Sederet Pertimbangan yang Perlu Kamu Pikirkan, Sebelum Mantap Melangkah ke Pelaminan

pertimbangan sebelum menikah

Pernikahan adalah salah satu acara sakral dalam hidup, dimana kalian saling mengikat janji untuk hidup bersama selamanya. Oleh karena itu tentu kamu harus mempersiapkan dengan matang, baik itu secara fisik, mental, dan materi. Jika kamu berencana untuk menikah, sudah sampai mana persiapan yang kamu lakukan? Pasti kalian sedang sibuk ngurusin vendor, catering, gaun, tamu undangan, dan sebagainya. Selain ngurusin hal yang sifatnya perayaan, kamu juga perlu mikirin juga pertimbangan-pertimbangan yang harus kamu yakini sebelum menikah. Yuk simak sampai abis!

Advertisement

1. Is she/he the one?

Apakah dia sosok orang yang selama ini kamu cari? Yang bisa menerima kelebihan dan kekuranganmu dan sebaliknya. Kamu harus mempertimbangkan ini karena nantinya kamu akan berkomitmen hidup bersamanya. Jangan sampai kamu hanya menilai dia dari segi fisik atau materi saja, tanpa mempertimbangkan kecocokan personal. Penting untuk memperhatikan apakah dia kriteria yang cocok sama kamu atau enggak, karena kriteria dibuat untuk memilih pasangan yang tepat supaya lebih bahagia nantinya. Jangan lupa untuk melihat kecocokan antar keluarga kalian, ini penting karena saat kalian menikah itu bukan cuma menggabungkan dua pasangan, tapi juga dua keluarga.

2. Finansial

Advertisement

Keuangan adalah hal sensitif dalam hubungan rumah tangga, bahkan tidak jarang menjadi masalah keluarga. Penting bagi kamu untuk membahas masalah keuangan dengan calon pasanganmu sebelum kamu memutuskan untuk menikah. Misalnya apakah nantinya istri bekerja atau tidak, bagaimana pengaturan keuangan kalau dua-duanya sama menikah, dan prinsip keterbukaan kondisi keuangan masing-masing. Banyak juga yang berpikir kita tidak perlu financially stable sebelum menikah, karena uang bisa dicari. Tapi saya sarankan alangkah baiknya salah satu di antara kalian mempunyai cukup penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup berdua, dan itu perlu didiskusikan.

3. Tujuan hidup

Advertisement

Hasil riset dari Universitas Otonomi Nasional di Meksiko menunjukkan rasa cinta seseorang hanya bertahan 4 tahun. Maka dari itu penting untuk memiliki hal lain untuk mengikat hubungan kalian, tujuan hidup salah satunya. Jika kalian memiliki tujuan hidup yang sama, meskipun gairah cinta itu mulai pudar kamu masih bisa bersama karena mempunyai tujuan yang sama. Misalnya pasanganmu ingin hidup dengan mewah maka dia bekerja sangat keras, sedangkan kamu hanya ingin hidup sederhana. Saat rasa cinta mulai pudar ini bisa menjadi masalah.

4. Tempat tinggal

Hal ini patut dipertimbangkan karena nantinya kalian akan hidup bersama. Apakah kalian akan tinggal di apartemen, kontrakan, di rumah orang tua. Kapan kalian akan berencana membeli rumah. Jika keduanya bekerja, maka harus memilih rumah di daerah mana.

5. AnakĀ 

Saat kalian memiliki anak pasti post-post pengeluaran keluarga kecil kalian akan bertambah. Maka penting untuk merencanakan ingin mempunyai anak berapa, selisih berapa tahun. Nantinya ingin sekolah dimana, harus diberi les tambahan apa. Hal ini patut dibicarakan bersama supaya nantinya tidak ada masalah yang muncul karena masalah membesarkan anak.

Setelah sudah mempertimbangkan kelima hal di atas dan kamu sudah siap untuk melanjutkan jenjang pernikahan. Jangan lupa baca artikel Satu Persen tentang Pentingnya Self-Love dalam Pernikahan untuk menambah perspektif lebih dalam kehidupan pasca-menikah.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Platform tempatmu berkembang menuju #HidupSeutuhnya

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE