutan-ketakutan yang sedang dihadapi. Mindset-mu perlu dilatih untuk ini.

Advertisement


Simplenya, kalau orang lain bisa, orang lain percaya diri, kenapa kamu nggak?


Kamu cuman melihat dari kesuksesan mereka saat ini, kan? Kamu nggak tahu aja dipercobaan pertama mereka meniti hobi dan karier juga pasti awalnya payah, tapi mereka mau


Keep going despite the result sometimes remain the same


Mereka tetep mau menunjukkan bahwa mereka itu bisa, mereka serius. So, kamu pun pasti bisa. By the way, sudah punya kegagalan untuk dipamerkan belum? Kalau belum, coba banyak hal sampai kamu paved the way, because the road to success is paved with failures. Good luck!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE