Sang Primadona Wisata Luar Negeri, #AyoKeUK

‘When a man tired of London, he is tired of Life” – Samuel Jhonson

Advertisement

London, ibu kota negara Inggris ini adalah primadona destinasi luar negeri di Indonesia. Berbicara mengenai Inggris ternyata tidak sedikit orang di Indonesia yang menganggap Inggris, United Kingdom dan Great Britain (Britania Raya) adalah hal yang sama yaitu Negara Inggris. Tidak sepenuhnya salah tetapi kurang tepat. Inggris merupakan bagian dari United Kingdom dan jugaBritania Raya atau singkatnya Britania Raya terdiri dari negara Inggris, Skotlandia, dan Wales, sementara United Kingdom adalah Britania Raya ditambah Irlandia Utara.

Britania Raya merupakan negara Kesatuan berbentuk Monarki yang dipimpin oleh seorang Ratu dan Ratu menjabat saat ini adalah Ratu Elizabeth II dengan sistem pemerintahan Parlementer yang dipimpin oleh seorang Perdana Menteri. Kehidupan kerajaan Inggris yang mendiami Istana Buckingham adalah hal yang menjadi perhatian masyarakat bukan saja di Inggris tetapi di dunia. Sebut saja keturunan pewaris kerajaan ini, pangeran Philips yang kemudian dilanjutkan oleh Pangeran Charles yang menikahi putri Diana atau yang sering dikenal sebagai Lady Diana dan tentunya yang kini hangat diperbincangkan adalah kedua putra kerajaan hasil pernikahan Pangeran Charles dengan Putri Diana yaitu Pangeran William yang kini sudah dikaruniai dua anak dari pernikahannya dengan Kate Middleton dan Pangeran Harry yang akan segera menikah dengan seorang selebriti asal California, America Serikat Megan Markle.

Tentunya kehidupan pribadi dari keluarga kerajaan ini tidak pernah lepas dari pemberitaan. Di samping pemberitaan keluar kerajaan ini ada begitu banyak hal menarik mengenai Inggris mulai dari kebiasaan unik orang Inggris, kejadian unik yang ada di Inggris, makanan Inggris yang khas dan tempat tempat di Inggris yang wajib dikunjungi.

Advertisement

Pertama, kebiasaan unik. Secara fisik pada umumnya orang Eropa bisa dibilang memiliki ciri yang mirip seperti halnya orang orang di Asia dan pada khususnya orang orang di Asia tenggara. Salah satu hal yang membedakan mereka adalah kebiasaan, budaya dan aksen. Aksen ini juga merupakan daya tarik sendiri yang dimiliki oleh negara Inggris. Dan semakin kedaerah Utara inggris dialek yang digunakan semakin sulit ditangkap oleh orang orang non Inggris. Datanglah ke Inggris dan dengarkan aksen mereka, anda akan menyukainya.

Tata krama merupakan hal yang dipegang oleh orang Inggris, meskipun di tiap negara pasti memiliki tata krama yang berbeda – beda. Salah satu tata krama yang unik dari orang Inggris adalah ketika anda memasuki pintu otomatis. Misalnya pada Mall, sehabis di tarik ke dalam atau di dorong ke luar, apabila anda melihat ada orang di belakang anda hendak menggunakan pintu tersebut maka anda wajib hukumnya untuk menahan pintu tersebut sampai orang tersebut memegang pintu tersebut untuk dirinya sendiri atau untuk orang yang ada di belakang mereka tanpa memandang usia meskipun yang di belakang mereka hanya seorang anak kecil.

Jika anda hanya keluar begitu saja tanpa memikirkan orang yang di belakang anda, anda tidak akan dimarahi atau di tegur, tetapi anda akan dianggap tidak sopan, sama halnya ketika anda meludah di depan orang lain. Kebiasaan berikutnya adalah pentingnya melihat ramalan cuaca sebelum keluar dari rumah. Anda tidak ingin salah kostum dan menyebabkan anda kesusahan sendiri kan? Jangan tertipu dengan pandangan luar jendela rumah yang begitu terang oleh cahaya matahari, dan dengan percaya diri anda menggunakan setelan kaus dan celana jeans keluar dan berharap panas yang akan di dapati, tetapi tiba-tiba angin yang sangat dingin menusuk kedalam kulit anda padahal sesuai ramalan cuaca akan ada turun salju atau hujan, maka tentunya anda akan mengalami kedinginan yang luar biasa. Jadi, jika anda hendak keluar, lihat ramalan cuaca dan pastikan anda berpakaian yang tepat dan sesuai kebutuhan.

Kedua, kejadian unik. Salah satu kejadian unik yang terjadi di Inggris adalah jam maju-mundur. Di Eropa dan termasuk Inggris hal ini dialami karena faktor pergantian musim sebanyak empat kali dalam setahun. Ada dua dasar penentuan waktu di Inggris, yaitu Greenwich Mean Time (GMT) dan Britain Summer Time (BST). Intinya pada hari pertama di musim Summer (musim panas) waktu di Inggris akan menjadi hari peralihan dari GMT menuju BSTartinya waktu akan maju satu jam lebih awal karena siang akan terasa lebih panjang di bandingkan malam.

Matahari biasanya terbit pada pukul tiga pagi dan baru terbenam pada malam hari pukul sepuluh. Bisa bayangkan panjangnya durasi puasa bagi yang menjalaninya pada musim panas di Inggris, hampir 19 jam. Dan akan kembali menggunakan GMT sejak hari pertama musim dingin, waktu akan mundur satu jam, kebalikan dari musim panas, malam akan terasa lebih panjang karena matahari terbit pukul sembilan pagi dan terbenam pukul empat GMT. Jadi kalau berada di Inggris pada hari pertama di musim dingin atau musim panas pastikan sudah menyesuaikan waktu agar tidak terlambat atau terlalu cepat untuk menghadiri suatu acara atau kegiatan ya.

Ketiga, makanan khas Inggris. Ada banyak sekali makanan khas di Inggris, diantaranya yang harus dicoba ketika berkunjung ke negeri ini adalah English Breakfast yang terdiri atas bacon, sosis, telor mata sapi dengan minuman teh atau kopi. Untuk Bacon pada umumnya adalah daging babi, bagi yang tidak dapat mengkonsumsi daging ini dapat dipastikan terlebih dahulu apakah bacon tersebut bacon sapi atau bacon saja jika bacon saja berarti daging babi.

Tentu saja ketika berkunjung ke suatu negara kita harus pergi ke tempat tempat hits, dan menjadi spot unggulan negara tersebut untuk menikmati alam, pemandangan yang indah, atau bahkan sekedar untuk mengambil swafoto lalu membagikannya di jejaring sosial dan Inggris punya banyak tempat tempat menarik yang harus dikunjungi. Istana Buckingham, London Eye yaitu wahana berupa kincir raksasa yang dapat dinaiki anda dapat menikmati keindahan London dari atas wahana Ini, Teater Global Shakespeare, Big Ben si jam raksasa yang menjadi ikon kota London, Tower of Bridge dan masih banyak tempat lainnya adalah tempat wisata dapat kamu kunjungi di negara ini.

Dan bagi pecinta sepak bola tentunya kamu bisa mencoba untuk mendatangi stadion stadion hebat yang ada di negara ini antara lain stadion Wembley, Etihad- Manchester City F.C, Anfield – Liverpool F.C, Emirates- Arsenal F.C, Old Trafford- Manchester United F.C, Stamford Bridge – Chelsea, dan masih banyak stadion hebat lainnya. Dengan hal menarik tentang Inggris di atas, tidak heran jika Inggris disebut primadonanya destinasi wisata ke luar negeri. #AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya