Surat untukmu yang Sedang Berada di Tengah Keterpurukan dan Dilanda Kegelisahan

keterpurukan dan kegelisahan

Hai kamu!

Advertisement

Iya kamu.

Kamu yang mungkin sedang menatap langit-langit kamarmu dan merenung mengapa hidup bagimu begitu keras?

Kamu yang mungkin sedang tersesat di tengah-tengah pikiranmu sendiri dan menyalahkan dirimu sendiri atas kondisi yang sekarang kamu alami.

Advertisement

Kamu yang mungkin sedang sibuk memaki Tuhan atas kehidupan yang harus kamu jalani, menggerutuki nasibmu sambil bertanya-tanya bagaimana tuhan sekejam itu padamu.

Kamu yang mungkin sedang gelisah dan gundah gulana memikirkan hal buruk apa lagi yang akan terjadi selanjutnya.

Advertisement

Kamu tahu?

Terpuruk itu adalah hal yang wajar dan segala yang kamu rasakan itu tidak salah, itu benar adanya. Kamu yang sedang di tengah keterpurukan dan dilanda kegelisahan harus ingat bahwa selalu akan ada kemudahan setelah kesulitan, selalu akan ada hal baik setelah hal yang buruk. Tidak selamanya terpuruk itu jelek kok. Saat kamu merasa terpuruk, mungkin kamu bisa mencoba untuk me-review kembali kehidupanmu dan menata ulang rencana kehidupanmu di masa depan. Bukan hal yang buruk juga kan?

Percaya deh, kadang terpuruk itu bisa menjadi jalan bagi kita untuk menyadari bahwa kita masih manusia biasa yang punya kegelisahan dan diuji dengan banyak permasalahan. Kadang terpuruk bisa membuat kita menjadi manusia yang lebih baik dan lebih rendah hati, lebih membumi dan mempercayai jalan yang tuhan rancang untuk kita. 

Kamu yang sedang terpuruk dengan apapun alasannya, misalnya dosen pembimbingmu sulit sekali dihubungi, tugas akhirmu tidak ber-progress dan kamu tidak tahu kapan kamu akan lulus, pekerjaanmu hilang di tengah pandemi atau sakit yang mengakibatkanmu harus diisolasi dari dunia luar, tenang saja itu semua akan berakhir, itu semua akan selesai walaupun kamu sendiri pun belum tahu kapan akan selesai. 

Tapi pada akhirnya, dosen pembimbingmu akan bisa dihubungi, skripsimu akan selesai, pekerjaan akan kamu dapatkan kembali dan sakitmu akan sembuh. Dengan hanya terpuruk tidak akan ada yang berubah, tetaplah bersemangat dan lakukan yang bisa kamu lakukan saat ini. Tetaplah berdoa dan percaya bahwa Tuhan akan membantumu melalui ini semua. Bahwa Tuhan memberikan kondisimu yang kurang baik saat ini untuk menjadi ujian dalam kehidupanmu, untuk membuatmu menjadi orang yang lebih kuat lagi dari sebelumnya.

Percaya deh semua hal buruk yang terjadi padamu akan selesai pada waktunya, dan selalu ingat ya bahwa sesungguhnya di balik kesulitan itu ada kemudahan, atau kalau ibu kita R.A Kartini bilang habis gelap terbitlah terang, jadi jangan khawatir semua akan berlalu dan hal baik akan datang tepat pada waktunya, saat kamu sudah lebih kuat lagi menghadapi kehidupan ini. 

Setelah hujan deras juga akan muncul pelangi, jadi untuk sekarang nikmati saya hujan deras yang diturunkan kepadamu dan tunggu kapan itu berhenti untuk menyambut datangnya pelangi dikehidupanmu. Cobalah menari di tengah hujan deras yang kamu alami sekarang ini agar dirimu semakin kuat dengan hujan-hujan berikutnya! Dan siapatahu kamu menemukan teman yang juga sedang menari dibawah derasnya hujan sepertimu, seru bukan?

Salam hangat,

Temanmu yang juga sedang kehujanan :)

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE