Setelah Lulus SMA, Kamu Mau Kuliah Dimana?

Banyaknya pilihan universitas yang bisa dipertimbangkan seringkali malah membuat kita kebingungan dalam menentukan pilihan. Lebih sulit lagi ketika kita akan menentukan jurusan yang akan kita ambil saat masuk universitas. Seringkali saat akan memilih, kita cenderung menjadi generasi "plagiarisme" (generasi yang mencontek atau hanya sekedar ikut- ikutan saja).

Advertisement

Belum lagi ketakutan akan gagal diterima di universitas yang diinginkan. Hal ini wajar yang hampir dialami oleh setiap siswa SMA/K. Persaingan yang ketat serta masih banyaknya kebingungan dalam pemilihan jurusan menjadi faktor kegagalan dalam kelulusan tes SBMPTN atau tes PTN lainnya.

Tentunya kita ketika memutuskan akan kuliah, pasti akan memilih kampus favorit yang menjadi sumber pencarian utama. Dalam mencari universitas, ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan, paling tidak universitas tersebut memiliki tempat belajar yang efektif dan kondusif. Selain itu, salah memilih universitas akan berpengaruh pada persiapan dunia kerja yang akan terbengkalai di masa mendatang. Untuk itu, kita harus memiliki gambaran dalam menentukan pilihan tersebut.

Dalam menentukan kampus, perlu beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan. Diantaranya adalah :

Advertisement

1. Pertimbangan Jurusan

Banyak terjadi salah kaprah bagi calon mahasiswa baru "mereka asal dalam menentukan jurusan". Padahal memilih jurusan merupakan hal yang penting dan tidak mudah. Pertimbangan paling kuat adalah memilih jurusan yang memiliki lapangan kerja yang luas. Selain itu, dalam menentukan jurusan, sebaiknya kamu menentukan jurusan yang sesuai dengan minatmu. Hal ini penting untuk bisa membuat kamu nyaman dalam menjalankan jurusan yang sesuai.

2. Pertimbangan Kemampuan Diri

Sudah seberapa besar persiapkan kamu menghadapi seleksi yang amat ketat? Diluar sana banyak beragam jenis orang cerdas yang siap menjadi pesaing dalam mendapatkan tiket masuk universitas favorit. Saat kamu merasa belum siap menghadapi persaingan yang hebat, maka segeralah untuk mempersiapkan diri. Kerjakan persiapan terbaik yang bisa kamu lakukan!

3. Pertimbangan Universitas Terbaik

ketika akan memilih universitas terbaik sebaiknya pilihlah universitas yang memiliki sarana prasarana yang lengkap dan lingkungan yang kondusif. Memilih universitas terbaik menjadi faktor kecemerlangan karir di masa depan. Selain itu cobalah lihat alumni dari universitas tersebut. Jika universitas tersebut menghasilkan lulusan yang berhasil dan berprestasi, maka bisa dikatakan universitas tersebut merupakan universitas terbaik.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pusat Karir adalah pusat bimbingan karir dimana kami membantu pemetaan terhadap pemilihan jurusan juga pemilihan karir yang tepat sesuai dengan passion atau kemampuan dominan yang dimiliki untuk leih jelasnya silahkan buka website kami di http://pusatkarir.net/

9 Comments

  1. Bilqis Nabilah berkata:

    Hai daripada bingung, ayo diliat deh jurusan yang ada di Univ Gunadarma.Universitas Gunadarma jg menyediakan berbagai jurusan dengan akreditasi A BAN-PT.
    Bagi kalian yang mencari beasiswa full, Universitas Gunadarma juga menyediakan beasiswa untuk berbagai jurusan loh.Ayo dicek ! 🙂
    http://gunadarma.ac.id
    http://kemahasiswaan.gunadarma.ac.id

  2. Bilqis Nabilah berkata:

    Universitas Gunadarma menyediakan berbagai jurusan dengan akreditasi A BAN-PT.
    Bagi kalian yang mencari beasiswa full, Universitas Gunadarma juga menyediakan beasiswa untuk berbagai jurusan loh.Ayo dicek ! 🙂
    http://gunadarma.ac.id
    http://kemahasiswaan.gunadarma.ac.id

CLOSE