Tak Ada yang Salah dalam Bermimpi. Bebaskan Dirimu Tanpa Harus Mementingkan Orang Lain

bebas bermimpi

Setiap orang pasti memiliki mimpi dan tiap-tiap mimpi tidak ada ukurannya. Sesederhana apapun itu, mimpi tetaplah mimpi. Setinggi apapun itu, semua tetap berhak memimpikannya. Seorang teman ada yang bermimpi ke Harvard dan bilang bahwa dia gila dengan bermimpi begitu. Padahal tidak ada mimpi yang gila!

Advertisement

Bagaimana semua orang berhak bermimpi dan tiap masing-masing mimpi itu istimewa. Tiap orang spesial karena itu tiap orang punya mimpi yang berbeda-beda dan apapun itu, itu semua luar biasa. Tidak ada yang bisa menafsirkan mimpi seseorang itu mustahil untuk diraih, apapun bisa saja terjadi kalau Tuhan berkehendak, tentu saja diiringi dengan usaha yang keras dan niat yang tulus.

Ada yang bermimpi melanjutkan kuliah ke Oxford University, bekerja di United Nation, ada yang bermimpi menjadi dosen di universitas ternama, pengacara kelas dunia, memiliki kantor notaris sendiri, menjadi aparatur sipil negara, penulis, pengusaha sukses, bekerja dari rumah, ibu rumah tangga atau hal-hal baru seperti youtuber, selebgram atau influencer semacamnya. Tidak ada yang salah dari mimpi-mimpi tersebut. Walaupun seseorang bermimpi menjadi pengawai kantoran biasa atau menjadi istri dan ibu rumah tangga yang baik juga tetaplah istimewa. Setiap mimpi itu besar dan istimewa. Tidak ada yang bisa mengecilkan mimpi seseorang apapun itu.

No one can justify someone's dream. Karena memang mimpi itu bukan sesuatu yang reasonable, dan tiap-tiap orang bisa mengusahakan mimpinya mau semustahil apapun itu di mata orang lain. Selama dia percaya dia mampu, dia bisa meraihnya suatu saat, tentu bukan masalah. Selama dalam proses pencapaiannya itu semua dilakukan dengan cara yang baik dan lurus, serta dengan hati yang mengharap ridho dan berkah dari-Nya.

Advertisement

Maka dari itu, selain berusaha sebaik-baiknya, berdoa dan bertawakal juga menjadi satu kesatuan dari realisasi mimpi. Jangan lupa banyak-banyak berdoa karena tanpa kuasanya tidak mungkin kita meraihnya. Atau bisa saja kita meraihnya tapi kita tidak mendapat keberkahan didalamnya. Jangan lupa untuk selalu melibatkan Allah dalam setiap langkah yang diambil untuk merealisasikan mimpi-mimpimu. Jangan lupa juga untuk selalu berbaik sangka kepada Allah ketika kegagalan menerpa. Sehingga kamu akan tetap bisa bersyukur atas kegagalan dan memetik hikmahnya.

Tidak pernah ada yang salah dari bermimpi, tentu saja semakin tinggi semakin baik, tapi baiknya saat kamu menggariskan mimpi dalam kehidupanmu, kamu gariskan pula tujuan dan alasan dari mimpi-mimpi tersebut. Dan sebaiknya tujuannya bukan hanya untukmu sendiri tapi untuk orang banyak.

Selamat mengusahakan mimpi-mimpimu! Selamat berjuang para pengejar mimpi!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE