Seperti pada judul, maka tulisan ini khusus untuk pemula namun untuk yang sudah terbiasa menghafal juga boleh kok baca tulisan ini. Yuk, disimak baik baik tips berikut ini yang sudah saya rangkum dari dataislami.com. Berikut caranya!

Advertisement

1. Berwudhu

Bersuci merupakan hal yang harus dilakukan karena kita akan memegang dan membaca ayat suci Al-Quran, dengan bersuci kita juga akan lebih mudah untuk menghafal Al-Quran, insyaAllah.

Advertisement

2. Niat karena Allah

Luruskan niat kita untuk tulus ikhlas menghafal Al-Quran karena Allah Azza Wa Jalla, bukan karena ingin mendapat sanjungan dari orang lain atau pun ingin mendapat pujian dari lawan jenis. Ada hadist shahih yang artinya "semua amal sesuai dengan niatnya," kalau niat kita mendapat ridho Allah maka itu yang akan kita dapat dan begitu pula sebaliknya.

3. Di ulang ulang setiap 1 baris di dalam Al-Quran sebanyak 20 -30 kali (ingat dibaca dulu, belum mulai menghafal)

Pada proses ini membuat kita akan lebih mudah nantinya untuk proses menghafal, karena kita sudah mengulang-ulang bacaan Al-Qurannya dan akan terasa setelah kita mulai menghafal.

4. Setelah dibaca sebanyak 20-30 kali baru mulai dihafal

Proses ini adalah kelanjutan dari proses nomor 3 yaitu proses membaca berulang kali. Seperti yang sudah di jelaskan pada poin nomor 3 tadi, pada proses ini akan sedikit lebih mudah untuk kita mulai menghafal setiap baris ayat al quran.

5. Setelah hafal satu baris lalu tutup Al-Qurannya dan kemudian diulangi lagi hafalanya, kalau udah bisa sampai 5 kali tanpa tersendat alias lancar maka sudah lulus

Nah, proses ini merupakan proses dimana kita akan mendapati hafalan kita apakah sudah sempurna atau belum, yang dimaksudkan adalah sempurna dalam mengingat hafalannya.

6. Lanjutkan menghafal baris selanjutnya, untuk caranya sama seperti cara nomor 1-5

Hal ini perlu dilakukan secara teratur dan konsisten karena akan menentukan hafalan kita selama ini. Dengan mengulangi poin ke 1-5 di atas maka bisa dipastikan kita akan lebih mudah untuk menghafal Al-Quran seluruhnya.

7. Batasi hafalan

Setiap hari hafalkan jangan banyak-banyak dulu khususnya untuk yang baru mulai menghafal. Nah, untuk pemula mulailah menghafal 3 baris saja dulu. Kalau sudah mulai terbiasa maka tambah lagi satu baris dan seterusnya sampai dirasa cukup.

Jangan mudah untuk menyerah apalagi putus asa dan ingat tujuan kita bukan pujian melainkan ridho dari sang pencipta Alam semesta.

8. Mengulang hafalan per satu muka halaman

Poin terpentingnya adalah di poin ini. Setelah teman-teman hafal 1 muka, maka berhenti menghafal dan mulailah murojaah hafalan atau mengigat hafalan yang didapat. Sediakan waktu luang untuk ini, karena akan menentukan hafalan selanjutnya.

** Pesan

Jangan pernah menyerah untuk terus menghafal Al-Quran, karena kematian itu pasti dan kelak tidak ada yang menemani kita selain amal yang kita lakukan selama hidup. Ajarkan pula Al-Quran yang sudah kita hafalkan dan juga terapkan dalam kehidupan kita agar kita selamat dunia dan akhirat

Baik, itu tadi teman-teman semua yang dapat saya bagikan kali ini semoga bisa bermanfaat dan juga membantu untuk semua. Terimakasih sudah membaca tulisan saya dan bagikan jika dirasa bermanfaat.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya