Apa kabar puasamu, guys? Masih semangat ‘kan, ya! Semoga ibadahmu khusyuk dan membawa banyak berkah serta pahala. Nah ketika bulan Ramadan tiba, ada satu hal yang sangat akrab hubungannya dengan kegiatan berbuka puasa bagi kita semua. Yaitu santapan berbuka yang biasanya disantap untuk membatalkan puasa.

Tapi pernah merasa nggak sih, kalau kamu bosan dengan menu berbuka yang itu-itu saja? Yang ditawarkan pedagang selama ini juga variasinya nggak jauh beda. Daripada bingung, sekalian untuk mengisi kegiatan sebelum buka puasa, gimana kalau kamu kreasikan sendiri menu buka yang unik dan tiada dua? Jangan khawatir, caranya mudah dan sederhana kok!

Advertisement

Sambal ada berbagai macam, sebagai pelengkap untuk dipadukan dengan menu makanan tertentu lainnya. Diantaranya ada sambal masak, sambal mentah, sambal goreng, sambal buah, dan lain-lain. Berikut ini jenis, resep, bahan dan cara membuat sambal kacang panjang (mentah).

Saya kenal sama sambal kacang mentah sejak masih kecil atau sekolah dasar, resep ini dikenalkan oleh ibuku asli Jawa Timur. Ibu saya sering buat sarapan dengan sambal kacang mentah.

Nasi, sambal kacang mentah, lauknya ikan pindang dan tahu/tempe. Dan, sampai sekarang ibu juga masih sering buat sambal ini. Atas nama suka sambal dan sayur mentah, saya sering bikin sambal ini. Gampang banget, sambal tomat biasa dicampur kacang panjang mentah, diulek pura-pura aja asal tercampur. Dijamin, nagih banget hehe, yuk ah intip resep dari ibu saya.

Advertisement

Bahan yang kamu butuhkan :

- 4 buah cabe merah

- 5 buah cabe rawit (sesuai selera aja, karena aku gak suka pedas jadi rawitnya gak banyak)

- 1 buah tomat

- 3 siung bawang merah

- 1 sdt terasi

- 1 sdt gula merah

- 1 sdt air perasan jeruk nipis

- garam

- kacang panjang (potong kecil-kecil)

- kemangi

- ikan goreng (bumbui dengan kunyit bubuk, ketumbar bubuk, merica bubuk, garam, cuka)

Cara membuatnya enteng banget:

Pertama-tama : Cuci bersih kacang panjang, lalu iris.

- Sisihkan kacang panjang yang sudah dipotong pendek-pendek.

- Goreng setengah matang bahan sambal tomat, lalu ulek tambahkan gula dan garam sesuai selera.

- Setelah sambat diulek, tambahkan kacang panjang, ulek sampai tercampur, lalu hidangkan

Sambal sudah jadi, ikan asin sudah di goreng, lalapan sudah siap, tahu goreng sudah diangkat, waktunya makan-makan. Adududu…enak banget pemirsah, alhamdulillah lahap banget.

Tuh, kurang gampang apa coba? Tapi rasanya boleh di adu dan benar-benar spesial! Pernah nyoba sambal kacang panjang mentah?? Selamat mencoba, semoga bermanfaat^^.

#ResepAndalanmu #Puasa #Ramadhan #KontesMenulis2018

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya