Tesla Mobil Masa Depan Bagi Indonesia, Begini Keunggulan dari Mobil Listrik

Keunggulan Mobil Listrik

Seperti yang kita ketahui bersama jika angka pertumbuhan ekonomi di dunia yang sangat tinggi membuat seiring berjalannya waktu kita tersadar akan betapa pentingnya suatu transformasi bagi kehidupan ini. Dalam tingginya pertumbuhan ekonomi salah satu faktor yang mendasari adalah dunia otomotif yang semakin berkembang dari masa ke masa. Semakin maju nya perkembangan teknologi membuat banyak kendaraan yang memiliki fitur-fitur khusus untuk memudahkan pengemudi maupun penumpang. Selain itu adanya sistem keamanan dan keselamatan yang semakin canggih dan modern membuat para konsumen yang hendak membeli kendaraan memiliki rasa aman dan nyaman saat hendak memutuskan untuk membeli kendaraan yang diinginkan. Namun perlu diketahui bersama semakin banyaknya kendaraan yang beredar di jalanan membuat angka polusi semakin meningkat dari masa ke masa.

Advertisement

Polusi udara tersebut sangat tidak baik bagi kesehatan kita, bahkan bisa menimbulkan gangguan pernafasan. Angka oksigen yang semakin menipis juga membuat semakin tingginya tingkat kematian di muka bumi ini. Hal ini juga disertai dengan meningkat nya angka polusi yang tinggi karena penebangan liar dan semakin sedikitnya jumlah pohon di muka bumi ini. Bisa dikatakan jika semakin meningkatnya angka polusi di bumi ini di sebabkan dari asap kendaraan bermotor yang menggunakan bahan bakar minyak fosil. Oleh sebab itu Elon Musk selaku pendiri Space X menjawab semua persoalan tersebut dengan meluncurkan sebuah innovasi baru yaitu Electric Car atau mobil bertenaga listrik yang dilengkapi dengan fitur dan teknologi terdepan yang sangat canggih.

Pabrikan mobil asal Amerika Serikat tersebut merupakan visi dan misi karya kejeniusan Intelektual yang diberi nama Tesla. Mobil ini ditujukan sebagai mobil yang ramah lingkungan. Berbeda dengan mobil listrik kebanyakan Tesla sendiri merupakan sebuah perpaduan teknologi canggih dan ramah lingkungan yang dilengkapi dengan fitur AI (Artificial Intelligence) yang memudahkan pengendara maupun penumpang dalam berkendara.

Tesla membuka jalan pikiran baru tentang apa yang mobil bisa lakukan dengan memberikan Teknologi terdepan dengan meluncurkan produk terbarunya yaitu Tesla Model 3. Tesla Model 3 sendiri menggunakan sistem full electric untuk menggerakan ke 4 rodanya dengan tenaga motor listrik yang dibekali oleh teknologi baterai litium Ion yang dapat menempuh jarak kurang lebih 500 KM yang dibandrol dengan harga 1,5 – 2,5 Miliyar Rupiah On The Road. Daya yang dibutuhkan untuk mengisi daya satu mobil tesla membutuhkan sekitar 100 KWH untuk mengisi baterainya, lantas berapa biaya yang di keluarkan untuk sekali melakukan pengecasan dari 0 – 100 persen? Itu juga mudah karena 1 KWH di hargai oleh PLN seharga Rp 1.600,00, sedangkan diperlukan daya sebesar 100 KWH untuk mengisi penuh baterai. Biaya yang dibutuhkan sekitar Rp 160.000,00 untuk sekali melakukan pengisian, bayangkan saja dengan jumlah uang tersebut anda bisa menempuh jarak kurang lebih 500 KM. Dengan biaya yang relatif terjangkau itu anda juga mendapatkan performa dari motor listrik yang sangat luar biasa.

Advertisement

Motor listrik tersebut menghasilkan tenaga 450 HP (Horse Power) dengan torsi 650 NM (Newton Meter) yang bisa membuat mobil ini melaju dari 0 – 100 KM hanya dengan waktu 3,4 detik dengan Top Speed mencapai 261 KM/Jam dengan memberikan G-force yang sangat luar biasa, bahkan akselerasi tersebut setara dengan super car seperti Ferrari dan Lamborghini yang berharga jauh diatas 10 miliyar namun perbedaannya mobil ini berakselerasi tanpa mengeluarkan suara mesin sedikit pun. Alasan utama mengapa Tesla Model 3 dapat melaju secepat itu tanpa adanya suara dari mesin karena performa yang instan tanpa adanya sistem pembakaran seperti mobil konvensional pada umumnya. Tidak hanya kencang Tesla model 3 juga dilengkapi dengan fitur keamanan yang canggih dan juga memudahkan, seperti akses kunci mobil yang hanya menggunakan Key Card atau kartu untuk masuk dan menjalankan mobil atau jika anda sudah membeli Tesla model 3 anda bisa saja menghubungkan Smart Phone anda dengan mobil guna memantau kondisi kendaraan atau sebagai akses keluar masuk. Dari Smart Phone yang terkoneksi anda bisa memantau sisa jarak yang bisa ditempuh oleh mobil, bisa juga untuk menyalakan AC sebelum anda masuk ke mobil agar saat anda masuk udara di kabin mobil sudah sejuk Dll.

Selain itu, Tesla Model 3 merupakan mobil dengan jumlah tombol paling sedikit di dunia, karena seluruh pengaturan mobil sudah ada dan terintegrasi oleh sistem kendaraan dalam satu layar besar yang berada di tengah. Keberadaan layar besar yang berbentuk menyerupai tablet itu membuat Tesla model 3 semakin tampil sangat moderen dan dinamis serta nyaris semua pengoperasian mobil ada dalam layar tersebut, seperti speedometer dan MID (Multi Information Display) yang bisa membantu kita untuk mengetahui info seputar mobil seperti sisa jarak berkendara, ukuran tekanan ban, dan suhu di luar mobil.

Advertisement

Tesla model 3 juga didukung dengan adanya fitur Auto Pilot yang memudahkan pengendara. Mobil dibantu oleh sistem radar yang canggih sehingga bisa menjaga jarak dari mobil di depan nya serta bergerak mengikuti markah jalan. Fitur ini akan meminta anda untuk menggerakkan kemudi setiap 30 detik sekali untuk memastikan jika anda masih berada di balik kemudi dalam kondisi yang baik, jika mobil tidak mendeteksi adanya pergerakan kemudi maka dengan sendiri nya sistem akan memberhentikan mobil secara otomatis demi keselamatan. Seolah mobil ini menunjukan pada kita seperti apa kendaraan di masa depan. Mobil listrik sendiri memberikan kita kemudahan seperti tidak melakukan perawatan terhadap mobil, salah satu yang perlu di perhatikan dalam merawat mobil listrik hanyalah air untuk membersihkan kaca dan juga ban yang harus di ganti saat sudah mulai halus.

Hanya cukup memperhatikan kedua hal itu saja anda bisa dengan mudah merawat mobil listrik. Tesla Model 3 menawarkan solusi baru bagi anda untuk memiliki mobil yang sangat kencang, ramah lingkungan, bebas perawatan, serta konsumsi daya yang relatif murah. Hal ini juga di dukung dengan adanya Program pemerintah yang mana menggratiskan biaya untuk penambahan daya bagi anda pemilik mobil listrik dan juga memberikan aturan dimana mobil listrik bisa melintas kapan saja tanpa harus terikat oleh aturan Ganjil Genap. Dalam program ini terlihat jelas upaya pemerintah dalam memajukan bangsa dengan memberdayakan mobil listrik di Indonesia.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE