Gudeg Mercon, Kuliner Khas Yogyakarta yang Jangan Sampai Kamu Lewatkan!

Gudeg mercon Jogja, dengan rasa yang membuat lidah bergoyang.

Jogja adalah kota yang tak hanya sebagai kota pelajar, namun juga kota wisata. Selain itu, jogja juga terkenal akan berbagai kuliner yang sedap dan harganya ramah di kantong. Jika membicarakan tentang kulinernya, tentu saja itu gudeg! Gudeg ialah ikon kuliner dari Kota Yogyakarta yang masih jadi energi tarik kuliner untuk turis lokal serta mancanegara, Pasalnya rasanya yang enak serta sajiannya yang begitu khas dengan krecek pedasnya membuat lidah bergoyang, gudeg sendiri memiliki ciri khas yaitu sayur nangka mudanya yang begitu legit bercampur manis. Gudeg banyak dijumpai hampir disetiap sudut kota jogja. Kita juga bisa memilih lauk tambahan seperti ayam, telur, tahu dan tempe. 

Advertisement

Kota Yogyakarta ini juga kerap dijuluki selaku Kota Gudeg. Gudeg ialah masakan khas Jawa Tengah dengan bahan dasar nangka muda serta santan. Rupanya kecoklatan sebab dimasak dengan daun jati. Terdapat banyak sekali penjual gudeg di Jogja. Apalagi saat ini gudeg tidak cuma mempunyai cita rasa yang manis. Menariknya di Yogyakarta saat ini ada gudeg dengan cita rasa yang luar biasa pedas ataupun diucap dengan gudeg mercon. Ada sebagian tempat gudeg mercon Yogyakarta yang harus buat kamu kunjungi. Gudeg merupakan santapan tradisional asal Jogja dengan bahan dasar nangka muda yang dicampur dengan berbagai berbagai bumbu. 

Salah satu gudeg mercon Yogyakarta yang sangat populer dengan kepedasanya merupakan gudeg mercon bunda Tinah. Gudeg mercon ini terletak di Jalan Asem Gede, Kranggan, Yogyakarta. Gudeg Mercon ini awal kali dijual oleh Bunda Ngatinah pada tahun 1992. Tidak hanya rasa gudegnya yang menarik, gudeg mercon kepunyaan bunda Ngatinah ini jam jualannya pula unik. Banyak warung gudeg yang buka pada pagi hari sampai malam hari, tetapi gudeg bu Tinah ini baru membuka gudegnya mulai jam dua hingga tiga dini hari. 

Advertisement

Lauk yang disajikan di lapak simpel bu Tinah bermacam-macam, mulai dari gorengan, ayam kampong, ceker goreng tepung, sate ayam. Ada pula kepala, sayap, paha, serta suwiran daging ayam, Warung Gudeg Mercon ini memiliki konsep lesehan. Terdapat yang berbeda disini, apabila kamu pesan santapan, pesanan yang kita pesan bukanlah di antar semacam warung- warung pada biasanya, melainkan kita wajib mengantri terlebih dulu serta membawanya sendiri ke tempat dimana kamu duduk. Harga gudeg mercon bu Tinah ini dekat Rp 15. 000,- sampai Rp 25. 000,-. Kamu wajib tiba lebih dini sebab dipastikan antriannya bakal panjang.

Tunggu apalagi, yuk segera coba gudeg mercon bersama teman-teman atau keluarga!  Datang ke Jogja dan nikmati wisata kulinernya sambil berlibur, ajak teman, keluarga, dan pacar juga boleh supaya makin seru jalan-jalannya. Selamat menikati wisata kuliner di Joga.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE