Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca Hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Jika terlontar sebuah pertanyaan, olahraga apa yang paling mudah, murah dan bisa dilakukan dimana saja?. Jawabannya adalah berlari. Berlari adalah salah satu jenis olahraga yang dapat dilakukan dengan mudah, dan bisa dilakukan dimana saja tidak harus di trek berlari tetapi bisa juga dilakukan di jalan raya dengan mengikuti rambu-rambu dan tertib saat berlari dijalan.

Advertisement

Didasari dengan niat dari dalam diri sendiri dan tanpa paksaan orang lain, berlari adalah hal yang sangat mudah. Dengan berlari, seluruh tubuh otomatis bergerak bebas mengikuti ritme dari kecepatan pada saat kita berlari. Dahulu, bagi saya berlari adalah salah satu hal yang murah juga. Tidak begitu banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan kegiatan berlari, cukup dengan bermodalkan sepatu berlari yang layak pakai, saya sudah bisa melakukan lelarian dengan senang hati. Nyatanya semakin serius dalam menekuni kegiatan berlari, berlari adalah kegiatan yang membutuhkan modal. Beberapa peralatan berlari perlu dipersiapkan untuk berlari lebih serius.

Dimulai dari sepatu, sepatu yang ada di Indonesia jenisnya sangat begitu beragam. Mulai dari sepatu running, sepatu jarak jauh dan juga sepatu trail running. Harganya pun cukup beragam mulai dari yang murah, terjangkau hingga mahal. Untuk pemakaian sepatu saat berlari adalah sebuah hal yang sangat penting dan perlu di perhatikan, semuanya adalah untuk kenyamanan kaki dan efek samping dari kegiatan berlari tersebut. Selain menyesuaikan sepatu yang digunakan untuk berlari dalam beberapa tipe misalnya tipe long run atau tipe jogging santai, peralatan lain yang harus diperhatikan adalah penggunaan pakaian yang nyaman pada saat berlari. Jersey dan tight (celana panjang untuk berlari) bisa dipadukan untuk memberikan kenyamanan. Jersey biasanya terbuat dari bahan dry fit agar menyerap keringat dengan baik dan tidak terlalu panas. Tight pun di desain khusus press dengan kaki kita agar tidak menghambat langkah kita pada saat berlari.

Untuk para pelari yang menggunakan hijab, celana tambahan untuk menghindari tight yang press body bisa dijadikan sebuah pilihan. Hijab khusus unutk berlari pun sudah banyak diproduksi dan dijual untuk mendukung para pelari wanita yang menggunakan hijab. Semua atribut berlari itu sangat berguna jikalau suatu saat nanti kita mengikuti sebuah race atau event.

Advertisement

Satu lagi hal yang yang menarik dalam dunia lari adalah diadakannya event-event atau race berlari. Beberapa tahun belakangan semenjak tahun 2013 event-event berlari banyak diadakan oleh event organizer yang bergerak dalam dunia berlari. Event-event tersebut pun banyak menarik perhatian para pelari, baik pelari yang baru mulai berlari maupun pelari yang sudah lama menggeluti dunia berlari. Event atau race yang diadakan pun sangat beragam, dari fun run hingga ultra running, baik di trek road maupun di hutan atau trail running. Semua event atau race yang diadakan tersebut tentu saja membutuhkan biaya untuk pendaftaran dan tak jarang pendaftaran tersebut memakan biaya yang cukup tinggi. Misalkan untuk event fun run kira-kira bisa memakan biaya kurang lebih seratus sampai dengan seratus lima puluh ribu rupiah dengan berbagai macam fasilitas yang didapatkan oleh peserta lari. Untuk event running sekelas internasional dan trail running kira-kira bisa memakan biaya kurang lebih empat ratus sampai dengan lima ratus ribu rupiah dengan fasilitas yang akan didapatkan oleh peserta lari.

Untuk beberapa pelari yang memang menekuni aktifitas berlari dengan serius dan konsisten, event-event race tersebut merupakan salah satu hal yang menyenangkan dan biaya yang dikeluarkan oleh teman-teman pelari tersebut dianggap sebagai biaya untuk sebuah pengalaman yang tidak ternilai harganya. Dengan mengikuti event atau race apalagi race yang sudah memiliki trek record sebagai event yang berkelas bagi para pelari merupakan pengalaman yang menarik, dari segi rute yang disajikan maupun dari segi yang lainnya. Memang, tidak semua pelari harus mengikuti event atau race-race yang berbayar, masih banyak cara lain agar para pelari bisa terus menikmati dan konsisten dalam berlar.

Salah satu caranya adalah konsisten dengan diri sendiri dan memiliki keinginan dari dalam diri sendiri untuk melakukan kegiatan berlari. Berlari sendiri secara rutin adalah salah satu cara yang membuat diri kita dapat konsisten dalam melakukan kegiatan berlari. Berlari bisa dilakukan dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja tentunya. Berlari bisa dilakukan pagi hari maupun sore hari, di trek lari, di jalanan, maupun dihutan. Berlari bisa dilakukan sendiri jika sedang ingin berkontemplsi dengan diri sendiri dan bisa dilakukan bersama-sama dengan kawan lari jika sedang ingin sharing sambi berlari. Semua itu adalah bentuk awal dari kekonsistenan seseorang dalam kegiatan berlari.

Selalu memulai dengan niat dari dalam diri sendiri, tanpa paksaan dan selalu melakukannya dalam keadaan yang berbahagia. Perlahan memulai berlari dengan kilometer-kilometer ringan adalah pilihan terbaik. Tidak perlu berkecil hati jika kita baru mulai menekuni kegiatan berlari dan tidak perlu malu karena kecepatan berlari belum secepat teman-teman pelari lainnya. Dalam kegiatan berlari semuanya butuh proses, proses yang perlahan tetapi pasti. Bagi saya sendiri berlari dijalanan menjadi sebuah pilihan yang sangat menyenangkan ketika kita bosan melakukan kegiatan berlari di trek lari. Pilihan lain yang tak kalah menyenangkan adalah berlari di hutan atau trail running. Ketika kita bisa bangun lebih pagi dan pergi berlari menyusuri hutan kota itu adalah sebuah hal yang teramat sangat menyenangkan. Seketika hormon endorphine menghampiri dan membut kita bahagia setelah melakukan kegiatan berlari. Selelah apapun keadaannya setelah berlari, menjadi bahagia itu sudah merupakan bonus atau hadiah dari kilometer demi kilometer yang telah kita lalui.

Beberapa teman-teman pelari yang sudah banyak makan asam garam didunia berlari amat sangat beruntung atas pengalaman-pengalaman yang telah mereka dapatkan. Selain bahagia kita pun mendapatkan efek samping lainnya yaitu kesehatan yang terjaga. Memulai kegiatan berlari emang sebuah hal yang tidak begitu mudah, sekali lagi memang dibutuhkan niat yang tinggi di sini.

Bagi diri saya sendiri sampai saat ini berlari merupakan sebuah kesatuan yang sudah tidak bisa dipisahkan dari diri. Melakukannya dengan bahagia dan konsisten adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Tidak perlu selalu mengikuti event atau race yang berbayar, cukup melakukan kegiatan berlari sehari-hari untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar adalah salah satu tujuan.

Ketika kita tidak dapat melakukan kegiatan berlari terkadang ada sedikit sisi kebahagiaan yang hilang dari dalam diri. Itulah kenapa saya terus melakukan kegiatan berlari walaupun terkadang hanya mampu melewati beberapa kilometer saja karena terbatas satu dan lain hal.

Mari mulai membiasakan diri dengan mencoba sesuatu hal yang amat sangat menyenangkan yaitu berlari. Saya yakin ketika kita memulainya dengan sebuah niat yang tulus dan tanpa paksaan semua itu akan terasa sangat menyenangkan

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya