Tak Usah Bersedih Jika Kenyataan Tidak Sesuai Dengan Harapan, Mungkin Kamu Justru Sedang Diselamatkan

Tidak usah bersedih saat kenyataan tidak sesuai harapan. Kenyataan yang datang harusnya adalah hasil dari apa yang telah kita usahakan.

Sering kali kita merasakan kecewa, sedih, atau apapun itu, pokoknya rasanya gak enak banget kalau kenyataan itu tidak sesuai dengan apa yang sudah kita harapkan sebelumnya. Padahal setiap kenyataan pasti akan membawa sisi positifnya sendiri. Hal ini sangat jarang disadari oleh kebanyakan orang. Mereka justru terpuruk dalam kesedihannya sendiri dalam rentang waktu tertentu. Ada yang sebentar, ada juga yang tidak berhasil menyadari kebaikan yang didatangkan dari sebuah kenyataan yang tidak sesuai dengan harapannya.

Advertisement

Kenyataan yang datang harusnya adalah hasil dari apa yang telah kita usahakan. Rasanya nyesek kalau sudah berusaha mati-matian sekuat tenaga tapi hasilnya gak sesuai. Padahal hasil yang tidak sesuai dengan harapan itu belum tentu adalah hasil yang jelek. Mungkin saja kamu sedang diselamatkan, lho.

Masa depan tidak ada yang tahu, bahkan 1 menit kemudian apa yang akan terjadi pun kita tidak dapat mengetahuinya. Terkadang, kenyataan yang datang justru mengandung sebuah makna baru yang belum terungkap dari usaha kamu. Bisa saja, dengan kenyataan yang tidak sesuai harapan itu, kamu justru berusaha lebih keras lagi sehingga nanti hasilnya justru bakal melebihi apa yang kamu inginkan saat ini.

Kenyataan yang datang tidak sesuai dengan harapan biasanya membawa kesempatan baru untuk kamu. Dimana kesempatan baru ini jarang sekali disadari. Kebanyakan orang hanya fokus pada keterpurukan atas pencapaiannya yang tidak sesuai dengan harapan. Mereka lupa untuk melihat kesempatan baru yang hadir dari cita-citanya yang belum tercapai itu.

Advertisement

Seharusnya, kenyataan yang tidak sesuai dengan harapan itu menjadi pemicu kamu untuk menjadi yang lebih baik dari yang kamu targetkan sekarang. Bukan hanya terpuruk di dalam kegagalan. Ingatlah bahwa kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda. Tidak ada orang yang sukses tanpa melewati kegagalan terlebih dahulu.

Bahkan seorang Thomas Alfa Edison pun telah gagal ratusan kali sebelum akhirnya berhasil menemukan lampu yang dipakai semua orang hingga saat ini. Apa artinya dengan kegagalan yang menghampiri kita saat ini? Toh, si penemu lampu aja gak menyerah, masak iya kita mau menyerah begitu saja?

Advertisement

Kenyataan yang datang tidak sesuai harapan ini tidak seharusnya menjadi keterpurukan atas siapapun. Justru dengan adanya kenyataan yang kejam ini, kamu akan dipicu untuk lebih semangat lagi dan tidak untuk kamu menyerah begitu saja. Kenyataan ini justru nantinya akan menyelamatkan kamu dari hal-hal yang tidak pernah akan kamu ketahui.

Contohnya saja, ketika seseorang sedang berharap naik jabatan. Dia sudah berusaha keras untuk menciptakan hasil maksimal dari performa kerjanya. Namun, jabatan yang dia harapkan justru jatuh kepada orang lain. Jangan bersedih dulu, mungkin dengan tidak adanya kenaikan jabatan pada dirimu, kamu justru bisa memliki waktu lebih banyak untuk keluarga. Bukan begitu?

Atau mungkin ketika kamu baru saja putus cinta. Wah, pastinya terpuruk dong, sedih banget kan? Tapi harusnya kamu juga sadari, mungkin dengan demikian kamu berkesempatan untuk menemukan sosok yang lebih baik dari mantan kamu itu. Ya namanya pacaran kan, pasti masih ada topeng yang ditutupi. Apalagi kalau putusnya gak baik-baik, gak perlu kamu tangisi terus-terusan, karena gak pantas juga. Justru kamu diselamatkan dan bisa menjadi diri kamu yang lebih baik lagi untuk kamu tunjukkan juga ke dia nantinya, kan?

Ya seperti itu lah kira-kira bagaimana kenyataan yang datang tidak sesuai dengan harapan kita, namun justru akan menyelamatkan kita dan memberikan kesempatan baru yang harus kita sadari. Bukan justru menjadikan kita jatuh dan terpuruk seorang diri. Justru harusnya kita bersyukur lebih banyak lagi. Semua pasti akan datang ketika waktunya tiba.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pecinta travelling dan dunia tulis menulis sedari dulu. Berharap selalu bisa melihat sisi lain dari dunia dan bisa berbagi pengalaman serta dapat memberikan inspirasi kepada semua orang yang membutuhkan.

CLOSE