Objek Wisata Bersejarah di Yogyakarta Situs Warungboto

Lokasi yang cocok untuk kamu yang suka fotografi

Kota Yogyakarta memang penuh kejutan dan sejarah.Selain disebut Kota Yogyakarta ini sering di sebut dengan Kota Pelajar atau Kota Budaya. Di dalam Kota Yogyakarta ini sendiri juga terdapat salah satu tempat bersejarah di Kota Yogyakarta ini sendiri. Salah satu tempat wisata bersejarah yang ada di Kota Yogyakarta ini ialah Situs Warungboto yang berlokasi di daerah Jl. Veteran No.77, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Advertisement

Objek wisata ini sendiri merupakan peninggalan bersejarah yang pada dahulu di bangun oleh keluarga keraton. Pada saat ini tempat tersebut sudah dibangun dan direnovasi oleh pengelola dan digunakan tempat wisata oleh masyarakat lokal maupun masyarakat asing. Lokasinya yang strategis juga di daerah kota Yogyakarta ini sendiri ramai dikunjungi oleh wisatawan. Tentunya dengan tempat yang menarik dan bersejarah ini menjadi lokasi yang pas untuk kebutuhan sosial media.

Situs Warungboto ini sendiri cocok sekali untuk dikunjungi selain tempat yang strategis. Situs warungboto ini sendiri memiliki keunikan di setiap tempatnya. Sejarah singkat dari Situs Warungboto ini sendiri merupakan petilasan yang dibangun pada masa Sri Sultan Hamengkubuwono I kemudian pembangunanya diteruskan pada masa Sri Sultan Hamengkubuwono II. Pada jaman dahulu tempat ini dijadikan tempat pemandian khusus. Karena adanya sumber mata air di lokasi Situs Warungboto.

Wisatawan akan tergiur dengan keindahan Situs Warungboto pada saat ini dikarenakan Situs Warungboto ini sudah direnovasi sedemikian rupa agar tempat ini menjadi tempat yang bersejarah dan apik untuk wisatawan yang menyukai fotografi.Terutama pada bagian kolam pemandian di Situs Warungboto ini sendiri. Kolam pertama berbentuk lingkaran berdiameter 4,5 meter dan di bagian tengahnya memiliki sumber pancuran air. Kolam kedua berbentuk bujur sangkar dengan ukuran sisi 10 meter x 4 meter dan kedua kolam tersebut saling berhubungan.

Advertisement

Yang membuat Situs Warungboto ini lebih menarik lagi dikunjungi oleh wisatawan karena Situs Warungboto ini pernah digunakan foto pre-wedding oleh putri presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu bersama Boby Nasution ini yang membuat wisatawan lebih tertarik lagi berkunjung ke Situs Warungboto. Wisatawan dapat melakukan foto di tempat pre-wedding dari putri presiden Joko Widodo.

Menariknya lagi untuk masuk ke Situs Warungboto ini sendiri harga tiket seiklashnya dan hanya membayar parkir senilai Rp 3 ribu per motor dengan jam operasional 08.00 sampai 17.00 WIB. Siapa yang tidak ingin berwisata di tempat bersejarah dan menarik ini hanya dengan membayar Rp 3 ribu per motor. Ini merupakan tempat yang cocok bagi wisatawan yang ingin disuguhkan dengan tempat bersejarah dan sangat instagramable.

Bagaimana? Tertarik untuk berkunjung ke Situs Warungboto ini? bagi kalian yang pernah berwisata di tempat ini pasti kalian kangen untuk berwisata ke tempat Situs Warungboto ini lagi karena di sinilah tempat wisata yang nyaman di kantong dan suguhkan tempat yang menarik dan bersejarah, tunggu apalagi? Ayo datang ke Situs Warungboto ajak teman, keluarga, pacar untuk berliburan di tempat ini dan jangan lupa datang ke tempat ini dengan menjaga kebersihan dan menjaga tempat ini agar dapat di nikmati dengan indah bersama-sama.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Saya merupakan mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta Prodi Ilmu Komunikasi

CLOSE