Postingan ini khusus untuk buat pemula, Mari, diepelajari baik baik tips berikut ini yang sudah saya rangkum. Berikut caranya!

Advertisement

1. Mensucikan Diri (Berwudhu)

Wudhu adalah cara bersuci yang merupakan hal wajib kita dilakukan, karena nanti kita akan memegang dan juga membaca Al-Quran, dengan berwudhu kita juga akan lebih mudah untuk menghafal Al-Quran, insyaAllah.

Advertisement

2. Luruskan Niat Hanya Karena Allah

Niatkan untuk menghafal Al-Quran hanya karena Allah Ta'ala semata, bukan karena ingin mendapat pujian dari orang lain atau ingin mendapat sanjungan dari lawan jenis kita. Ada hadist shahih yang mengatakan.

Artinya "semua amalan tergantung dari niatnya," kalau niat kita hanya ingin mendapat ridho dari Allah Azza Wa Jalla semata, maka itu yang akan kita dapat dan begitupun sebaliknya.

3. Mengulang membaca setiap 1 baris di dalam Al-Quran sebanyak 20 kali (dibaca terlebih dulu)

Di tahapan ini akan membuat kita lebih mudah menghafal nantinya, itu terjadi karena kita sudah membacanya secara berulang-ulang. Dan lihat hasilnya nanti setelah kita mulai menghafal.

4. Setelah membaca sebanyak 20an kali baru kita mulai dihafal per baris/ayat

Pada tahapan ini merupakan kelanjutan proses ke-3 yaitu proses membaca berulang-ulang. Seperti yang sudah di jabarkan pada penjelasan ke-3 tadi, Di tahapan ini akan sedikit lebih mudah untuk kita mulai menghafal setiap baris ayat al quran.

5. Mengulang hafalan yang di dapat dari point ke 4 (kalau sudah lancar dibaca sebanyaki 5 kali tanpa melihat, berarti sudah bisa lanjut ke baris/ayat selanjutnya)

Pada tahapan ini adalah proses dimana kita akan mendapati hafalan kita, apakah sudah hafal atau belum, yang dimaksudkan adalah hafal disini adalah kelancaran untuk mengingat.

6. Menghafal baris/ayat selanjutnya, metodenya masih sama seperti pada point ke-1 sampai ke-5

Pada tahapan ini sangat perlu dan penting untuk dilakukan secara teratur dan juga secara konsisten, karena nantinya proses ini akan menentukan hafalan kitai. Dengan kita menggunakan metode ke -1 sampai ke-5 di atas, sudah bisa dipastikan kita akan lebih mudah untuk menghafal Al-Quran secara keseluruhan nya.

7. Membatasi jumlah hafalan kita

Batasi hafalan kita untuk setiap harinya, terutam bagi teman teman yang masih sangat baru dalam menghafal Al Quran. Metode yang dianjurkan bagi pemula adalah dengan memulai hafalan 3 baris saja. Nanti kalau sudah mulai terbiasa bisa menambah lagi per satu baris dan seterusnya dan seterusnya sampai dirasa cukup.

Dan pesan saya adalah, jangan mudah untuk putus asa dan menyerah, serta ingat tujuan utama kita pada point ke-1 yakni kita bukan mengharap pujian makhluk,tetapi ridho dari Allah Ta'ala lah yang kita cari.

8. Mengulangi setiap satu muka halaman yang sudah dihafal

Tahapan terpentingnya dalam proses menghafal quran adalah pada tahapan ini. Setelah kita hafal satu muka halaman Quran, maka berhentilah untuk menghafal terlebih dahulu dan kita mulai mengulang atau murojaah hafalan yang sudah didapat tadi yakni satu muka halaman. Cara termudah yang bisa dilakuan adalah dengan menyediakan waktu luang sekitar 1-2 jam, karena pad atahapan ini akan menentukan hafalan selanjutnya.

** Note

Jangan pernah menyerah apalagi putus asa untuk kita terus menghafal Al-Quran, karena teman terbaik dalamhidup dan setelah mati adalah Al Quran Kareem, dan yakinilan bahwasannya kematian itu pasti akan datang menghampiri setiap nyawa, dan kelak tiiada yang menemani kita selain amal yang kita lakukan selama hidup. Ajarkan ke keluarga, teman tentang Al-Quran yang sudah kita hafalkan dan juga lupa untuk mengamalkan apa yang sudah kita hafalkan, karena sebaik baik manusia adalah yang mempelajari Al Quran dan yang mengamalkannya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya