Tunjukkan Rasa Cintamu Pada Orang yang Disayangi dengan Taat Protokol Kesehatan COVID-19

Patuh protokol kesehatan COVID19

Hingga saat ini penularan COVID-19 masih terjadi di masyarakat. Penularan terjadi di semua usia mulai dari balita hingga lansia. Tak sedikit masyarakat dan tenaga medis yang meninggal dunia karena virus ini. Rumah sakit juga kewalahan dalam menyediakan ruang isolasi bagi pasien. Apalagi sudah banyak masyarakat yang kembali beraktivitas di luar rumah. Dengan kondisi yang seperti ini, kita dituntut meningkatkan kesadaran untuk melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan mematuhi protokol kesehatan dimanapun kita berada. Kepatuhan kita tidak hanya menyelamatkan diri kita sendiri, tetapi juga keluarga dan orang-orang di sekitar kita.

Advertisement

Protokol kesehatan yang wajib kita patuhi dan laksanakan diantaranya memakai masker saat beraktivitas di luar rumah, cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir atau handsanitizer sesering mungkin, dan menjaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter. Ini bukanlah hal yang sulit, tetapi memang butuh pembiasaan. Kita dapat memulainya dari diri sendiri, kemudian membiasakan pada anggota keluarga kita dirumah. Jika hal ini sudah menjadi kebiasaan di setiap keluarga, maka saat berada di luar kita semua pasti melaksanakan protokol kesehatan. Tetapi banyaknya anggapan bahwa COVID-19 tidak ada di kampung, COVID-19 itu hanya batuk pilek biasa, dan COVID-19 itu hanya dibuat-buat menjadi faktor masyarakat abai terhadap protokol kesehatan ini.

Saat ini masker sudah tersedia di mana-mana. Mulai dari harga yang murah sampai yang ekslusif pun tersedia. Motif dan modelnya juga bervariasi. Ukuran yang tersedia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Bahan yang digunakan juga bermacam-macam, kita bisa pilih nyamannya pakai masker yang dari bahan apa. Lalu, kenapa masih tidak memakai masker? Spanduk dan banner tentang himbauan menggunakan masker terpasang dimana-mana, apakah hanya sebagai hiasan jalan atau hiasan ruangan? Tempat cuci tangan dan handsanitizer juga tersedia. Rambu-rambu di tempat umum untuk mengatur jarak juga ada, tapi kenapa diabaikan?

Mulai hari ini mari kita membiasakan untuk menyayangi diri sendiri, keluarga, teman, dan orang sekitar kita dengan cara melaksanakan protokol kesehatan yang benar. Memakai masker saat beraktivitas di luar rumah. Pilih masker yang bahannya nyaman, jika merasa “engap” lepas sebentar di tempat yang sepi dan ganti masker setiap 4 jam sekali. *(jangan hanya diturunkan di leher karena akan memindahkan bakteri dan virus). Rajin mencuci tangan  sebelum dan sesudah beraktivitas, setelah memegang barang dengan sabun dan air mengalir atau handsanitizer. Mencuci tangan sering-sering itu bagus, jadi jika di suruh untuk cuci tangan jangan di jawab, “tadi sudah” gitu ya.. Lebih baik lagi, kemanapun kita pergi  kita selalu sedia handsanitizer. Terakhir, mari kita juga terapkan jaga jarak minimal 2 meter dengan orang lain. Ini bukan berarti kita anti sosial, tetapi karena sayang. Dengan kita melaksanakan protokol kesehatan yang benar berarti kita sedang mencintai dan melindungi keluarga, teman, saudara, dan sekitar kita dari COVID-19.

 

            “Aku patuh karena aku menyayangi keluargaku”

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE