Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca Hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Bismillah, hati rasanya gemetar, ketika menulis Tanah Haram. No words except MasyaAllah. Suatu karunia bisa menginjakkan kaki dan beribadah disana. Ketika mendengar nama Tanah Haram, apa yang terlintas di benak kita? Arab Saudi? Makkah? Madinah? Masjidil Haram? Masjid Nabawi? Yup, that's right.

Advertisement

Umat Muslim di dunia berlomba-lomba untuk berniat ibadah di kedua kota ini, Makkah dan Madinah. Dalam hitungan bulan dan tahun, insha Allah jika berniat akan dibukakan jalan untuk ibadah Umrah dan atau Haji. Tapi apakah untuk kalangan usia tua saja? Atau niatnya nanti saja ketika udah tua, Absolutely Noooooo.. Heeeey, engga semudah itu jika kita meminta pada Nya, hari ini memohon padaNya lalu esoknya dikabulkan? Kalau begitu, dimana ikhtiar kita? Inilah pemikiran anak muda jaman sekarang.

Ketika anak muda ditanya, apa sih negara paling kamu impikan? Guess what? Inggris, Jerman, Belanda, USA, Paris, Jepang, Korea, and many more. Namun, hanya segelintir yang menempatkan Arab Saudi jadi tujuan pertama untuk ibadah umrah. Nggak salah jika memimpikan negara lain, tapi coba deh mulai nge-list Makkah dan Madinah paling atas, lalu negara lain di urutan selanjutnya. Kita nggak pernah tahu apakah list tersebut akan berurutan terwujud atau negara lain yang terlebih dahulu. Semua kehendak-Nya.

Banyak kaum muda yang sudah mapan tapi belum tergetar hatinya untuk berangkat ke kedua kota ini. Come on, memang salah masih muda ga boleh kesana? Mau nunggu sampe kapan? Doa dan impian itu hak semua orang, engga pandang usia. Ibadah pun juga, selagi masih muda dan ada rejeki, why not? Kalian akan sangaaaat rindu untuk kembali lagi dan lagi, jika kalian sudah menginjakkan kaki dan beribadah disana. Kok bisa?

Advertisement

Pertama, kita akan solat langsung di Masjidil Haram dimana terdapat Ka'bah, kiblatnya umat muslim di dunia. Betapa dashyatnya, kekhusyuan solat disana. Air mata taubat akan terus mengalir. Melihat Ka'bah apalagi dapat menyentuhnya akan membuatmu melihat betapa besarnya KuasaNya.

Kedua, Sebesar apapun dosamu, jika kamu bersungguh-sungguh berdoa disini, akan selalu dibukakan pintu taubat.

Ketiga, kamu akan sangat takjub melihat betapa megahnya Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Kamu akan selalu ingin ibadah dan ibadah di dalamnya. Doa apapun yang kamu minta insha Allah di ijabah.

Keempat, banyak sekali sejarah islam di Tanah Haram, kamu akan selalu berkata MasyaAllah jika melihatnya langsung.

Kelima, Apapun bisa terjadi di Tanah Haram. Dari Niatmu yang buruk, perkataan yang tercela, dan sikap yang kurang pantas, akan terganjar buruk disini. Begitu pula jika kamu berbuat dan berkata baik, akan terganjar yang baik pula.

Keenam, So tunggu apalagi? Cuma mau denger ceritanya aja? Yuk mulai berniat.

Rasakan sendiri The Magic of Tanah Haram dan perjalanan spiritualnya. Rehat sejenak dari urusan duniawi. Kalau nunggu sampe siap hati atau aah ibadahnya masih kurang, itu mah cuma alasan. Tidak ada yang tidak mungkin jika kita berserah padaNya. It depends on you guys.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya