Setiap Orang Punya Perjuangan Tersendiri, Jangan Menghakimi!

Perjalanan hidup kita berbeda, Tuhan tidak memberi tantangan yang sama

Ceritaku berbeda dengan ceritamu. Perjalanan hidup kamu dan aku berbeda, tidak bisa dipukul sama. Setiap orang itu unik, perjuangan yang spesial. Lihat alam sekitar, tidak mungkin seekor burung dapat berenang dalam lautan dan tidak mungkin bagi seekor ikan dapat memanjat pohon kelapa di tepi pantai. Maka dari itu, tidak mungkin aku menjalani hidup sebagai kamu dan kamu tidak mungkin menjalani hidup yang aku hidupi. Tidak mungkin Tuhan akan memberi tantangan di luar kekuatan manusia.

Advertisement

Kesamaan kamu dan saya adalah sama-sama tidak sempurna. Mari urungkan telunjuk pada hidup orang dan ulurkan tangan kepada yang membutuhkan bantuan. Mari mendengarkan sebelum berbicara. Dari banyak kata hanya sedikit yang diketahui. Dari sambung-menyambung gosip, hanya sedikit kebenaran yang terbagi lebih dari itu kebanyakkan kebohongan. Sebelum melontarkan perkataan bahkan sebelum menuliskan komentar julid, please pikirkan bagaimana jika kata-kata itu tertulis bagimu.

Kamu dan aku tidak tahu apa yang pernah keluar dari perbendaharaan kata kita. Bisa jadi itu berbalik kepada aku dan kamu pada waktunya. Ucapkanlah kalimat positif, kalimat yang membangun, kalimat yang menguatkan bagi yang lemah. Kamu dan aku adalah makhluk sosial yang butuh dukungan. Jangan menjatuhkan dengan penghakiman dengan mata hati yang tertutup. Semoga mata hati aku dan kamu dicelikan untuk melihat dengan belas kasihan. Sehingga mata kita tidak memandang rendah orang yang secara kasat mata biasa-biasa saja. Gunakan mata untuk melihat kebutuhan orang yang butuh pertolongan, tengok dengan saksama potensi yang ada pada orang yang kamu temui. Ajarkan mereka dengan penuh kelemahlembutan agar pengetahuan menjadi bekal mereka.


Untuk diriku, ayo sadar! Jangan berkata kasar! Jangan menyakiti agar tidak dibenci. Siapa kamu untuk menghakimi?


Advertisement

Please myself, kamu bukan Tuhan yang tahu segalanya. Lebih baik kamu tingkatkan kapasitas dirimu. Jangan tengok orang lain sebagai perbandingan. Kamu unik, tidak ada yang sama seperti kamu. Kamu adalah kamu. Jangan cepat-cepat berasumsi lalu mengeluarkan perkataan. Kata-kata yang tak berdasar dapat membawa luka. Mungkin kamu tidak sadar, tapi ada orang yang kamu lukai tanpa kamu tahu. Melukai seseorang tidak akan membuatmu bahagia. Menghakimi seseorang tidak akan membuatmu lebih benar.

Berhenti menghakimi! Lakukanlah hal yang memberi arti. Berikan yang terbaik. Hindari memperkarakan sumpah serapah. Karena jika orang yang kamu doakan baik dan layak menerima doamu, maka dia layak. Jika tidak, itu kembali kepadamu. Jika kamu memperkatakan sumpah serapah dan orang itu tidak layak menerima sumpah serapah yang telah kamu lontarkan, bisa jadi sumpah serapah yang keluar dari mulutmu atau komentarmu akan berbalik kepadamu.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Write for fun 😀

CLOSE