Pesona Keindahan Sungai Mudal di Kulon Progo yang Wajib Kamu Kunjungi

Keindahan Sungai Mudal

Gemericik air dan udara sejuk menyambut kedatangan kami pagi itu di Ekowisata Sungai Mudal. Pepohonan yang rindang nan asri menambah keindahan destinasi wisata Sungai Mudal ini. Lelah perjalanan yang kami tempuh dengan jarak 32 km atau selama kurang lebih 1 jam dari pusat Kota Yogyakarta terbayar lunas dengan pemadangan indah Sungai Mudal. Destinasi wisata yang beralamat di Banyuganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta ini merupakan objek wisata alam terbuka.

Advertisement

Sungai Mudal merupakan aliran sungai yang jernih dan berwana kehijauan. Pendirian objek wisata Sungai Mudal ini diawali pada tahun 2011 dimana masyarakat melakukan program bersih-bersih saluran mata air yang bersumber dari goa. Aliran air yang jernih menyadarkan warga tentang potensi Sungai Mudal ini untuk dijadikan sebgai objek wisata. Sejak saat itu, warga mulai melakukan prnataan kawasan Sungai Mudal ini menjadi tempat wisata dengan menambahkan kolam dan fasilitas lainnya. Nama Mudal sendiri, merujuk pada kondisi air yang selalu melimpah, tidak pernah surut, jernih, sehingga mampu bermanfaat bagi kehidupan masyarakatnya.

Sungai Mudal ini merupakan salah satu destinasi favorit masyarakat yang sedang berwisata di Kulon Progo karena Sungai Mudal ini mampu menjadi destinasi wisata keluarga yang menyenangkan. Jam operasional Sungai Mudal ini mulai pukul 08.30-16.00 WIB dan buka setiap hari mulai hari senin hingga hari minggu. Harga tiket masuknya pun cukup terjangkau hanya dengan 10 ribu per orang kita dapat menikmati keindahan Sungai Mudal. Fasilitas yang yang ada di objek wisata Sungai Mudal ini juga lengkap antara lain; kolam pemandian, parkiran yang luas, kamar mandi yang banyak, gazebo, kantin atau warung, pendopo, wifi, dan masih banyak lagi.

Advertisement

Ketika liburan di Sungai Mudal ini jangan sampai tidak berenang karena aliran air yang berasal dari mata air ini sangar jenih dan segar. Buat yang tidak bisa berenang jangan berkecil hati karena di objek wisata Sungai Mudal ini juga menyediakan penyewaan pelampung dan ban. Selain kolam pemandian di Sungai Mudal juga terdapat wahana wisata lainnya seperti; flying fox, Camping Area, Hunting foto, Terapi ikan, dan lain sebagainya. Di Ekowisata Sungai Mudal ini juga cocok banget buat dijadiin sebagi tempat untuk hunting foto karena pemandangan alamnya yang indah dan asri selain itu juga banyak terdapat spot-spot foto menarik nih, misalnya kita bisa berfoto di jembatan cinta dengan latar air terjun mini atau kita juga bisa berfoto di area taman yang indah.

Di tengah pandemi Covid-19 ini penerapan protokol kesehatan juga dilakukan di objek wisata Sungai Mudal ini. Ketika kita sampai di parkiran pertama-tama kita akan di cek suhu bandannya oleh pengelola objek wisata Sungai Mudal, kemudian kiata diarahkan unutk mencuci tangan dan selanjutnya antri untuk mengambil tiket. Setiap satu jam sekali kita juga selalu diingatkan untuk melakukan protokel kesehatan 3M dengan mencuci tangan, menjaga jarak dan mengenakan masker melalui speaker. Untuk kemanan sendiri tidak perlu di ragukan lagi karena di setiap spot yang ada di Sungai Mudal selalu ada satu petugas keamanan. So buat kalian yang ingin berkunjung di Ekowisata Sungai Mudal namun masih takut tentang keamanannya tenang saja karena kemanan dan penerapan protokol kesehatan di Ekowisata Sungai Mudal sangat terjamin.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE