Terkadang Kita Selalu Merasa Tidak Sanggup, Sampai Pada Akhirnya Semua Akan Selesai


"Aduh aku bisa ga ya?"

"Hmmm, mungkin ga ya?"

"Kira-kira beres ga ya?"


Advertisement

Siapa yang sering ngomong begitu? Penuh pertimbangan sampai-sampai menjadi ragu ketika mengambil keputusan, menjalankan suatu kegiatan, aktivitas, atau berbagai hal lainnya. Memang menjalankan hal yang baru tidaklah mudah. Mulai dari memilih SMA ketika lulus SMP, mencari-cari jurusan yang diminati dan kampus yang akan dipilih ketika mau kuliah, dan melamar pekerjaan ketiak sudah mendapatkan ijazah dari SMK ataupun Universitas.

Semua pasti pernah mengalaminya, merasakan keraguan dalam hati, pun orang-orang super berani atau super cuek yang gak pikir panjang ketika mengambil keputusan pasti pernah mengalami keraguan. Lalu ketika sudah mengambil keputusan, menjalani hari-hari baru yang penuh ketidakpastian, mulailah kita pusing tak karuan. Apalagi kalau semuanya sedang tak berjalan baik-baik saja. Bingung mau cerita ke siapa, kalau banyak mengeluh juga takut dikira lemah, dan banyak hal lainnya yang akhirnya membuat kita stres sendiri.

Ada saatnya kita mencari-cari hiburan agar lepas dari kepentan di kepala. Mencoba wisata kuliner terdekat, menghubungi teman-teman untuk ketemu dan ngobrol-ngobrol, nonton bioskop sendirian, sampai pergi ke tempat karoke menguji kemampuan vokal yang ga pernah dilatih sama sekali. Yaa, kita sama-sama taulah ya hasilnya seperti apa.

Advertisement

Akan tetapi semua itu hanya sementara, ketika sudah selesai mencari hiburan, sampai di rumah, pasti masalah-masalah yang ada kembali menampakkan wajahnya. Sehingga mau tidur pun sulit.

Setelah menjalani hari-hari berat itu, dan mulai tampak ujung jalannya, kamu sadar tidak, bahwa berulang kali bilang 'kepala mau pecah', ratusan kali bilang 'stres banget aku' dan ribuan kali bilang 'gak kuat aku mau nangis'. Nyatanya 99% akhirnya selalu berhasil menyelesaikan dengan baik dan tepat. Meski kadang tak sepenuhnya puas karena hasilnya belum sesuai harapan. Meski kadang untuk sampai ke garis finis kita memang mengorbankan banyak hal. Tetapi  pada akhirnya kita sampai, dan ketika melihat ke belakang kita berbicara dalam hati ‘ternyata aku bisa’.

Ini bukan saja sekali dua kali terjadi dalam hidup kita, tetapi seperti pola yang berulang, roda yang berputar. Banyak orang bilang hidup seperti roda yang berputar, kadang di atas, kadang di bawah. Memang benar, tetapi bukan roda biang lala yang berputar di tempat. Hidup seperti roda mobil yang sama-sama berputar tetapi selalu bergerak, dan banyaknya bergerak maju ke depan.

Ternyata memang betul, you're more than what you think.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penulis yang mengubah rasa menjadi cerita.

CLOSE