United Kingdom (UK) memiliki nama lengkap yaitu The United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland. UK merupakan sebuah negara kesatuan yang diatur berdasarkan monarki konstitusional dan sistem demokrasi parlementer. UK merupakan sebuah negara kesatuan yang terdiri dari Inggris, Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara. Keempat negara tersebut memiliki pemerintahan tersendiri yang berbeda-beda kekuasaannya, dan berpusat di ibukota masing-masing, yaitu London, Belfast, Edinburgh, dan Cardiff.


United Kingdom merupakan anggota tetap Dewan Keamanan PBB sejak tahun 1946 dan menjadi anggota ‘Masyarakat Ekonomi Eropa’ (1973) yang berubah nama menjadi ‘Uni Eropa’ pada tahun 1992. United Kingdom juga menjadi anggota negara-negara persemakmuran, majelis eropa, G7, G8, G20, NATO, OECD, dan WTO.


Advertisement

Konstitusi United Kingdom bersifat tidak terkode (uncodified constitution), yang mana hanya tiga negara di dunia yang menerapkan sistem ini. United Kingdom memiliki tiga partai utama yaitu Partai Konservatif, Partai Buruh, dan Liberal Demokratik. United Kingdom memiliki hubungan luar negeri dengan Amerika Serikat (hubungan istimewa), Prancis (pengembangan senjata nuklir), Republik Irlandia (Common Travel Area), Portugal (Perjanjian Windsor sejak tahun 1386), dan sebagainya.

Angkatan Bersenjata Britania Raya dikenal dengan nama Angkatan Bersenjata Yang Mulia (Her Majesty’s Armed Forces) atau Angkatan Bersenjata Britania Raya atau Angkatan Bersenjata Mahkota (Armed Forces of the Crown). Angkatan Bersenjata di Britania Raya meliputi Angkatan Laut (Naval Service, seperti Royal Navy, Royal Marinir, dan Royal Fleet Auxiliary), Angkatan Darat (British Army), serta Angkatan Udara (Royal Air Force).

Para Angkatan Bersenjata tersebut dikelola oleh Kementerian Pertahanan dan dikendalikan oleh Dewan Pertahanan, serta dipimpin oleh Sekretaris Negara untuk Pertahanan. Komandan Kepala untuk Angkatan Bersenjata Britania Raya adalah Ratu Elizabeth II. Selain itu, Britania Raya juga memiliki Pasukan Khusus (United Kingdom Special Forces), seperti Special Air Service dan Special Boat Service yang menyediakan pasukan yang cepat tanggap dan terlatih dalam mengatasi masalah terorisme, perbatasan, maritim, serta operasi amfibi.

Advertisement


Kepala Negara UK adalah seorang Ratu dan kepala pemerintahannya yaitu Perdana Menteri (Prime Minister). Perdana Menteri UK tidak dipilih dari pemilihan umum, melainkan berdasarkan partai politik yang paling banyak anggotanya di Parlemen.


UK memiliki tiga sistem hukum yang berbeda, yaitu Hukum Inggris, Hukum Irlandia Utara dan Hukum Skotlandia. Hukum Inggris berlaku di Inggris dan Wales. Hukum Irlandia Utara berdasarkan common law. Hukum Skotlandia menerapkan civil law dan common law.

Salah satu kota favorit dan terkenal di United Kingdom adalah Oxford. Oxford merupakan kota kecil yang berada di Inggris. Oxford merupakan kota yang sangat terkenal dengan sebutan kota pelajar, yang telah berusia ratusan tahun, karena telah dibangun sejak abad 11 atau 12. Oxford semakin terkenal karena telah menghasilkan tokoh-tokoh kaliber dunia seperti Margaret Thatcher, David Cameron, Theresa May, dan sebagainya. Kota Oxford berlokasi sekitar 200 km dari London.

Oxford berdaya tarik karena memiliki museum tertua di Inggris, yaitu Ashmolean Museum of Art and Archaeology yang dibangun sejak tahun 1683. Oxford merupakan kota yang identik dengan kampus, yaitu University of Oxford, yang terbagi menjadi college-college yang tersebar di beberapa titik. Kota Oxford memiliki sejumlah kampus, akademik, dan berpuluh-puluh sekolah tinggi lainnya. Kota Oxford didominasi oleh pelajar baik dari SMA hingga Program Doctoral.

Mereka memakai seragam khas yang merupakan identitas dari kampus masing-masing. Merupakan hal penting bagi pelajar untuk memakai name tag, seragam, jaket almamater. Lulusan Oxford University merupakan orang-orang hebat yang biasanya berfokus pada bidang politik dan humanities. Di Kota Oxford juga terdapat semacam Giant Market yang menjual berbagai buah, sayuran, keju, dan aneka makanan lainnya.

Selain terkenal dengan Oxford University, kota Oxford juga terkenal dengan tempat-tempat yang menjadi lokasi syuting film ‘Harry Potter’ seperti di perpustakaan Bodleian, Christ Church College, dan sebagainya. Christ Church College merupakan kampus terbesar di kota ini, yang dibangun pada tahun 1524 oleh Cardinal Thomas Wolsey. Oxford disebut sebagai city of dreaming spires (kota menara-menara mimpi). Setiap kampus di kota Oxford memiliki taman-taman seluas 28 hektar dan terbuka untuk umum. Juga memiliki kebun dan tanaman-tanaman eksotik, lapangan olahraga dan kebun genetik, bahkan kebun eksperimen untuk penelitian.

Perpustakaan Bodleian merupakan perpustakaan tertua di dunia dengan arsitektur klasik yang luar biasa dan merupakan perpustakaan terbesar di Inggris setelah British Library. Koleksinya sekitar 11 juta dari berbagai bidang ilmu dan setiap minggunya terdapat ribuan koleksi buku baru. Perpustakaan ini merupakan perpustakaan sentral yang dilengkapi dengan buku, jurnal, dan hal-hal akademis lainnya. Perpustakaan ini tidak hanya untuk kegiatan membaca ataupun meminjam buku, namun terdapat berbagai fasilitas, seperti kegiatan ekstra para pelajar, kegiatan seni komunitas-komunitas, kegiatan debat, dan sebagainya.

Perpustakaan Bodleian memiliki keunikan seperti memiliki pintu masuk yang sudah dikategorisasikan. Dua di antaranya adalah pintu masuk yang bertuliskan Schola Metaphysicae yang merupakan pintu masuk untuk koleksi buku science dan metafisika, serta Schola Logicae yang merupakan pintu masuk ke koleksi buku ilmu logika dan filsafat.

Oxford pernah menjadi Ibukota Inggris pada tahun 1642-1646. Oxford merupakan rumah dari Alice Liddell yang menginspirasi tokoh utama di buku Alice in Wonderland. Ayah Alice merupakan Dekan Christ Church College. Bahkan pengarang Alice in Wonderland adalah dosen Matematika dari universitas tersebut, yaitu Lewiss Caroll. Pada zaman Perang Dunia II, Hitler berencana untuk menjadikan Oxford sebagai ibukota bila berhasil menjajah Inggris.

Dari London untuk menuju Oxford University lebih baik menggunakan bis dari London ke Oxford agar dapat menikmati pemandangan yang bagus. Universitas Oxford terbagi dalam berbagai college dan tersebar di pusat kota ini. Beberapa college ada yang terbuka, ada yang tertutup untuk umum. Kota Oxford merupakan salah satu kota yang multi etnik. Hal ini dimungkinkan karena banyaknya mahasiswa internasional yang saat ini sedang belajar di Universitas Oxford.

Kalau saya boleh menyamakan, Kota Oxford ibarat Kota Yogyakarta di Indonesia. Sama-sama kota pelajar, dan terdiri dari multi-etnik, serta tentu dengan segala perbedaannya. Oxford sama dengan Yogyakarta yang merupakan kota kecil, namun memiliki banyak kampus dan didatangi oleh masyarakat dari berbagai macam suku di Indonesia. Oxford identik dengan kehidupan pelajar yang tinggal di asrama.

Begitu pula dengan pelajar ataupun mahasiswa di Yogyakarta, yang memiliki asrama masing-masing untuk mahasiswa-mahasiswa daerah di luar Jawa. Yogyakarta dan Oxford sama-sama pernah menjadi Ibukota suatu negara. Pembelajaran yang didapatkan dari Oxford adalah semakin bersemangat dalam menjelajah dunia agar sudut pandang semakin luas, dan dapat berkontribusi untuk Indonesia sebaik dan seoptimal mungkin.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya