Siapa Nih yang Suka Makan Soto? Udah Tau Belum Keunikan Soto Sebenernya Nggak Ada Duanya!

Lebih dekat dengan soto

Soto merupakan salah satu kuliner paling populer di Nusantara, dan setiap daerah memiliki banyak variasi dan jenis. Tapi benarkah soto itu makanan asli Indonesia? Darimana asal muasal dan sejarah sajian istimewa dengan beragam isian ini? Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak budaya termasuk keunikannya.

Advertisement

Ada banyak jenis masakan Indonesia yang tidak hanya populer di kalangan penduduk lokal, tetapi juga populer di luar negeri. Salah satunya adalah soto, yang biasa disebut orang barat sebagai sup. Dalam perkembangannya, soto tersebar di seluruh Nusantara, dan memiliki ciri khas tersendiri di banyak daerah. Hanya di Jawa Tengah misalnya saja terdapat beberapa jenis soto yang berbeda, seperti Soto Kudus, Soto Purbalingga, Soto Sokaraja, Soto Wonogiri dan Soto Pekalongan.

Meski masih satu wilayah, namun jenis soto yang ada di provinsi ini memiliki ciri khas yang menghasilkan rasa yang berbeda-beda. Bahkan di Pekalongan pun ada varian soto lainnya yaitu tauto singkatan dari tauco soto. Kuah Tauco Pekalongan yang kental memiliki rasa yang manis dan pedas serta diisi dengan daging kerbau atau potongan daging sapi. Adapun Soto Kadipiro, Soto Tamansari atau Soto Wonosari merupakan tiga dari sekian banyak varian soto yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Ketiga varian soto ini memiliki ciri khas masing-masing, bahkan ada yang menggunakan ayam atau daging sapi dengan saus dan isian yang berbeda. Ada juga berbagai soto di daerah-daerah tertentu di Jawa Timur, seperti Soto Lamongan, Soto Madura atau Soto Sulung Surabaya.

Advertisement

Soto Jawa Timur ini biasanya ditaburi bubuk Koya untuk menambah intensitas rasa, dan terkadang ditambahkan telur rebus. Soto Sulung biasanya hanya menggunakan kuah daging sapi. Di Jawa Barat ada Soto Mi Bogor, Soto Bandung, Soto Ayam Sunda, Soto Bebek Ciledug, Soto Sapi Banten, dll. Jangan lupa, Jakarta punya soto asli ibu kota, Soto Betawi, yang khas dengan santan kental dan kerupuk.


Ada pepatah mengatakan Soto merupakan cerminan dari Bhineka Tunggal Ika.


Kenapa..?

Soto terdiri dari banyak isian seperti kerupuk, kuah, bumbu, mi jagung , dan sebagainya tapi tersaji dalam satu mangkok dan menciptakan citarasa istimewa. Seperti dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika berbeda beda namun tetap satu. Begitulah kira- kira filosofi dari soto.

Soto sangat cocok untuk masyarakat yang suka makan sajian kuah dan mencari sajian ini ke seluruh pelosok negeri. Mari lestarikan makanan khas dari Indonesia.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE