Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti telah melakukan penenggelaman kapal asing sejak 4 Mei 2019 lalu. Kapal Asing tersebut telah melakukan pelanggaran dengan masuk ke dalam wilayah Indonesia tanpa izin dan melakukan illegal fishing.  Menteri Susi Pudjiastuti menindak tegas para pecuri ikan atau illegal fishing dengan menahan Kapal Asing dan melakukan penenggelaman kapal. 13 kapal asing dari Vietnam telah ditenggelamkan pada 5 Mei lalu dan pada 7 Mei 90 kapal IUUF yang telah melalui proses Banding dan Kasasi siap ditenggelamkan.

Dengan berani dan tegasnya Menteri Susi Pudjiastuti melakukan penenggelaman kapal asing,karena belum ada perintah stop penenggelaman kapal asing dari Presiden RI Jokowi.

Advertisement

"Karena dari Pak Jokowi masih firm, deterrence effect. Pak Presiden belum perintahkan, Bu Susi penenggalaman kapal dihentikan, belum ada perintah ke saya. Jadi selain Pak Presiden ya tidak akan saya dengar," kata Susi dalam pidato sambutannya yang diunggah oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada akun twitter @KKPgoid, Sabtu 4 Mei 2019.

Menteri Susi juga mendapatkan dukungan dari MA soal penenggelaman Kapal Asing. MA mengatakan akan mendukung tindakan aksi tegas oleh Menteri Susi Pudjiastuti melakukan penenggelaman kapal asing namun saat melakukan penenggelaman kapal harus sesuai dengan aturan teknis pelaksanaan.

Dengan demikian, Menteri Susi Pudjiastuti menyataakan terimakasihnya kepada MA yang telah bersedia mendukung aksi penenggelaman kapal asing lewat akun Twitternya.

Advertisement

"Alhamdulillah dan terima kasih. Mahkamah Agung mendukung penenggelaman kapal pelaku Illegal Unreported Unregulated Fishing. Akhirnya 90 kapal IUUF yang sekarang sedang proses Banding dan Kasasi bisa kita tenggelamkan," kata Susi lewat akun Twitter miliknya @susipudjiastuti yang dikutip pada Selasa 7 Mei 2019.

Aksi penenggelaman kapal asing ini juga mendapat tanggapan positif dari seluruh masyakat Indonesia. Penenggelaman kapal asing merupakan salah satu contoh cara indonesia menjaga kedaulatan negeri tercinta ini. 

Menteri Susi Pudjiastuti sebelumnya juga telah memastikan bahwa sampai saat ini belum ada perintah stop penenggelaman dari Presiden Jokowi yang meminta aksi penenggelaman kapal dihentikan. Karena hal tersebut, Susi mengatakan dirinya tidak akan mendengar siapapun yang memintanya menghentikan penenggelaman kapal asing.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya