Teruntuk kita yang tidak lolos SBMPTN.

Aku selalu percaya everything happens for a good reason. Kita berencana, namun rencana Allaah selalu lebih baik adanya.

Barangkali kita yang saat ini belum lolos SNMPTN atau gagal di SBMPTN, di minta untuk berjuang lebih keras lagi, mencoba lebih banyak lagi, karena Allaah tau ke depan kita akan bertemu dengan batuan yang lebih terjal. Maka kerikil-kerikil kecil yang kini mengganjal perjalanan, hanya salah satu sarana untuk semakin menguatkan kita. Atau karena Allah tahu, bahwa memberi 'hadiah' atas perjuangan kita sekarang justru membuat kita jatuh pada kesombongan, kecongkakan, dan kejumudan. Maka, menunda memberikan balasan mungkin cara Allah membuat hamba-hamba kecilNya untuk tetap dekat denganNya.

Barangkali kita telah merasakan lelahnya belajar, jenuhnya berhadapan dengan buku-buku tebal, bosannya berlatih materi-materi ujian, karena suatu saat kita akan menjadi perantara bagi orang lain yang sedang malas belajar, yang sedang diuji berupa penundaan kesuksesan sebagaimana yang kita alami sekarang. Lagi-lagi ini hanya tentang kesabaran dan ketakwaan, seberapa besar keyakinan kita masih terhujam kala nasib seolah mematahkan impian dan harapan.

Di mana pun labuhan terakhir kita, itulah tempat terbaik untuk kita. Meskipun mungkin hati kecil kita mengatakan bahwa apa yang kita terima sekarang tak sebanding dengan apa yang telah kita lakukan. Namun percayalah, tak ada perjuangan yang sia-sia, setiap tetes keringat, air mata, darah, dan luka yang terseka akan selalu terakumulasi di akhirnya, di suatu momen yang kita menyebutnya 'keajaiban'.

Advertisement

Jangan berhenti berjuang! Sebentar lagi kita sampai kawan :")