Resep masakan asem-asem tetelan daging sapi ini memang sudah menjadi andalan keluargaku untuk beberapa periode puasa ini, untuk sehari-hari aja juga sering bikin. Tak heran kalo keluargaku sangat merekomendasikan ini sebagai menu utama buka puasa, karena emang asli endolita surendol kalau anak zaman sekarang bilang. Apalagi kalo lebaran Idul Adha, wah nggak usah ditanya lagi menu utamanya apa, dah jelas nggak jauh-jauh dari sate dan asem-asem andalan keluarga.

Mungkin sebenernya resep ini banyak dibuat oleh temen-temen di rumah, tapi untuk resep ini spesial karna pake ekstra cabe sama daun kedondong. Jadi cocok banget nih buat temen-temen yang suka makanan pedes. Kebanyakan orang dapet rasa asam dimakanan kalo gak dari asem jawa ya dari tomat, tapi kali ini istimewa karna kita pake daun kedondong buat dapet rasa asemnya lebih seger.

Dan mesti pada suka bikin deh, karna resep ini super duper mudah dibikin dan cocok banget buat menu utama buka puasa nih guys. Bahannya pun juga gampang banget kalian cari di pasar deket rumah kalian dan rasanya nggak bikin kalian kecewa udah berjuang di dapur. Eits untuk yang nggak suka makan ribet pake tetelan sapi, bahan utamanya itu bisa diganti daging sapi ya guys. Pokoknya sesuaikan aja sama selera keluarga kalian. Yuks kita intip cara bikinnya.

Bahan yang perlu dipersiapkan :


  • 1 kg tetelan sapi (bisa diganti daging sapi)

  • ½ kg cabe rawit

  • 8 siung bawang merah

  • 4 siung bawang putih

  • 2 butir tomat merah

  • 1 ruas jahe

  • 1 ruas lengkuas

  • buncis

  • wortel

  • daun kedondong muda secukupnya

  • bawang merah goreng secukupnya

  • 1 sdm garam

  • 1 sdt penyedap rasa

Cara membuat gampang banget nih :


  • Rebus tetelan daging sapi tunggu sampai lunak dan mendapatkan kaldunya.

  • Potong-potong cabe rawit, bawang merah, bawang putih dan tomat. Memarkan jahe dan lengkuas.

  • Petik daun kedondong dan pilih yang muda, buang tangkainya.

  • Potong memanjang buncis dan wortel.

  • Panaskan minyak secukupnya dengan api sedang dan tumis perlahan cabe rawit, bawang merah, bawang putih, jahe dan lengkuas tunggu hingga harum.

  • Setelah tetelan matang dan lunak, masukan masukkan buncis dan wortel. Tunggu hingga lunak.

  • Masukkan bahan-bahan yang sudah ditumis dan tambahkan air jika kuah kaldu kurang. Tunggu sampai mendidih.

  • Kemudian masukkan tomat dan daun kedondong, tambahkan bawang merah goreng, 1 sdm garam dan 1 sdt penyedap rasa. Tunggu hingga daun kedondong dan tomat mulai lunak.

  • Matikan api, sajikan. Selesai deh, simple banget kan bikinnya. Selamat mencobaaa!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya